Conversion rate atau konversi merupakan istilah dalam pemasaran digital yang artinya mencapai tujuan lewat kampanye pemasaran. Konversi bisa ditingkatkan salah satunya dengan menggunakan strategi SEO terkini.
Ketika kalian berada pada sebuah situs web, para pengunjung tidak hanya mengunjunginya namun melakukan tindakan yang pastinya sesuai tujuan bisnis yang direncanakan yakni membeli produk kalian.
Tindakan masing-masing pengunjung pastinya sangat berbeda serta bervariasi pada setiap situs web. Tindakan tadi seperti membeli produk, melakukan transaksi, berlangganan newsletter, mendaftar keanggotaan dan lainnya.
Tidak hanya mengadopsi strategi digital namun kalian juga perlu merencanakannya dan dalam hal ini strategi SEO dibutuhkan. Search Engine Optimization atau SEO merupakan pengoptimalan mesin pencari yang memungkinkan halaman web muncul pada halaman pertama di pencarian Google.
Lebih jelasnya mengenai SEO dan juga strategi SEO terkini yang bisa diterapkan dalam meningkatkan konversi web maka simak informasinya berikut ini.
Mengenal Istilah SEO
SEO adalah strategi untuk pemasaran digital dan bertujuan membuat peringkat pada situs web ataupun blog berhasil terletak di bagian atas pada hasil pencarian Google. Ini pastinya akan memudahkan para pengguna browser akan menemukan artikel kalian.
Tujuan dari SEO guna meningkatkan traffic visitor ataupun kunjungan maupun pengunjung lewat keyword dengan tertarget. Salah satu dari indikator paling penting atas keberhasilan dari pemasaran SEO yakni posisi situs web ataupun blog lebih tinggi bagi keyword tertentu pada search engine.
Inilah Strategi SEO Terkini
Sebagai pemilik usaha tentu kalian ingin website kalian berada di posisi teratas pada hasil penelusuran. Maka dari itu berikut ini adalah beberapa strategi SEO yang bisa digunakan dalam meningkatkan peringkat pada website.
Identifikasi kata kunci terbaik
Ketika mengidentifikasikan keyword terbaik guna meningkatkan peringkat kalian pada mesin telusur, terdapat beberapa faktor penting perlu untuk diperhatikan seperti volume pencarian, kompetisi, otoritas domain dan relevansi.
Periksalah keyword intent
Secara umum terdapat empat jenis kata kunci intent, yakni transaksional, komersial, informasional dan juga navigasional. Pada strategi SEO kalian perlu untuk mencari tahu mengenai yang dicari oleh pengguna saat memasukkan kata kunci di mesin penelusur. Ketika memahami tujuannya, kalian bisa membuat konten yang pastinya sesuai dengan para pengunjung cari.
Buatlah long form content
Long form content merupakan konten yang isinya cenderung lebih panjang dan umumnya tersusun dari 100 kata ataupun lebih. Kebanyakan dari long form content umumnya berbentuk blog, walaupun begitu kalian dapat membuat landing page berformat lebih panjang dengan penambahan kolom FAQ.
Gunakan SEO on page
Ketika menggunakan SEO on page terdapat langkah optimasi dasar yang perlu dilakukan dan diperhatikan seperti menempatkan kata kunci, menambahkan tautan internal dan pengoptimalan meta deskripsi.
Long tail keyword target
Sebagian besar dari keyword dengan volume tinggi umumnya tersusun atas long tail keyword. Penggunaan long tail keyword ini terbukti mampu membantu menempatkan posisi web atau blog pada bagian teratas.
Informasi web tidak dilewatkan
Google lebih berfokus dalam memberikan jawaban yang diperlukan pengguna dibandingkan menampilkan keseluruhan isi konten di halaman website. Sehingga kalian menemukan istilah zero klik search yang artinya pengguna bisa menemukan jawaban yang diperlukan pada hasil penelusuran tanpa harus masuk ke dalam halaman web.
Hal tersebut tidak akan bagus jika tujuan kalian yakni meningkatkan lalu lintas pada website. Maka supaya informasi yang kalian miliki tidak dapat dilewatkan begitu saja, kalian dapat membuat konten yang memiliki banyak list dan juga menampilkan judul maupun sub judul berupa tag H2 serta H3 di meta deskripsi.
