Mencari Uang di Internet Untuk Pemula

Mencari Uang di Internet Untuk Pemula

Mencari uang di internet – Keberadaan internet dapat dibilang sangat membantu kehidupan manusia. Saat ini hampir pada setiap aktivitas manusia melibatkan internet termasuk untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Manfaatkan sarana ini sebaik mungkin! Jangan sekedar menggunakan internet untuk mencari informasi, bermain games online, atau beraktivitas tidak produktif di media sosial.

Ada berbagai macam kategori untuk bisa mencari uang di internet, misalnya adalah membuat toko online, trader forex, google adsense partner, dan lain sebagainya. Bagi Anda yang berminat mendulang penghasilan dari internet, berikut ini adalah ide bisnis yang dapat Anda coba.

CARA MENCARI UANG DI INTERNET

Ide bisnis untuk meraup penghasilan dari internet

Inspirasi bisnis berikut ini berpeluang untuk menghasilkan profit berlipat secara online. Anda dapat memulai bisnis dunia Maya berikut ini dengan modal yang minim atau tanpa modal sama sekali.

1. Toko online

Hampir sama seperti toko konvensional dimana Anda men-display barang dagangan untuk menarik minat konsumen, pada toko online Anda cukup mengunggah foto produk. Ini dapat Anda lakukan pada platform media sosial, marketplace, atau website bisnis. Bila ada konsumen yang ingin membeli produk tersebut, yang bersangkutan akan menghubungi Anda dan melakukan transfer dana plus ongkos kirim. Berikutnya Anda tinggal mengirimkan produk yang dipesan konsumen. Mudah dan praktis, bukan?

Kelebihan online shop dibandingkan toko konvensional adalah, dapat menjangkau lebih banyak target pasar selama mereka dapat mengakses internet. Dapat dibilang toko Anda buka 24 jam sehari dan 7 hari seminggu, dengan konsumen dapat melakukan pemesanan kapan saja tanpa tergantung jam buka tutup toko.

Apakah Anda harus memiliki produk sendiri untuk dijual di internet? Jawabannya tidak. Anda bisa memasarkan produk orang lain dengan menjadi reseller atau dropshipper. Bila reseller harus stok barang dari distributor atau produsen, tidak demikian dengan dropshipper. Anda bahkan tidak perlu berurusan dengan pengemasn barang dan pengiriman. Berikut penjelasannya.

2. Dropshipper

Sistem bisnis ini adalah, seorang dropshipper berperan sebagai pemasar suatu produk. Dari distributor atau produsen mitranya dropshipper akan mendapatkan marketing kit berupa katalog produk, foto-foto produk, copywriting, product knowledge, dan sebagainya untuk mempromosikan produk terkait di internet. Kemudian saat ada pelanggan yang tertarik dan melakukan pemesanan, dropshipper akan meneruskan order tersebut kepada distributor mitra. Berikutnya distributorlah yang akan mengurus kelanjutan transaksi, misalnya pengemasan barang serta pengiriman kepada konsumen atas nama online shop si dropshipper. Dengan demikian seolah-olah dropshipper tersebut adalah pemilik produk.

Walaupun kedengarannya cukup mudah dan praktis tetapi Andalah orang yang akan berhadapan langsung dengan konsumen. Ini termasuk menjadi sasaran complain bila konsumen merasa kurang puas. Misalnya, barang datang terlambat, kualitas produk buruk, produk tiba dalam kondisi rusak, dan sebagainya. Untuk menghindari hal tersebut, pastikan Anda bekerjasama dengan distributor atau pemilik produk yang profesional dan berpengalaman. Jika Anda tertarik dan ingin belajar lebih tentang dropshipper silah belajar tentang cara jual beli onliene.

3. Vloger

Vloger atau video blogger mendapatkan penghasilan dari iklan. Seorang vloger dengan banyak follower yg setia menantikan konten-kontennya dapat berpartisipasi pada program adsense atau periklanan. Nantinya akun YouTube milik vloger tersebut akan menjadi media penempatan iklan. Anda tentu tahu bahwa sebelum menonton video di YouTube Anda akan menyaksikan iklan yang boleh Anda skip atau lihat. Inilah yang dinamakan Adsense.

Para vloger biasanya juga mengunggah cuplikan videonya pada akun Instagram untuk memberi tahu para penggemar bahwa dia mempunyai konten terbaru di YouTube. Beberapa vloger Indonesia yang terkenal dan kaya-raya dari YouTube adalah Ria Ricis, Atta Halilintar, Raditya Dika, dan sebagainya. Untuk menjadi seorang vloger tentu Anda harus memiliki kamera, tak harus mahal! sebab masih banyak kamera bagus dan harga terjangkau bisa Anda dapatkan baik di toko maupun di marketplace. Mencari uang di internet yang satu ini sangat digemari oleh generi milineal.

Jenis-jenis konten video yang cukup diminati adalah tutorial make up, memasak, review produk atau unboxing, dan seterusnya. Anda bisa memilih membuat konten video dengan materi yang Anda minati. Ini misalnya vloger kuliner, komedi, tips dan trik, kerajinan tangan, fashion ootd, atau video pembelajaran bahasa asing.

Vloger yang baik akan merancang konten-konten yang memberi manfaat bagi pemirsanya. Membuat sensasi, drama, atau gimmick mungkin akan membuat seseorang populer dalam waktu singkat, tetapi jika tidak dapat mempertahankan daya tarik tersebut followers Anda akan kabur. Selain itu ada yang lebih penting daripada uang, yaitu tanggung jawab moral.

4. Selebgram

Hampir sama seperti vloger, seorang selebgram mendapatkan penghasilan dari iklan atau namanya endorse. Contohnya Anda memiliki akun Instagram dengan konsep tutorial makeup dan memiliki ribuan atau malah ratusan ribu follower. Produsen skincare atau kosmetik akan tertarik untuk meminta produk mereka diiklankan pada akun Anda sehingga berpeluang dilihat oleh banyak pengikut Anda.

Produsen akan memilih akun untuk endorse dengan konsep yang relevan dengan produk mereka. Misalnya, restoran yang baru buka akan mengendorse selebram food blogger, jasa tour and travel mengendorse travel blogger, dan seterusnya. Jika sedari awal tujuan pembuatan akun Instagram Anda adalah untuk kebutuhan menjadi selebgram, pilih konsep yang jelas sejak awal sehingga Anda lebih fokus dalam merancang konten video.

5. Jasa penulis artikel

Bila Anda memiliki hobby menulis dan cukup piawai merangkai kata-kata, merintis usaha jasa penulisan artikel untuk blog atau caption media sosial bisa menjadi pilihan. Target market Anda adalah para blogger atau pemilik online shop. Para blogger memang umumnya orang yang pandai menulis, tetapi karena harus mengelola lebih dari satu blog, biasanya mereka membutuhkan bantuan untuk mengisi konten blog-blog miliknya.

Agar banyak orang mempercayai bisnis Anda, pelajari teknik penulisan artikel untuk website. Usahakan untuk menulis dengan bahasa yang mengalir, enak dibaca, dan bermanfaat bagi pemirsa. Untuk meningkatkan nilai jual pelajari teknik SEO agar konten yang Anda tulis berhasil membawa website terkait terdaftar pada rekomendasi mesin pencari di internet. Demikian pula untuk penulisan caption media sosial, terutama untuk bisnis, pelajari tentang copywriting misalnya dengan teknik storytelling, softselling, dan lain-lain.

6. Menjadi guru les online

Keberadaan internet juga memudahkan siapa pun untuk mempelajari beraneka jenis ilmu pengetahuan secara informal.Karena itu kepandaian Anda pun bisa “dijual”. Dengan menjadi tutor atau guru les online Anda bisa mendulang penghasilan dari internet yang hasilnya lumayan. Anda bisa membuat konten-konten video pembelajaran sesuai keahlian atau latar belakang pendidikan Anda.

Dengan begitu yang bersangkutan tak perlu mendatangi kelas-kelas konvensional untuk belajar. Sekarang bahkan tersedia platform belajar di dunia maya ini dengan melibatkan tutor-tutor professional. Pada platform tersebut guru dapat membagikan material untuk diunduh siswa, atau langsung belajar kepada yang bersangkutan secara online. Yang penting untuk disiapkan selain kompetensi sesuai standar adalah kepercayaan diri.

Selain menggunakan platform yang berhubungan dengan belajar mengajar tersebut, Anda juga bisa membuat ebook atau membuka webinar. Caranya, buatlah publikasi di internet, misalnya media social bahwa Anda akan sharing tentang suatu materi, misalnya tentang bisnis online dengan platform Instagram. Siapa pun yang tertarik untuk mengikuti, harus membayar dana dalam jumlah tertentu kepada Anda. Webinar tersebut diadakan via Facebook live untuk berdiskusi setelah sebelumnya siswa mempelajari video atau ebook pengantar. Untuk teknisnya tentu terserah kepada Anda.

Itulah pembahasan terkait mencari uang di internet, semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Mencari Uang di Internet Untuk Pemula