Cara Monetize Blog Atau Website Dengan Mudah

Siapa yang tidak mau mendapatkan penghasilan tambahan dari blog? Tentu saja semua orang ingin karena saat ini bisnis online memang sedang marak dan jauh lebih menguntungkan. Untuk bisa mendapatkan uang dari blog yang Anda miliki, maka sebaiknya Anda mencoba menemukan cara monetize blog atau monetisasi yang optimal sehingga Anda bisa memperoleh keuntungan besar dengan berbagai macam metode yang mudah untuk Anda lakukan.

Cara Monetize Blog Atau Website Dengan Mudah

Mengapa Diperlukan Cara Monetize Blog?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan monetisasi blog? Pertanyaan yang seperti ini seringkali muncul di pikiran para penulis yang memiliki blog. Jika dulu blog berfungsi sebagai tempat “curhat” atau menceritakan pengalaman maupun juga sebagai sarana yang digunakan untuk dapat membagikan informasi pada banyak orang tentang berbagai macam hal. Tapi kini, sudah mulai banyak yang memfungsikan blog sebagai sarana untuk memperoleh penghasilan menguntungkan.

Mendapatkan dana dengan melalui blog tidak mudah karena Anda tentu harus menemukan cara monetize blog supaya bisa dikenal lebih luas lagi oleh para user yang senang “surfing” di internet. Monetisasi blog ini dapat dikatakan sebagai usaha pemasaran atau marketing yang dapat memberikan Anda keuntungan baik itu dari segi materi maupun juga exposure. Jika dilihat dari segi materi, Anda tentu akan memperoleh untung berupa uang yang merupakan tujuan utama monetisasi.

Cara Monetize Blog yang Paling Sering Digunakan Blogger

Tapi, jika dilihat dari segi exposure, maka monetisasi ini bisa meningkatkan awareness dari blog yang Anda miliki atau kesadaran diantara masyarakat sebagai target tujuan Anda. Cara monetize blog itu cukup beragam dan Anda bisa memulai dari yang paling familiar diantara para user antara lain:

  • Program afiliasi

Ini merupakan sebuah program kerja sama website dengan suatu perusahaan guna memasarkan atau mempromosikan semua produk dan kemudian memperoleh komisi setiap kali terdapat transaksi. Nominal besarnya komisi yang bisa diterima tentu beragam tergantung dengan adanya kebijakan masing-masing perusahaan. Kemudian, Anda juga memiliki kesempatan untuk bisa memperoleh materi promosi yang nantinya dapat digunakan untuk sarana belajar tentang cara memasang advertisement atau iklan di lain hari atau masa depan.

Bentuk dari kerja sama afiliasi ini seringkali diberikan dalam bentuk referral code dan akan Anda terima ketika bergabung. Fungsi dari referral code ini adalah untuk dapat mendeteksi pelanggan sehingga ketika terdapat calon pelanggan yang akan mengetikkan kode atau langsung menekan link yang terlampir di dalam situsnya, maka referral code yang ada di dalam blog Anda bisa terdeteksi dari mana sumbernya.

Ada banyak perusahaan atau website penyedia afiliasi terbaik seperti perusahaan web hosting, forex, toko online, dan lain sebagainya.

  • Job review atau sponsored post

Ini dianggap sebagai cara monetisasi yang paling umum dibandingkan yang lain. Banyak sekali blogger Indonesia yang melakukan cara ini. Seringkali para blogger sealu diminta untuk membuat artikel akan suatu barang, jasa maupun event tertentu dan kemudian mereka meminta untuk menerbitkannya di blog milik penulisnya. Hal ini terlihat mudah di satu sisi daripada tipe monetasi yang lainnya. Disini Anda hanya perlu menulis dan mempublikasikan hasil tulisan yang telah dibuat. Jika Anda diminta untuk membat sebuah job review, maka Anda harus benar-benar memahami mengapa brand itu memilih Anda.