Berikanlah jawaban secara jelas
Banyak dari pengguna memakai keyword berbentuk pertanyaan saat mencari informasi lewat Google. Supaya konten kalian dapat berada pada peringkat teratas maka pastikan jika kalian mampu memberikan jawaban dengan jelas sembari mengulang pertanyaan tadi. Untuk selanjutnya kalian dapat menambahkan daftar tips ataupun strategi di konten terkait pertanyaan tadi.
Tambahkan visual menarik
Sertakanlah gambar di konten guna membantu halaman kalian dalam memperoleh peringkat dengan lebih tinggi. Hal tersebut karena hasil penelusuran Google akan menjadi lebih visual dibandingkan sebelumnya dan gambar yang disertakan tadi memungkinkan peningkatan peringkat di hasil pencarian gambar.
Buat judul kreatif
Ketika membuat judul, maka pastikan jika kalian memasukkan 60 karakter ataupun kurang. Sertakan juga keyword pada bagian terdepan judul serta memanfaatkan keyword yang populer salah satunya penggunaan tahun.
Buat backlink
Strategi SEO terkini yang bisa diterapkan salah satunya menggunakan backlink yang merupakan tautan yang membuat pengguna bisa menemukan website kalian. Backlink bisa dibuat dengan cara mempromosikan konten menarik ataupun berkualitas pada media sosial kalian.
Lihat data melalui kueri pencarian
Google Search Console berguna membantu dalam memberitahukan kueri apa yang nantinya mengarahkan pengguna dalam menemukan halaman serta kueri mana yang mampu mendorong pengunjung untuk mengkliknya.
Lewat informasi tersebut, kalian bisa menentukan judul yang dapat digunakan dalam membuat konten ataupun mencari kata kunci dengan lebih tepat.
Memakai video tutorial
Pada saat kalian menargetkan jenis kata kunci petunjuk ataupun tutorial, kalian dapat menaikkan peringkat pada hasil penelusuran dengan cara membuat video tutorial. Umumnya konten tersebut akan lebih mudah dalam memperoleh peringkat dengan lebih tinggi jika dibandingkan konten biasa.
Optimalkan halaman berperingkat
Pastinya akan lebih mudah ketika memindahkan posisi kalian dari peringkat lima ke peringkat tiga jika dibandingkan melakukan pengoptimalan halaman yang tidak memiliki peringkat sama sekali. Tentunya dengan meningkatkan peringkat pada website, kalian menjadi lebih mungkin dalam memperoleh lebih banyak dari traffic.
Analisis SERP
Strategi SEO terkini lainnya dengan analisis SERP yakni merupakan hal wajib yang perlu untuk dilakukan ketika kalian akan membuat halaman situs di peringkat teratas. Melalui analisis tersebut, kalian bisa melihat halaman pisang dan berapa jumlah backlink yang dimiliki dan juga posisi domain untuk peringkatnya.
Selanjutnya kalian dapat memutuskan mengenai halaman kalian untuk keluar pada peringkat teratas dan juga langkah apa yang dapat dilakukan guna mencapainya.
Menambahkan schema markup
Schema markup tersebut tidak mempengaruhi peringkat, namun bisa meningkatkan visibilitas pada halaman website dan juga membantu untuk menghasilkan klik lebih banyak. Schema markup dapat membantu Google dalam memahami isi konten, jadi nantinya menjadi lebih relevan pada kata kunci yang ditargetkan.
Memeriksa teknik SEO
Banyak cara untuk pengoptimalan SEO yang bisa dilakukan, contohnya memastikan gambar telah dikompresi. Kalian juga perlu melakukan pemeriksaan berkala mengenai halaman website apakah sudah mobile friendly dan mampu dibuka pada browser apa pun tanpa adanya hambatan.
Itulah beberapa strategi SEO terkini yang bisa kalian ketahui dan praktikkan. Tentunya jika kalian menerapkannya secara benar berdampak pada konversi website yang meningkat dan ini akan menguntungkan usaha kalian.