Panduan Cara Memilih Server Hosting untuk Website Anda

Panduan Cara Memilih Server Hosting untuk Website Anda

Tahukah Anda bahwa hosting ditempatkan di suatu lokasi fisik yang disebut sebagai lokasi server hosting? Bagaimana cara memilih server hosting yang tepat?

Hosting adalah tempat data website disimpan ketika website tersebut dijalankan. Lokasi server hosting memiliki dampak signifikan terhadap performa website, terutama pada kecepatan.

Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai hal di atas, dampaknya, serta memberikan beberapa rekomendasi lokasi server terbaik.

Kami juga akan memberikan tips tentang bagaimana cara memilih server hosting yang sesuai untuk website Anda. Penasaran? Mari kita bahas lebih lanjut!

Pentingnya Lokasi Server bagi Website

Lokasi server hosting ialah lokasi fisik yang digunakan untuk menempatkan server. Ketika suatu website di-hosting, sebenarnya website tersebut ditempatkan pada server.

Satu server umumnya memiliki kapasitas yang cukup besar untuk menampung ratusan hingga ribuan website. Lebih lanjut, penyedia server hosting biasanya menggunakan beberapa puluh hingga ratusan server secara bersamaan untuk menyediakan layanan bagi website pelanggan.

Selanjutnya, provider hosting menitipkan kumpulan server tersebut ke suatu tempat yang dikenal sebagai pusat data atau data center. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa data center ialah istilah yang serupa dengan lokasi server hosting.

Lalu, mengapa penting memilih lokasi server yang tepat dan seberapa besar pengaruhnya bagi sebuah situs web? Simak uraiannya di bawah.

Menentukan tingkat presentase uptime

Menentukan server hosting yang sesuai dapat berdampak pada tingkat uptime situs web Anda. Ini disebabkan karena uptime mencerminkan sejauh mana server dan seluruh kontennya dapat diakses secara normal dalam periode waktu tertentu.

Oleh karena itu, disarankan untuk memilih lokasi server hosting yang memiliki infrastruktur yang handal dan risiko bencana serta gangguan yang minimal. Dengan demikian, presentase uptime pada server dapat terjaga dengan baik dan website selalu dapat diakses tanpa hambatan.

Mempercepat loading

Alasan berikutnya mengapa penting untuk selektif dalam memilih server hosting, yaitu karena lokasi server dapat memengaruhi kecepatan website. Faktor ini terkait dengan jarak tempuh yang harus ditempuh oleh server untuk mengirimkan data kepada pengakses.

Jika server hosting Anda berada di Indonesia dan pengunjung website juga berasal dari wilayah Indonesia, maka akses ke website akan menjadi lebih cepat karena jarak fisik yang lebih dekat. Demi meningkatkan kecepatan akses website, server umumnya mengadopsi teknologi CDN (Content Delivery Network) untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Meningkatkan ranking website

Kesesuaian dalam memilih server hosting dapat meningkatkan peringkat website Anda di SERP (Search Engine Results Page) atau halaman hasil pencarian. Berkaitan dengan poin sebelumnya, pemilihan lokasi server hosting yang tepat dapat meningkatkan kecepatan sebuah website.

Saat Anda memahami SEO, Anda akan mengetahui bahwa kecepatan merupakan salah satu faktor dominan dalam peringkat Google. Dengan kata lain, semakin cepat sebuah website, semakin tinggi peringkatnya di mesin pencari.

Lokasi Server Hosting Terbaik

Berikut ialah beberapa lokasi server hosting terbaik yang tersebar di seluruh dunia.

Server Indonesia

Sesuai dengan namanya, server Indonesia yaitu lokasi server hosting yang berada di wilayah Indonesia. Secara logis, pemilihan server Indonesia menjadi pilihan yang tepat apabila pengunjung Anda berasal dari dalam negeri.

Selain kecepatan akses yang lebih optimal, keunggulan dari server Indonesia dapat mengurangi Time To First Byte (TTFB). TTFB mengindikasikan waktu yang dibutuhkan oleh sebuah website untuk menerima data byte pertama dari server, diukur dalam satuan milisekon.