Terdapat beberapa tips untuk bisa mengoptimalisasi monetasi blog seperti sponsored post atau job review ini antara lain:

  1. Jangan pernah langsung membuka sponsored post atau job review ketika Anda baru saja membuat dan memiliki blog. Anda harus membangun lebih dulu blog itu sampai mempunyai traffic blog yang sangat stabil. Anda harus tetap menyadari bahwa pageviews atau traffic ini tentu bisa menarik brand dan banyak users untuk mengunjungi blog Anda.
  2. Tanyakan lebih dulu tujuan sponsored post maupun job review yang Anda terima. Apakah tujuan mereka adalah brand engagement atau brand awareness. Semua tujuan itu nantinya akan menimbulkan konten yang beda pada blog Anda.
  3. Tanyakan pula target pasar dari produk yang nantinya direview ini apakah cocok dengan users atau pembaca blog Anda atau tidak sehingga benar-benar sesuai dengan target dan mengarah ke bagian yang benar.

Cara Monetize Blog Google Adsense

Cara yang umum digunakan oleh para blogger bisa sangat beragam dan salah satu cara monetize blog lainnya adalah dengan menggunakan iklan kontekstual. Ini merupakan iklan yang nantinya akan ditampilkan dan ditayangkan pada halaman blog Anda sesuai dengan konten yang dimilikinya. Format dari iklan ini cukup beragam mulai dari teks biasa, grafis bahkan juga bisa dengan menggunakan video pendek. Nantinya, Anda bisa menempatkan iklan itu dimanapun pada blog.

Google Adsense merupakan jenis iklan kontekstual yang paling sering Anda lihat dan dengar. Berbeda dengan program afiliasi dimana program ini akan memberikan komisi dalam bentuk persentase setiap kali terdapat transaksi, maka komisi dari iklan ini biasanya kecil dan perlu waktu yang sedikit lebih lama untuk dapat benar-benar memberikan hasil. Sistem dalam perhitungannya pun berbeda. Ada yang setiap klik, ada yang berdasarkan dari jumlah impresinya maupun seberapa banyak iklan Anda dilihat oleh para pengunjung situs.

Tapi jika traffic blog Anda cukup baik, maka Anda pun juga lebih mudah lagi untuk memperoleh penghasilan dari iklan ini. Namun ada hal yang harus diperhatikan dimana pemilik blog biasanya tidak akan mempunyai kontrol penuh dengan jenis iklan yang muncul sehingga tak mengherankan ini bisa menjadi masalah besar. Mungkin terdapat beberapa iklan yang nantinya bisa distop atau diblokir tapi pemilik blog tidak bisa memilih iklah iklan yang sepertinya mirip dengan konten atau topiknya.

Tips Melakukan Monetize

Ini juga dikarenakan Google bukan hanya menggunakan topik utama blog sebagai patokan atau parameter melainkan kata kunci dari mesin pencari. Walaupun iklan dapat ditempatkan dimanapun pada blog Anda, tapi jangan sampai iklan itu akhirnya justru memenuhi blog sehingga nampak tidak rapi.

Sebaiknya, Anda juga jangan menekan iklan yang muncul atau meminta teman Anda untuk dapat membantu dalam menekan klik iklan ini sebab hal itu menyalahi aturan dari Google Adsense. Bila Anda melakukannya, maka blog Anda akan memperoleh penalti. Selain itu, jangan pula memasang iklan terlalu berlebihan sebab itu justru akan membuat blog Anda ditinggalkan oleh para users.

Terlalu banyak iklan yang muncul justru akan menyebabkan blog Anda terhalangi dan bisa jadi tulisan di dalamnya juga menghalangi para pembaca untuk melihat konten yang mereka inginkan dengan tenang. Jika demikian, biasanya mereka akan mencoba untuk menekan tombol close dari iklan itu atau mereka langsung meninggalkannya.

Itulah ulasan singkat tentang cara monitaiz blog atau website yang sedang Anda kelola agar mendapatkan penghasilan tambahan secara online. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar