Belajar Facebook Ads Agar Bisnis Menguntungkan

Anda mungkin mengetahui bahwa Indonesia ini adalah negara dengan pengguna Facebook yang terbesar nomor empat di dunia setelah beberapa negara lain seperti Brasil, Amerika Serikat dan India. Di tahun 2017 silam, terdapat sekitar 130 juta pengguna aktif dan ini berarti lebih dari setengah populasi penduduk memakai Facebook. Karenanya Anda perlu belajar Facebook Ads khususnya jika Anda ingin mengembangkan bisnis dengan beriklan guna menjaring para pengunjung.

Belajar Facebook Ads

Belajar Facebook Ads Mengiklankan Produk Anda

Tentu saja para pemilik bisnis akan langsung memanfaatkan media sosial terbesar yang satu ini untuk mengembangkan bisnis melalui jalur marketing. Anda bisa menjangkau banyak orang dari ujung ke ujung seluruh Indonesia dengan satu media sosial ini saja. Belajar Facebook Ads ini penting namun ketahui lebih dulu apa itu Facebook Ads. Ini merupakan media beriklan yang digunakan oleh para user Facebook sebagai para audiens. Iklan ini biasanya akan ditempatkan pada sidebar atau beranda.

Ada begitu banyak iklan yang bisa disediakan oleh Facebook Ads. Bila dilihat lebih dekat, iklan dapat berupa gambar maupun video. Facebook Ads ini pun punya beberapa kategori iklan berbeda tergantung dengan tujuannya yaitu Lead, Traffic, Impression dan lainnya. Mengingat jumlah pengguna aktifnya selalu bertambah dan meningkat, tentu saja banyak fitur yang diperbaiki sehingga para pengguna semakin mudah untuk beriklan dan melakukan marketing akan produk maupun jasa yang dijualnya.

Siapa yang dapat menggunakan fasilitas ini? Facebook Ads dapat digunakan oleh siapapun baik itu individu maupun perusahaan dari yang kecil hingga yang memiliki aset besar. FB Ads ini bukan merupakan media iklan yang eksklusif seperti iklan billboard, spanduk maupun TV yang menghabiskan biaya besar karena hanya dengan puluhan ribu rupiah, Anda sudah bisa memiliki iklan di media sosial terbesar seluruh dunia ini. Siapapun yang memiliki bisnis boleh menggunakan FB Ads.

Pentingnya Belajar Facebook Ads

Jika ingin belajar Facebook Ads itu harus benar-benar dilakukan sejak awal dan ada beberapa alasan mengapa media ini begitu baik untuk melakukan marketing atau beriklan dibandingkan dengan media konvensional ataupun juga channel lain yang khusus untuk marketing online antara lain:

  • Jauh lebih lengkap fiturnya

Facebook Ads memiliki beragam jenis objectives dan ini merupakan suatu tujuan dari kampanye yang dipromosikan. Ini akan membuka ruang untuk seluruh kepentingan di dalam kampanye beriklan. Anda bisa mencoba meningkatkan kepekaan user mengenai merk, meningkatkan engagement, menarik seluruh pengunjung web dan juga mengumpulkan list sampai meningkatkan seluruh konversinya.

  • Target iklan lebih detil

Pada dasarnya, Facebook ini mempunyai beragam data sosial mengenai manusia termasuk gerak geriknya yang telah disusun dengan begitu rapi dan data itu pun dapat diakses pula oleh mereka yang beriklan sehingga bisa mentargetkan pengunjung lebih detail lagi. Facebook diketahui memegang data besar dalam dua kategori yaitu demografis dan yang kedua adalah psikografis.

Data demografis mencakup status hubungan, pendidikan, bahasa, usia, gender dan negara sementara untuk data psikografis adalah sikap atau behavior dan interest atau ketertarikan dan sebagainya. Selain itu, seluruh angka dan metriks yang digunakan untuk dapat mengukur seluruh kampanye pun akan terpampang dengan begitu detail bahkan real time dan selalu diupdate dengan optimal sehingga bisa disimak, dipelajari maupun dilihat lebih lanjut.

  • Proses cepat

Facebook Ads ini hampir tidak ada waktu tunggu sama sekali dan ini berarti, setelah semua materi dari kampanye telah siap, maka Anda pun dapat langsung beriklan. Biasanya, review berlangsung dalam kurun waktu tertentu sebelum nantinya iklan akan diterima dan kemudian ditayangkan berdasarkan settingan yang diinginkan.

  • Budget Lebih Ringan

Tidak ada sama sekali syarat keuangan khusus untuk membuat iklan di dalam Facebook Ads ini. Bahkan sama sekali tidak ada ijin khususnya dan ini cocok untuk dipakai oleh personal maupun corporate. Anda bisa menjalankan kampanye beriklan bahkan dengan mengandalkan budget yang rendah yaitu puluhan ribu setiap hari dan tingkatkan lagi jika telah menemukan kampanye yang memberikan keuntungan atau winning campaign.

Cara Belajar Facebook Ads Untuk Kelancaran Bisnis

Untuk mulai belajar Facebook Ads, maka ada beberapa level yang harus Anda perhatikan dengan baik dan tidak boleh ada yang tertinggal sedikitpun. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah membuat setup untuk Facebook Ads. Anda harus membuat akun yang disebut Business Manager. Anda bisa mengikuti instruksi yang ada dan langsung isi saja formulir di dalamnya seperti Anda melakukan registrasi untuk membuat akun yang lainnya. Akun Anda nantinya akan aktif dan kemudian siap untuk Anda gunakan. Setelah itu, lakukan tahap berikut ini:

1. Menentukan Akun Business Manager Vs Akun Personal

Sesungguhnya selain Business Manager, Anda juga akan diberikan penawaran pilihan pemasangan iklan dengan menggunakan akun personal. Sebenarnya masing-masing akun Facebook itu punya akses menuju Ads Manager yang artinya adalah setiap orang tidak terkecuali mereka yang bisa memasang iklan di media sosial Facebook dengan cepat dan mudah.

Meski begitu, disarankan untuk memilih menggunakan BM atau Business Manager sebab fiturnya jauh lebih baik untuk para pengiklan. Logikanya, jika Anda ditawarkan dengan sesuatu yang lebih baik, mengapa Anda harus menggunakan yang biasa saja. Jadi jika terdapat pilihan apakah ingin menggunakan akun personal atau BM, maka jangan pusing terlalu lama dan segera memilih Business Manager saja.

2. Membuat pages untuk mulai beriklan

Sebuah kampanye nantinya akan ditautkan pada halaman Facebook yang dipilih dan iklan tidak dapat dijalankan pada post maupun status yang asalnya dari akun pribadi atau personal. Karenanya Anda memerlukan pages yang dapat dibuat sebelum maupun ketika sedang memasang iklan. Tapi akan lebih baik jika membuat page lebih dulu sebelum Anda memasang iklan supaya jauh lebih fokus lagi dalam mengunggah foto serta melakukan beberapa pengaturan di berbagai tempat seperti mengisi deskripsi, cta, url, detail web dan sebagainya.

Satu akun Facebook boleh membuat halaman sebanyak mungkin seperti yang mereka inginkan. Anda bisa membuat satu halaman untuk satu model niche atau usaha yang dimiliki. Jangan mencampurkan pages sebab jumlah dari fans maupun engagement di suatu pages bisa menjadi aset Anda di masa depan yang begitu spesifik dan relevan.

3. Objectives pada Facebook Ads

Objective ini merupakan kekuatan yang dimiliki oleh platform Facebook untuk beriklan. Tidak banyak platform iklan lain yang menyediakan lebih banyak objective seperti Facebook. Di dalam Facebook Ads terdapat setidaknya 3 objective yang paling utama sekaligus sub-objective yang paling terperinci seperti Awareness yang isinya adalah Reach dan Brand Awareneness. Kemudian ada Consideration yang isinya adalah Messages, Lead Generation, Video Views, App Installs, Engagement dan Traffic. Terakhir adalah Conversion yang isinya adalah Store Visit, Catalog Sale dan Conversions.

Inilah cara belajar Facebook Ads dari bagian yang paling dasar hingga yang paling penting namun tentunya masih banyak lagi proses yang harus Anda ketahui sampai dengan selesai membuat fitur yang penting untuk beriklan demi kelancaran bisnis Anda.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar