VPN untuk Membuka Blokir Terbaik

Perangkat VPN memang mempunyai berbagai keuntungan, ini mulai dari jaminan kemanan yang tinggi, enkripsi, sampai penelusuran anonym serta alamat IP yang tak sama. Pada poin-poin tersebut rasanya sudah banyak orang yang mengetahuinya. Bagi Anda yang sudah mulai memilih-milih layanan VPN ini, mungkin penasaran bagaimana memilih yang terbaik bagi Anda. Ini sebenarnya bukanlah hal yang rumit! Yang perlu Anda lakukan hanyalah mempertimbangkan dengan cermat tentang kebutuhan Anda dan VPN yang mana yang dapat memenuhinya.

10 Rekomendasi Layanan VPN Terbaik 2020

Tips Memilih Aplikasi VPN Terbaik untuk Android atau iPhone

Aplikasi VPN Terbaik untuk Android dan iPhone

Beberapa poin berikut ini dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih VPN terbaik 2020, terutama bagi pengguna ponsel Android.

  • Kecepatan

Dengan memilih akses internet via VPN artinya Anda harus menyadari bahwa waktu penjelajahan website akan berjalan lebih lambat dibandingkan umumnya. Perlu diketahui bahwa VPN harus melintasi jaringan personal terlebih dahulu serta melakukan enkripsi sehingga proses loading video atau pun laman web memerlukan waktu yang sedikit lebih lama. Jangka waktu proses tersebut berbeda-beda tergantung dari tiap-tiap layanan VPN.

Jika VPN digunakan untuk smartphone Android, perhatikan penggunaan smartphone Anda untuk browsing internet. Misalnya saat Anda lebih sering mengakses website yang mengandung lebih banyak content artikel, tentunya VPN yang agak lambat tidak akan terlalu bermasalah. Sementara bila Anda kerap mengakses konten berupa video atau bermain game online, tentu saja akan menyebalkan bila internet berjalan lambat.

Solusinya adalah dengan mencari VPN yang lokasi servernya lebih dekat, jumlah penggunanya lebih sedikit, atau memilih server yang kuat.Berikutnya Anda harus memastikan bahwa ISP atau penyedia layanan internet di lokasi Anda dapat menerima VPN.

  • Harga

Bila memilih layanan VPN komersil yang terpercaya dan aman, tentu saja ada biaya yang dikenakan untuk Anda.Untuk besaran harganya berbeda-beda tergantung dari jenis-jenis layanan. Di sini Anda bisa memilih layanan yang harganya sesuai ketersediaan dana. Kisaran harga umum untuk VPN yang berkualitas dan bagus adalah sekitar US$ 10 sampai dengan US$ 15 tiap bulannya.Harga tersebut bisa naik atau pun turun sesuai dengan jumlah perangkat yang digunakan.

Tak sedikit penyedia layanan yang memberi potongan harga bila Anda melakukan pembelian berjumlah besar. Contohnya Anda harus mengeluarkan dana US$ 10 tiap bulan untuk harga normal, tetapi dengan berlangganan selama dua tahun, Anda hanya perlu menyediakan dana US$ 3 per bulan. Beberapa layanan VPN bahkan menyediakan fasilitas trial atau uji coba gratis untuk mengetahui kualitas koneksi.Anda bahkan dapat menggunakan gift card atau bitcoin untuk membeli layanan tersebut.

  • Menggunakan VPN

Anda mungkin mengalami beberapa masalah saat harus menangani hal-hal teknis, misalnya mengkoneksikan VPN.Masalah yang sering terjadi adalah terkait koneksi dan firewall, inilah sebabnya sebaiknya Anda menggunakan VPN yang telah didesain dengan baik dan mudah dipahami. Walaupun mungkin Anda cukup mahir dalam hal ini, tetapi pikirkanlah juga kemudahan orang lain yang juga menggunakan perangkat VPN yang sama dengan Anda. Bila aplikasi VPN Android dirancang semaksimal mungkin, orang akan lebih mudah terkoneksi kapan dan dimana saja, atau paling tidak mengerti ada masalah apa yang membuat koneksi gagal.

  • Lokasi

Hal ini berhubungan dengan kecepatan koneksi sebagaimana yang telah disinggung di atas.Faktanya untuk mendapatkan pengalaman browsing yang lancar saat mengakses internet melalui perangkat Android Anda, VPN seharusnya mempunyai server yang banyak. Selain itu lokasi server yang dekat juga akan mempengaruhi kelancaran koneksi.

