Apa Itu Affiliate, Cara Keja, Dan Rekomendasi Terbaik

Apa itu affiliate – Anda seorang pebisnis dan berniat mengembangkan usaha Anda dengan membuat bisnis tersebut go online? Ada banyak alternative untuk itu, salah satunya dengan program affiliate atau affiliate marketing. Modal utama menjalankan afiliasi ini adalah dengan perangkat yang terkoneksi internet.

Tak hanya bagi pengusaha, program ini juga bisa menjadi alternative bisnis online untuk mendulang penghasilan dari internet terutama bagi para blogger influencer. Simak ulasannya.

APA ITU AFFILIATE

Mengenal apa itu affiliate marketing

Simplenya affiliate marketing adalah program pemasaran suatu produk dengan menggunakan pihak ketiga serta sarana internet. Pada program tersebut pengusaha membayar jasa influencer atau pengguna internet yang dapat membuat konten-konten menarik sehingga mempunyai banyak pengikut atau fans. Jasa dimaksud adalah kesanggupan untuk menjual suatu produk. Inilah sebabnya affiliate marketing sangat menarik bagi mereka yang ingin menjual produk di internet tetapi tak mempunyai cukup modal untuk stok atau produksi barang.

Seorang pemasar atau affiliate marketer akan mendapatkan komisi dari setiap produk yang berhasil dia jual. Jumlah komisinya berbeda-beda tergantung kesepakatan Anda dengan pemilik produk atau perusahaan. Jadi kesimpulannya aktivitas pemasar ini kurang lebih sama dengan makelar atau perantara penjualan suatu produk tertentu.

Bagaimana perusahaan atau penyedia afiliasi mengetahui bahwa yang berhasil melakukan penjualan adalah Anda? Tak perlu ragu karena seluruh kegiatan penjualan yang dilakukan oleh siapa pun secara otomatis akan terdeteksi melalui link referral afiliasi yang dimuat pada berbagai website. Agar program afiliasi dapat berjalan lancar perlu adanya kerjasama yang harmonis antara 3 pihak yaitu konsumen, pengiklan, dan penjual atau pemilik produk.

System kerjasama bisnis affilasi

Anda tertarik untuk mencoba bisnis online affiliate marketing? Lakukan pendaftaran dulu pada perusahaan penyedia web afiliasi. Setelah permohonan Anda disetujui Anda akan mendapatkan link referral untuk digunakan memasarkan produk. Link tersebut nantinya akan dimuat pada blog atau media sosial milik Anda dan setiap kali ada konsumen yang membeli dengan rekomendasi dari link tersebut Anda berhak mendapatkan komisi.

Link yang sudah diberikan tersebut harus anda promosikan kesemua sosial media yang anda puny untuk nantinya apabila ada yang mengklik link yang anda promosikan tersebut. Kemudian ketika anda berminat untuk melakukan pembelian maka anda akan mendapatkan komisi sesuai dari produk yang dibeli tersebut. Dengan begitu sangat mempengaruhi jumlah komisi anda juga sesuai dari pembelian tersebut.

Keuntungan bisnis online affiliate marketing

Apa keuntungan bisnis ini dan apa alasannya Anda harus memulai merintis bisnis affiliate marketing ini? Simak ulasannya!

Tak perlu modal besar

Anda memang tak membutuhkan modal besar untuk memulai bisnis ini, berbeda dengan bisnis konvensional dimana untuk membuka toko Anda harus menyewa tempat, menggaji pegawai, serta stok barang. Sebagai pemasar afiliasi modal yang dibutuhkan adalah PC atau laptop dengan sambungan internet yang memadai.

Produk yang dapat dijual beragam

Dengan bergabung sebagai mitra pemasar afiliasi artinya Anda juga pemilik toko atau grosir karena berkesempatan menjual aneka jenis produk. Meski begitu Anda disarankan untuk menjual barang yang berkaitan dengan minat agar proses pemasarannya lebih menarik dan tak membuat Anda bosan. Alasannya adalah karena Anda lebih memahami spesifikasi produk dimaksud.

Tak memerlukan karyawan

Bergabung dengan program afiliasi adalah seperti mempunyai toko tanpa perlu menggaji karyawan.Pada bisnis ini Anda bekerja sendiri saja dan hanya perlu berkonsentrasi pada promosi dan pemasaran barang. Bila suatu produk laku terjual dari link referral pada blog Anda, Anda pun tak perlu repot mengurus packing, pengiriman, dan sebagainya. Semuanya akan dikerjakan oleh pemilik produk mitra Anda.

