Cloud Hosting Indonesia Terbaik untuk membuat Website atau Blog

Beberapa waktu belakangan ini istilah cloud hosting sudah semakin popular di kalangan para blogger dan pengembang website. Meski begitu mungkin tak semua orang tahu makna istilah tersebut. Cloud hosting sebenarnya adalah file website yang tersimpan pada pernagkat server fisik. Server tersebut terbagi dalam beberapa server virtual sehingga pengguna website bisa mengaksesnya dari berbagai jalur sever virtual tadi.

Dengan begitu website tidak akan mengalami down walaupun dikunjungi banyak pengguna internet dalam waktu yang bersamaan. Bila salah satu server virtial tidak berfungsi, masih ada jalur lain yang dapat diandalkan.

Mengetahui cara kerja cloud hosting

cloud hosting Indonesia Terbaik

Layanan cloud hosting cocok bagi para pemilik website atau blogger yang menghendaki performa terbaik untuk laman miliknya. Tidak sulit untuk menggunakan layanan tersebut karena semakin banyak ditawarkan oleh para provider atau penyedia jasa hosting. Kelebihan cloud hosting yang lain adalah dapat menghemat dana penggunaan hardware sekaligus mengoptimalkan kecepatan processing. Waktu downtime juga menjadi lebih minimal. Cloud hosting cocok untuk digunakan pada situs dengan peningkatan traffic yang signifikan secara mendadak.

Rekomendasi Cloud Hosting Terbaik 2019

Panduan Memilih Cloud Hosting

Bagaimana tips untuk memilih cloud hosting yang bermutu? Tentu saja untuk itu ada beberapa kriteria yang harus Anda perhatikan. Berikut panduannya!

  • Mengetahui kebutuhan untuk website

Sebelum memilih layanan cloud hosting tentukan dahulu tujuan yang Anda inginkan untuk website Anda. Tentu saja tidak ada pemilik website yang ingin memboroskan waktu serta dana untuk layanan yang ternyata tak memenuhi harapan. Sebelum mulai mencari perusahaan penyedia cloud hosting, cobalah membuat daftar poin-poin yang Anda inginkan sehingga Anda dapat membuat perbandingan antara perusahaan satu dan lainnya.

  • Customer support

Pilihlah penyedia cloud hosting yang menjanjikan dukungan penuh bagi para user.Dengan begitu bila terjadi masalah pada server Anda bisa segera meminta bantuan dan mendapatkan solusi dari operator. Untuk layanan customer support sebaiknya pilih yang 24 jam penuh. Anda tak akan pernah tahu kapan kendala teknis akan terjadi dan bila hal ini tiba-tiba berlangsung tentunya Anda ingin segera mendapat solusi, bukan?

  • Load balance

Salah satu aspek paling penting dari layanan cloud hosting adalah load balance sehingga Anda perlu mencermati hal ini sebaik mungkin.Sebaiknya pilihlah penyedia cloud hosting yang memberikan jaminan backup server sebagai antisipasi bila server yang sedang berjalan tengah bermasalah. Manfaat fitur load balancer adalah membantu memandu pengguna kepada serfer yang berfungsi baik.

  • Menilai skala

Pengguna dapat mengukur kapasitas server kapan pun saat membutuhkannya.Dengan begitu saat terjadi lonjakan traffic dengan mudah Anda dapat melakukan penyesuaian.Ini maksudnya updrade server agar traffic yang semakin meningkat tersebut dapat dikelola dengan baik.

  • Jaminan keamanan

Dapat dibilang keamanan adalah salah satu poin paling krusial yang harus menjadi prioritas Anda dalam memilih layanan cloud hosting. Inilah sebabnya carilah informasi sedetail mungkin penyedia layanan cloud hosting Anda mempunyai fitur yang menjamin kemanan dengan lengkap.

  • Evaluasi

Semakin banyak perusahaan penyedia layanan yang memberikan fasilitas coba gratis alias trial.Hal ini tentunya penting karena dapat membantu Anda untuk menilai apakah fitur yang diberikan kepada user layak untuk menjadi pilihan Anda ataukah tidak.