Tak sedikit VPN yang mempunyai server di berbagai penjuru dunia.Memilih server yang berada di mancanegara berguna bila Anda memang tak ingin keberadaan Anda diketahui siapa pun melalui alamat IP. Tetapi perlu disadari pula server yang semakin dekat dengan lokasi akan menjamin koneksi yang lebih baik sehingga waktu loading pun menjadi lebih singkat. Lakukanlah riset dahulu untuk mengetahui lokasi-lokasi server yang dimiliki oleh penyedia layanan VPN.

  • Memilih lokasi server

Beberapa tips berikut bisa membantu Anda memilih server untuk mendapatkan layanan VPN terbaik. Lokasi-lokasi server diletakkan di beberapa Negara seperti Indonesia (ID), Singapore (SG), India (IN), Turki (TR), Kanada (CA), Hong Kong (HK), Germany (DE), Amerika (US), dan lain-lain. Secara umum lokasi server tersebut dapat dikategorikan menjadi 4 lokasi, yaitu local atau di dalam negeri (Indonesia), Asia Pasifik, Amerika, Australia, dan Eropa.

Indonesia

Ini adalah pilihan yang tepat bagi Anda yang menghendaki kestabilan kecepatan akses berskala local. Tingkat kecepatan VPN server Indonesia secara umum sama dengan loading website internet kebanyakan, atau yang selama ini Anda gunakan. VPN Indonesia memang bagus bila Anda melakukan akses internet dari dalam negeri. Berbeda halnya bila Anda mengakses internet dari luar negeri karena bandwith internasionalnya yang dibatasi sehingga kecepatan akses server pun akan menurun.

Asia Pasifik

Server yang meliputi Asia Pasifik berada di India, Jepang, Hong Kong, Australia, dan Singapore.Yang paling popular di kalangan pengguna internet dalam negeri adalah Singapore karena lokasinya yang paling dekat dengan Indonesia.Selain itu akses internasionalnya juga terbilang baik.Bila Anda berniat mengakses website pada kawasan internasional serta Asia Pasifik.Bila hanya digunakan untuk aktivitas online seperti biasanya VPN Singapore mampu memberikan kecepatan akses yang baik, tetapi untuk download data yang besar penggunaan server Singapore tak disarankan.

Amerika dan Kanada

Server yang berlokasi di Amerika umumnya digunakan untuk menjelajah website yang hanya dapat terkoneksi dengan alamat IP dari Kanada atau Amerika saja, misalnya HBO Now, Spotivy, Netflix, Hulu, dan sejenisnya.

Bila keperluan online Anda adalah untuk streaming, browsing, atau download dengan kecepatan sesuai dengan yang umum digunakan saat ini, server yang paling sesuai adalah dari Singapore atau Indonesia. Sementara bila kebutuhan Anda adalah untuk berselancar serta streaming website konten yang mewajibkan menggunakan IP suatu Negara, misalnya Netflix Amerika, maka server yang direkomendasikan adalah Kanada atau Amerika. Alternative lainnya adalah pilihan server India, Turki, Jerman, Australia, Hong Kong, atau Jepang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Selain server dari Indonesia atau Singapura, server yang lain dapat dikatakan lebih lambat bila digunakan untuk beraktivitas pada internet. Alasannya tentu saja karena lokasinya yang jauh.Lokasi server yang jauh dari tempat pengguna, tentu hasil ping-nya juga semakin besar.Jadi untuk layanan yang terbaik sebaiknya Anda memang memilih server Indonesia bila memang berada di tanah air. Intinya akses internet Anda akan semakin lambat bila lokasi server terletak jauh dari posisi Anda mengakses internet.

Selain berbagai pilihan VPN berbayar atau komersil Anda juga bisa memperoleh VPN gratis.Ini dapat Anda peroleh pada situs VPN gratis seperti Hotspot Shield, TunnelBear, dan Hide.me. Situs-situs tersebut menyediakan VPN yang bisa Anda gunakan pada desktop.Sementara bila Anda menghendaki menggunakan VPN untuk perangkat mobile, aplikasi yang direkomendasikan adalah Tunnel Bear atau Hotspot Shiled.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5,00 out of 5)

Loading...