Salah satu keberhasilan dalam bisnis online yaitu konversi penjualan yang meningkat. Tingkat konversi ini merupakan salah satu kunci untuk memperoleh imbal hasil pada investasi yang dilakukan ketika memasarkan produk atau layanan kalian. Melihat hal ini tentunya cara mengoptimalkan konversi web bisnis menjadi poin penting. Lebih jelasnya mengenai konversi situs website maka simak informasinya berikut ini.
Mengenal Konversi Website
Konversi website atau website conversion rate merupakan persentase dari jumlah pembeli dari keseluruhan jumlah pengunjung pada website. Jika persentasenya semakin tinggi, itu sebagai penanda jika performa website juga semakin baik.
Contohnya yakni ketika ada 1.000 orang pengunjung website kalian, 10 orang dari total pengunjung tadi melakukan pembelian maka tingkat konversi untuk penjualan website kalian 1%. Perhitungan konversi ini juga mudah.
Kalian cukup membagi jumlah konversi pada satu periode di waktu tertentu dengan keseluruhan jumlah pengunjung web pada periode watu sama. Nantinya hasil dari pembagian tersebut dikalikan dengan 100%.
Tingkat presentasi yang tinggi maka menunjukkan konversi penjualannya semakin banyak. Sayangnya banyak dari perusahaan baru yang terjun ke dunia online merasa kebingungan dalam mengoptimalkannya.
Cara Mengoptimalkan Konversi Web Bisnis
Bagi kalian pemain baru di industri usaha online dan kebingungan meningkatkan konversi web maka jangan khawatir. Berikut ini cara mudah untuk mengoptimalkannya.
Mudah Ditemukan
Semakin mudah kalian temukan di internet maka berpengaruh pada konversi penjualan. Ketika web kalian tidak keluar di halaman pertama mesin pencarian, website tidak mampu beroperasi pada browser dan alasan lainnya akan berdampak pada hilangnya pelanggan potensial.
Cara pengecekan untuk melihat website apakah mudah ditemukan atau tidak dengan menerapkan strategi SEO yang baik, pengujian pada situs website kalian apakah bekerja di browser atau tidak dan memastikan website mobile-friendly merupakan beberapa langkah yang bisa dilakukan.
Langkah yang disebutkan sebelumnya termasuk dalam bagian meningkatkan Click Through Rate (CTR) untuk suatu situs website.
Mampu Diakses Secara Mudah
Ketika pelanggan telah menemukan website kalian, langkah selanjutnya yakni meningkatkan konversi pada website dengan cara memastikan jika pengunjung bisa secara mudah menghubungi kalian. terkadang ada beberapa website yang menarik namun ketika akan dihubungi oleh pengunjung tidak bisa.
Cara mengatasinya gunakanlah saluran komunikasi utama serta gabungkan seluruhnya di strategi omnichannel. Saluran tersebut berupa obrolan langsung guna berdiskusi terkait produk, formulir kontak dan email bantuan konsumen.
Tingkatkan pula kehadiran perusahaan kalian, juga di media sosial yang bertujuan supaya mudah diakses bagi calon konsumen. Ada riset yang mengatakan jika pelanggan paling senang live chat dan alasannya karena mampu menerima jawaban langsung terkait pertanyaan yang diajukan.
Bangun Hubungan dan Kepercayaan
Sangatlah penting bagi pelaku usaha meyakinkan para pengunjung agar bisa percaya pada bisnis dan layanan yang diberikan. Tampilkan testimoni dan ulasan secara mendetail pada situs, jadi para pengunjung bisa melihat apa yang disenangi pelanggan terkait produk kalian serta kenapa para konsumen tadi percaya dengan kalian.
Pastikan kalian terlibat dengan lead serta pelanggan di media sosial guna menunjukkan jika kalian mendengarkan para konsumen. Selalu ingat jika pelanggan merupakan duta terbaik untuk usaha kalian.
Kenali Para Pengunjung Website
Ketika akan berkomunikasi dengan lead maka kalian perlu mengenal profil dari para pengunjung dan jika tidak mengenalkan akan kesulitan melakukan komunikasi tersebut.