  • Menilai kelebihan dan kelemahan perusahaan

Jangan ragu untuk meluangkan sedikit waktu dengan mensurvey perusahaan-perusahaan incaran Anda. Ketahui secara detail apa saja kelebihan serta kelemahan perusahaan terkait. Dengan begitu Anda bisa membuat perbandingan untuk memilih yang terbaik. Akses situs resmi tiap-tiap perusahaan dan pelajari secara detail fitur serta layanan yang dapat mereka berikan kepada user.

Pahami juga kebijakan perusahaan pada bagin Term Of Service atau ketentuan layanan. Manfaatkan forum-forum diskusi di internet untuk mencari testimony atau pengalaman konsumen yang pernah bekerjasama dengan perusahaan terkait.

Demikianlah beberapa panduan yang bisa membantu Anda mendapatkan layanan terbaik.

Alasan mengapa Anda memerlukan cloud hosting

Bagi Anda yang masih merasa ragu mengapa membutuhkan layanan cloud hosting inilah beberapa alasannya.

  • Dapat menampung peningkatan traffic yang besar

Anda seharusnya senang memperoleh traffic yang besar, bukannya malah khawatir website menjadi down. Ini karena layanan cloud hosting sudah dilengkapi fitur cluster yang sanggup menampung traffic yang meningkat drastic dalam waktu yang singkat. Teknologi canggih ini membuat server dapat dikunjungi ribuan sampai jutaan orang di waktu yang sama.

Bila salah satu server yang digunakan mengalami down, maka beban dapat dialihkan ke server aktif lainnya. Hal ini disebut dengan system back-up resource. Dengan menggunakan cloud hosting Anda tinggal berkonsentrasi untuk melakukan optimasi untuk memperoleh semakin banyak pengunjung, sementara performa website Anda sudah ditangani oleh tenaga yang kompeten.

  • Performa

Layanan hosting yang satu ini menyediakan beragam jenis fitur berkualitas. Anda dijamin akan sangat terbantu dalam mengembangkan website Anda oleh arsitektur yang dapat diandalkan. Fasilitas ini memudahkan Anda untuk meningkatkan resource saat terjadi peningkatan traffic serta menguranginya bila traffic sudah kembali normal.

Kesimpulannya cloud hosting bisa membantu Anda untuk membangun website untuk berbagai keperluan dengan platform yang fleksibel, cepat, dan gampang dikustomisasi.

  • Keamanan

Tak dapat dipungkiri tak sedikit layanan hosting yang terkendala keamanan, misalnya penyalahgunaan data, invansi illegal, hingga penyadapan jaringan. Layanan hosting cloud menawarkan kerahasiaan data, perlindungan keamanan yang lebih optimal, integritas data, serta pengendalian akses data.Penyedia cloud hosting juga dilengkapi algoritma enkripsi untuk perlindungan privasi serta data pribadi.

  • Full manged

Sama seperti shared hosting, proses manajemen cloud hosting menggunakan control panel. Dengan begitu Anda tak perlu khawatir kesulitan mengontrol beragam pengaturan tersebut karena semuanya benar-benar mudah dilakukan.

Ada pula penyedia cloud hosting yang menawarkan layanan full managed. Ini artinya seluruh pengelolaan server serta konfigurasi dikerjakan oleh tim perusahaan penyedia layanan tersebut. Fasilitas full managed ini menjanjikan kemudahan hanya dalam satu dashboard Anda. User yang awam tak perlu lagi membuang waktu dengan mempelajari prosedur konfigurasi website dan berbagai system instalasi.

Alternative lainnya adalah menggunakan fasilitas auto installer untuk menangani instalasi serta konfigurasi website mulai dari awal hingga selesai. Sebelum membuat website Anda live, Anda bisa melakukan uji coba fitur serta ide konten-konten website baru pada sandbox.Ini dapat dilakukan dengan fitur WordPress Stagging.

Selain kedua fitur tersebut masih ada fitur-fitur lain yang ditawarkan oleh penyedia hosting terbaik, seperti WP Accelerator serta LiteSpeed Web Server. Fitur yang disebutkan terakir ini adalah teknologi yang muncul untuk memperbarui Apache Web Server tanpa perlu memodifikasi program, konfigurasi, atau detail system operasi yang telah digunakan sebelumnya.Sementara WP Accelerator dapat membantu user mempersingkat waktu loading website serta meningkatkan performa website menjadi semakin maksimal.

Nah, Anda bisa mendapatkan seluruh kemudahan tersebut bila memilih layanan hosting cloud untuk website Anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 5,00 out of 5)

Loading...