Oleh karena itu, waktu TTFB dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya yakni lokasi server hosting. Tak heran, lokasi server hosting yang dekat dapat mengurangi waktu TTFB.

Server Singapura

Server Singapura atau yang sering disebut sebagai hosting SG adalah bentuk server hosting yang berlokasi di negara Singapura. Keberadaan lokasi ini sangat sesuai jika pengunjung Anda berasal dari negara-negara di ASEAN maupun wilayah Asia Pasifik.

Karena Singapura terletak pada titik tengah ASEAN, posisinya yang sangat strategis memungkinkan jangkauan server menjadi luas. Selain itu, Singapura juga berdekatan dengan Indonesia, sehingga pengunjung dari Indonesia tidak akan mengalami hambatan berarti terkait kecepatan akses.

Server UK

Salah satu lokasi server hosting yang optimal ialah di Inggris (UK). Penempatan server di wilayah Inggris menjadi pilihan yang sangat tepat jika mayoritas pengunjung website Anda berasal dari Britania Raya dan negara-negara di Eropa.

Server US

Server USA merupakan lokasi server hosting yang ditempatkan di wilayah Amerika Serikat. Jenis server ini sangat sesuai jika target pengunjung Anda berasal dari Amerika Serikat atau negara-negara di sekitarnya, seperti Kanada dan Meksiko.

Jika ditanya lebih baik mana antara server Indonesia atau USA, jawabannya tentu sudah Anda ketahui, bukan? Tepat sekali, kembali sesuaikan dengan lokasi tempat tinggal target pengunjung situs web Anda.

Panduan Cara Pilih Lokasi Server Hosting

Terdapat lima cara memilih server hosting agar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan Anda, yaitu sebagi berikut:

Ketahui jenis website

Cara memilih server hosting tidak terlepas dari mengetahui jenis website yang Anda miliki. Tiap jenis website berhak ditempatkan di server terbaik. Namun, perlu diakui bahwa beberapa jenis website dapat lebih rentan jika lokasi servernya tidak optimal.

Sebagai contoh, website dengan fitur-fitur kompleks, website yang digunakan untuk keperluan krusial seperti ujian online dan website dengan lalu lintas pengunjung yang tinggi. Keputusan yang tidak tepat dalam memilih server dapat mengakibatkan kinerja lambat atau bahkan webiste sama sekali tidak bisa diakses karena server overload.

Ketahui target pengunjung

Sepanjang tulisan, kami terus menekankan pentingnya menentukan lokasi server yang optimal dengan cara mengetahui asal pengunjung website Anda. Langkah pertama cara memilih server hosting selanjutnya yakni identifikasi dari mana pengunjung berasal. Setelah itu, pilihlah server yang terletak dekat dengan lokasi asal pengunjung.

Muncul pertanyaan, bagaimana caranya mengetahui asal negara audiens? Caranya cukup mudah, Anda dapat menggunakan Google Analytics. Layanan dari Google ini menyediakan statistik demografis pengunjung, termasuk informasi asal negara pengunjung.

Perhatikan kecepatan akses

Lokasi server hosting memiliki kaitan yang sangat penting terhadap kecepatan website. Hal ini berhubungan dengan jarak antara server dan pengunjung yang menjadi lebih singkat. Secara lebih teknis, server hosting memberikan pengguna IP Address sesuai dengan lokasi servernya.

Di sisi lain, pengunjung diberikan IP Address yang mencerminkan lokasi geografis mereka. Oleh karena itu, jika IP hosting dan IP pengunjung berasal dari lokasi yang sama atau berdekatan, maka akses ke website akan lebih cepat dibandingkan dengan lokasi di mana IP Address keduanya berada pada jarak yang lebih jauh.

Demikian beberapa bahasan tentang pentingnya lokasi server bagi website, jenis-jenis lokasi server dan cara memilih server hosting yang tepat agar bisa Anda jadikan pertimbangan ketika akan mulai membangun situs web milik Anda.

PenyediaPromoRating
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★★★★★
NiagahosterDomain GRATIS Juni 2024★★★★☆
DomainRacerDiskon 40% & Gratis Domain .COM/.IN★★★☆☆
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★☆☆☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Juni 2024 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Panduan Cara Memilih Server Hosting untuk Website Anda flagcounter