Mempunyai tools yang mampu memberikan wawasan terkait pengunjung web dan juga membantu dalam membangun hubungan dengannya. Sehingga kalian akan terbantu dalam melihat pengunjung yang kembali serta mana yang baru jadi kalian bisa terhubung secara baik.
Hal tersebut tidak hanya membantu memahami serta mengatasi masalah, namun juga memosisikan serta memasarkan produk secara lebih baik yang tentunya sesuai konteks yang pas.
A/B Testing
Cara mengoptimalkan konversi web bisnis melalui A/B testing dasarnya berguna menunjukkan dua versi dari halaman web pada kelompok audiens berbeda, serta memakai versi yang mempunyai tingkat konversi terbaik.
Tersedia banyak elemen pada halaman web yang bisa diuji, contohnya tombol CTA (penempatan, teks dan warnanya), tata letak serta desain halaman, pesan dan judul dan elemen untuk media baru (ukuran video, gambar dan lainnya).
Berbagai perubahan kecil tadi bisa membuat perbedaan yang besar. Akan tetapi penting diingat ketika A/B testing perlu dilakukan lebih dari satu kali. Lakukan perbaruan website serta bereksperimen guna meningkatkan konversi pada penjualan.
Sederhanakan Formulir
Cara mengoptimalkan konversi web bisnis dengan lebih cepat, umumnya suatu situs web meminta para pengunjung mengisi formulir secara online. Namun sayangnya, formulir tersebut panjang serta membuat pengunjung menjadi tidak tertarik. Buatlah formulir lebih pendek sehingga konversi website lebih meningkat.
Lakukan Segmentasi Pengunjung
Beberapa orang ketika mengunjungi website bisa jadi karena memang ingin membeli sesuatu, akan tetapi ada juga yang iseng dan ada juga yang membukanya pada tab browser kemudian melupakannya.
Sampai di sini kalian memahami jika niatan orang ketika menjelajah sangatlah beragam. Melakukan segmentasi pengunjung ke cold, warm dan hot leads bisa membantu dalam menargetkan audiens secara tepat dan benar.
Setiap lead memerlukan perhatian yang Tingkat sumber daya dan energinya berbeda beda dibandingkan tim penjualan kalian. Kategori pertama membutuhkan perhatian dengan segera (live chat ataupun dihubungi secara langsung oleh tim marketing), kedua membutuhkan penawaran diskon dalam produk yang dilihat.
Kemudian untuk pengunjung yang tidak sengaja ataupun membuka website kemudian melupakannya maka perlu ditawarkan mengenai produk terlaris yang dimiliki ketika pengunjung tadi kembali berkunjung ke website kalian.
Buat Web Lebih Menarik
Cara mengoptimalkan konversi web bisnis dengan membuat website rapi serta menarik terutama secara visual. Hal tersebut dilakukan supaya kalian bisa langsung terhubung dengan para pengunjung potensial.
Dorong pengunjung supaya tetap tinggal dengan cara memberikan konten relevan lewat artikel dan blog menarik. Supaya lebih hidup bisa juga menambahkan beberapa video ke dalamnya, cara meningkatkan konversi penjualan ini tergolong jitu kendati memerlukan sumber daya yang pastinya lebih besar.
Terus Memantau Performa Web
Ketika akan membuat web untuk jualan online tentu bukan suatu pekerjaan yang cepat. Diperlukan pemantauan tentang bagaimana keefektifan dari situs web kalian. Perkara ini bukan sekedar tentang banyak orang yang berkunjung ke situs tersebut.
Buat CTA Kuat Serta Dipersonalisasi
CTA berguna mendorong pengunjung untuk melakukan interaksi dan CTA terbukti mampu meningkatkan rasio dari konversi penjualan sebanyak 20%. Gunakan CTA secara cerdas dan jangan berlebihan karena CTA yang berlebihan hanya akan membuat pengunjung terganggu.
Itulah cara mengoptimalkan konversi web bisnis yang perlu diketahui. Ketika konversi web meningkat maka berdampak pada penjualan yang dilakukan.