Bisnis jangka panjang

Bisnis afiliasi merupakan bisnis jangka panjang yang dapat dikerjakan terus-menerus karena link referral yang dimuat pada blog atau media social Anda bisa diklik berulang kali oleh follower Anda. Artinya profit Anda pun bisa semakin berlipat ganda.

Target pasar yang luas

Internet akan membantu Anda mendapatkan target pasar yang lebih luas tidak hanya di dalam negeri tetapi juga mancanegara. Artinya peluang untuk mendapatkan keuntungan berlipat terbuka semakin lebar.

Rekomendasi program affiliate marketing terbaik

Setelah membaca informasi di atas, terkait apa itu affiliate dan lain sebagainya Anda mungkin mulai tertarik untuk mencoba program pemasaran ini. Berikut ini adalah rekomendasi mitra afiliasi yang dapat menjadi bahan pertimbangan Anda.

1. Lazada

Lazada adalah salah satu marketplace paling popular di Indonesia dan menyediakan jutaan item barang. Program afiliasi Lazada juga termasuk yang terbaik di tanah air.Sebagai perangkat pemasarannya adalah link dan banner serta Anda diperbolehkan memilih jenis iklan sesuai keinginan.Afiliasi ini juga menyediakan cookie yang cukup panjang, yaitu hingga 60 hari. Jika dalam waktu dua bulan tersebut ada konsumen yang melakukan pembelanjaan di Lazada, maka Anda akan mendapatkan keuntungan.

2. Domainesia

Inilah web hosting terbaik yang terkemuka di Indonesia karena termasuk yang berusia paling tua. Layanan yang tersedia adalah virtual server, domain, serta hosting. Afiliasi dari Domainesia cukup menggiurkan karena menjanjikan keuntungan hingga ratusan ribu rupiah. Cukup akses situs resminya untuk mendapatkan informasi lengkap tentang program pemasaran ini.

3. Ratakan

Marketplace ini mengkhususkan diri pada produk-produk digital. Sama seperti Lazada, perangkat promosi yang digunakan adalah banner dan link. Anda bisa mengikuti program afiliasi produk yang paling laris di Ratakan sehingga berkesempatan mendapatkan banyak keuntungan. Caranya adalah dengan klik pada laman Produk Terlaris.

4. Niagahoster

Niagahoster menjanjikan komisi sebesar hingga 70% dari setiap penjualan hosting berdasarkan rekomendasi iklan Anda. untuk penjualan VPS atau Virtual Private Server Anda bahkan berhak mendapatkan komisi hingga 100%. Marketing kit yang disediakan adalah dalam bentuk banner dan link sehingga Anda bisa memilih yang paling sesuai untuk blog Anda.

5. Amazon

Marketplace yang didirikan oleh Jeff Bezos ini adalah salah satu yang paling besar di dunia. Program afiliasi yang disediakan juga sangat menguntungkan dan Anda mendapatkan dukungan teknologi tercanggih.

6. Clickbank

Clickbank juga merupakan marketplace paling terkemuka di dunia yang menyediakan produk digital, seperti video tutorial, software, dan ebook. Untuk setiap penjualan sebuah produk Anda berhak mendapatkan komisi antara 30% sampai 80%.

7. Google

Program afiliasi dari Google disebut Google Affilate Network. Ada dua tipe komisi yang berkesempatan untuk didapatkan mitra, pertama adalah pembeliang produk melalui link referral Anda, dan kedua dengan system PPC atau pay per click. Tentu saja Anda akan mendapatkan komisi lebih besar pada penjualan produk dibandingkan klik iklan.

8. Commision Junction

Platform ini memang sengaja didirikan bagi para vendor atau pemilik brand serta affiliate marketer. Para vendor mendaftar pada situs ini untuk mendapatkan pemasar yang bersedia menjual produk mereka. Untuk bergabung Anda hanya perlu mengakses situs resminya kemudian mencari vendor yang popular sebagai mitra afiliasi.

Itulah pembahasan tentang apa itu affiliate dan beberapa daftar program affiliate terpercaya. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar