Cara Mengelola Utang dengan Bijak Agar Hidup Lebih Aman

Cara Mengelola Utang dengan Bijak Agar Hidup Lebih Aman

Cara mengelola utang dengan bijak menjadi salah satu hal yang penting untuk dikonsepkan. Mengapa demikian? Hal ini karena dengan membayar utang secara teratur dapat menjaga reputasi pemilik utang di mata kreditur.

Tidak semua orang yang berutang itu buruk. Jika pemilik utang berutang untuk membeli aset pendukung usaha, hal tersebut malah memberikan keuntungan bagi pemilik utang karena dapat memberikan masukan.

Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Berhutang

Sangat dianjurkan membayar hutang dengan tepat waktu, karena sekarang ada Sistem Layanan Informasi Keuangan (SLIK). Dengan melalui SLIK, lembaga keuangan yang memberikan pinjaman akan menyampaikan informasi atau laporan debitur secara lengkap, akurat, terkini, utuh dan tepat waktu sehingga peminjam hutang akan susah untuk meminjam hutang di lembaga atau bank lain.

Berikut adalah 5 langkah yang perlu dicoba sebelum melakukan pinjaman.

Berkonsultasilah dengan Kreditur

Anda dapat menceritakan kondisi keuangan Anda kepada lembaga yang akan memberikan pinjaman. Dengan begitu lembaga yang memberikan pinjaman dapat mengerti kondisi keuangan Anda.

Anda juga dapat mengajukan permohonan terkait restrukturisasi kredit dengan memanjangkan jangka waktu cicilan, serta dapat mengajukan permohonan untuk memperkecil cicilan dari sebelumnya.

Untuk permohonan tersebut hanya pihak lembaga yang memberikan pinjaman yang berhak menyetujui atau menolak permohonan.

Menjual Aset untuk Melunasi Hutang

Memiliki barang yang cukup banyak bukan sesuatu yang tepat pada saat Anda sedang terlilit hutang. Anda bisa menjual barang-barang yang tidak terlalu penting untuk menutup semua utang. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebani dengan cicilan dan bunga pinjaman.

Meskipun barang yang Anda jual memiliki nilai jual di bawah standar, namun masih jauh lebih baik daripada membiarkan barang yang tidak terlalu bermanfaat ketika Anda masih memiliki tanggungan hutang.

Atur Prioritas Hutang Anda

Anda perlu mengatur prioritas hutang yang perlu Anda lunasi terlebih dahulu, hal ini biasa disebut dengan cara mengelola utang dengan bijak. Dengan cara, menentukan beban hutang mana yang lebih besar dengan jangka waktu yang sebentar. Dengan begitu Anda dapat mengatur keuangan untuk kebutuhan sehari-hari dan hutang yang harus Anda bayar, sehingga pengeluaran bisa teratur.

Cari Penghasilan Tambahan

Ketika Anda sedang terlilit hutang Anda harus berpikir kreatif untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Salah satunya Anda dapat memasarkan barang atau jasa melalui sosial media. Meskipun hasilnya tidak seberapa, namun apabila terkumpul pasti akan memudahkan Anda melunasi hutang.

Menghemat Pengeluaran

Ketika Anda sedang memiliki tanggungan utang, Anda sebaiknya menghemat pengeluaran. Anda dapat memilah dan memilih kebutuhan yang benar-benar perlu untuk dibeli atau sekedar keinginan diri untuk membeli. Dengan begitu Anda dapat menyisihkan uang Anda untuk disimpan guna dijadikan untuk tambahan pelunasan hutang.

Manfaat Mengelola Hutang dengan Baik

Mengelola hutang dengan tepat memiliki dampak yang baik untuk masa depan finansial Anda. Berikut 3 manfaat mengelola hutang dengan baik:

Meningkatkan Skor Kredit

Meningkatkan skor kredit merupakan cara untuk meningkatkan kualitas pembayaran hutang kredit. Ketika Anda memiliki nilai skor kredit yang bagus Anda dapat lebih mudah dalam melalukan pinjaman ke lembaga yang akan memberikan pinjaman, begitu pun sebaliknya.

Skor kredit berasal dari rekam jejak pinjaman yang Anda lakukan sebelumnya. Meningkatkan skor kredit dapat dilakukan dengan cara selalu membayar tepat waktu dan selalu lunas dalam membayar hutang.

Menghindari Tumpukan Beban Keuangan

Jika cara mengelola hutang Anda sudah bijak, kemungkinan kecil Anda akan terjebak ke dalam tumpukan beban hutang. Sebab dengan adanya hutang yang menumpuk dapat disimpulkan jika Anda sangat bergantung dengan uang pinjaman yang Anda pinjam untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Jadi usahakan Anda menyelesaikan hutang yang dimiliki satu-persatu sebelum mengajukan hutang lagi.

Mengasah Kemampuan Menabung

Dibandingkan dengan melakukan pinjaman hutang untuk membeli kebutuhan konsumtif, akan lebih baik Anda menabung terlebih dahulu. Namun jika untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak Anda dapat mengajukan pinjaman kepada lembaga terkait.

Akan tetapi Anda harus tetap menerapkan tips cara mengelola utang dengan bijak dan menabung. Meskipun tabungan Anda tidak banyak namun sedikit demi sedikit dapat meringankan beban hutang Anda.

8 Cara Mengelola Pinjaman dengan Bijak

Setelah Anda mengetahui manfaat mengelola hutang dengan bijak, pastilah Anda akan tertarik untuk mengelolanya, berikut 8 cara mengelola utang dengan bijak:

Hitung Budget Setiap Minggu

Anda harus benar-benar memperhatikan pengeluaran setiap minggunya. Dimulai dari Anda menerima gaji, Anda perlu menghitung budget setiap minggunya sampai bulan depan. Hal ini bertujuan untuk menstabilkan pengeluaran Anda dan juga pengeluaran untuk menyicil membayar hutang. Sehingga Anda tidak akan terjebak utang yang Anda miliki.

Membuat Rencana Pelunasan Hutang

Dengan adanya rencana pelunasan hutang Anda dapat mengendalikan keuangan Anda dan berupaya untuk bebas utang. Anda dapat menentukan berapa banyak cicilan yang dapat Anda bayarkan setiap bulannya, meskipun tidak banyak, ada kemungkinan dengan konsisten dapat menutup hutang Anda.

Hindari Berhutang untuk Membayar Hutang

Apa pun yang terjadi Anda harus menerapkan prinsip tidak berhutang untuk membayar hutang. Karena ketika Anda berhutang untuk membayar hutang sama saja dengan Anda menggali lubang untuk menutup lubang. Sama sekali bukan jalan yang tepat. Dan apabila hal itu terjadi, Anda akan semakin tergantung dengan hutang dan hidup Anda tidak ada kemajuannya sama sekali.

Rutin Cek Jumlah Hutang

Anda harus selalu mengecek jumlah hutang yang Anda miliki, sehingga Anda memiliki semangat untuk membayarnya. Di samping itu Anda juga dapat memperkirakan berapa lama Anda dapat membayarnya, dengan menentukan banyaknya cicilan sesuai kemampuan Anda agar waktunya pas.

Kelola Pendapatan untuk Melunasi Hutang

Ketika Anda mendapatkan insentif tahunan dari tempat Anda bekerja, mendapatkan Tunjangan Hari Raya (THR), tunjangan cuti, gunakanlah segera uang tersebut untuk melunasi hutang Anda. Dengan begitu uang gaji pokok Anda dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya.

Buat Rencana Pembayaran yang Realistis

Buatlah rencana pembayaran hutang yang realistis dengan pendapatan dan juga pengeluaran Anda. Tetapkan anggaran yang ketat untuk membayar hutang Anda. Anda juga dapat bekerja sama dengan konsultan mengenai cara mengelola utang dengan bijak.

Konsolidasi Hutang

Ketika Anda memiliki beberapa hutang dengan bunga yang tinggi, pertimbangkanlah untuk menggabungkan hutang-hutang tersebut menjadi satu pinjaman dengan bunga yang lebih rendah. Konsolidasi hutang dapat membantu Anda mengurangi beban bunga dan juga mempermudah Anda dalam memanajemen hutang Anda.

Meminjam Uang Sesuai dengan Kebutuhan

Ketika Anda akan meminjam uang, Anda harus meminjam sesuai dengan kebutuhan saat ini. Sangat tidak dianjurkan untuk sesuatu yang sebenarnya belum dibutuhkan, meskipun banyak lembaga atau bank yang menawarkan dengan cara yang menarik. Karena hal tersebut hanyalah sebuah promosi, jadi sebaiknya Anda tidak tergiur.

Begitulah beberapa cara mengelola utang dengan bijak agar hidup Anda tetap nyaman dan aman meskipun banyak hutang.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Mengelola Utang dengan Bijak Agar Hidup Lebih Aman flagcounter