Hosting untuk RDM dan Cara Menggunakannya

Hosting untuk RDM dan Cara Menggunakannya

Hosting untuk RDM merupakan salah satu terobosan yang dikeluarkan oleh Kementerian Agama untuk mempermudah pencatatan dan publikasi rapor siswa. RDM atau rapor Digital Madrasah akan mempermudah pekerjaan guru untuk pencatatan nilai rapor siswa dengan lebih cepat, akurat dan tepat.

Dengan hosting untuk RDM, para wali murid juga lebih mudah mengakses nilai rapor anak mereka. Tidak seperti jaman dahulu, ketika wali murid harus hadir ke sekolah hanya untuk mengambil rapor anaknya. Kini, wali murid hanya perlu akses untuk masuk ke RDM dan melihat nilai rapor anak mereka.

Kali ini kami akan membahas tentang Rapor Digital Madrasah, baik fiturnya, domain dan cara menginstalnya.

Pengertian dan Fitur Rapor Digital Madrasah

RDM merupakan sebuah aplikasi yang dibuat oleh Kementerian Agama agar mempermudah dan memaksimalkan layanan pendataan nilai rapor siswa. Dengan aplikasi ini, para wali murid dan murid bisa mengakses nilai hasil belajar mereka dengan lebih mudah yaitu secara online.

Tujuan pembuatan aplikasi ini yaitu mewujudkan madrasah yang berbasis digital, dengan pemanfaatan teknologi secara maksimal agar lebih efisien dan efektif. Aplikasi RDM sendiri rupanya ada 3 versi yaitu versi Hosting, VDI dan XAMPP/Installer.

Agar Anda bisa menggunakan aplikasi ini maka Anda membutuhkan hosting untuk RDM dan domain. Tujuannya ialah agar Anda bisa menyimpan file yang berupa nilai siswa dalam jumlah yang banyak di website yang sudah Anda bangun.

Lalu apa saja fitur yang dimiliki aplikasi RDM? Rupanya tidak hanya menyediakan fitur untuk pendataan rapor siswa, RDM juga menawarkan fitur lainnya seperti:

Bank Nilai

Salah satu fitur unggulan yang dimiliki RDM yaitu bank nilai yang digunakan untuk sekolah madrasah dan Kementerian Agama.

Sistem Online

RDM bisa digunakan secara online dengan dukungan hosting. Kemudahan ini diharapkan akan mempermudah para guru dalam mengolah data nilai siswa dimanapun dan kapanpun.

Sistem Paket dan SKS

Fitur lain yang bisa Anda gunakan yaitu adanya sistem paket dan SKS yang akan mempermudah pekerjaan Anda.

Akses Mudah

Aplikasi ini bisa diakses kapan saja, para wali murid juga bisa mengakses rapor anak mereka kapanpun dan tidak ada batasan waktu.

Fleksibel

RDM dibuat dengan tujuan agar lebih fleksibel, artinya semua pengguna bisa memilih Tahun Ajaran dan Semester ketika melakukan input penilaian data siswa.

Kemajuan teknologi membuat berbagai kemudahan, salah satunya dengan hadirnya RDM. Siapa sangka, dahulu setiap pendataan nilai rapor siswa para guru harus menulis buku rapor secara manual tapi sekarang hanya perlu mengetikkan angkanya saja.

Aplikasi RDM mempermudah pendataan nilai siswa agar lebih efisien dan akurat. Bahkan pengguna bisa mengakses kapan saja data-data yang ada di sistem aplikasi RDM.

Cara Install Aplikasi RDM Menggunakan Hosting

Jika Anda tertarik untuk mencoba aplikasi RDM, Anda harus membeli hosting dan domain agar bisa menyimpan data-data di website. Salah satunya dengan menggunakan cPanel. Hosting untuk RDM ini cukup mudah digunakan dan diinstal. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk install RDM menggunakan cPanel.

Sebelum Anda menginstal, download terlebih dahulu file RDM di situs resmi Kemenag. Setelah Anda mendownload, berikut ini beberapa langkah untuk menginstalnya.

Install RDM di Domain Utama

Untuk menginstal RDM menggunakan cPanel, ada beberapa langkah yang bisa Anda ikuti yaitu sebagai berikut:

  • Login cPanel hosting yang Anda miliki
  • Lalu, Anda bisa langsung masuk ke File Manager dan klik ikonnya
  • Setelah masuk ke menu File manager, Anda bisa pilih menu public_html
  • Lalu, Anda bisa langsung upload file RDM yang sudah didownload. Anda bisa memilih menu “Upload”
  • Jika proses upload sudah selesai, tAndanya akan muncul warna hijau. Anda bisa langsung klik “go back to link” yang berada di bawah halaman.
  • Setelah upload file selesai, Anda bisa langsung melakukan extract file zip website RDM. Caranya, klik kanan di file RDMhosting.zip dan extract.
  • Anda perlu memastikan bahwa extract file berada di folder yang ada di folder public_html.
  • Setelah berhasil di extract Anda bisa langsung membuat nama untuk database, username serta passwordnya. Untuk membuat nama database, Anda bisa klik menu “MySQLDatabaseWizard” dan ikuti semua langkah yang tersedia hingga Anda berhasil membuat nama database sesuai yang diinginkan.
  • Selanjutnya, Anda bisa langsung akses nama domain yang sudah Anda buat menggunakan address bar yang ada di browser Setelah itu akan muncul tampilan pengaturan database untuk aplikasi RDM.
  • Ada beberapa form yang nantinya muncul dan harus Anda isi di pengaturan database seperti Hostname, Username Database, Nama Database dan Password Database.
  • Jika Anda sudah melengkapi data diatas, selanjutnya Anda bisa langsung klik install dan tunggu prosesnya selesai.
  • Jika sudah berhasil diinstal, maka akan muncul halaman Registrasi RDM dan bisa diisi oleh NSM Madrasah, Jenis Penilaian Madrasah, Token dan Password yang sebelumnya sudah terdaftar di aplikasi pusat Kemenag.

Instal di Subdomain

Selain menggunakan domain utama, hosting untuk RDM juga dibutuhkan di subdomain. Berikut ini beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Login kembali ke cPanel
  • Lalu masuk ke menu File Manager
  • Pilih menu public_html
  • Selanjutnya, Anda bisa upload file RDMhosting.zip yang sudah Anda buat sebelumnya. Klik tombol upload.
  • Lalu, Anda bisa klik select file agar bisa mencari file RDMhosting.zip
  • Tunggu hingga proses upload selesai dan Anda bisa langsung klik tombol “go back to link”.
  • Setelah itu, Anda bisa extract file dengan cara klik kanan di file RDMhosting.zip.
  • Pastikan extract file berada di satu tempat yang sama dengan public_html/rapor
  • Setelah proses extract berhasil, Anda akan membuat kembali nama database, username serta password. Anda bisa masuk ke menu “MySQLDatabaseWizard”.
  • Anda bisa langsung membuat database baru, termasuk username dan passwordnya. Setelah itu akan muncul menu “All Privileged” dan ceklist semuanya lalu klik Next Step
  • Jika sudah berhasil maka Anda bisa akses nama subdomain yang sudah Anda miliki di address bar. Nantinya akan muncul pengaturan database aplikasi RDM.
  • Ada beberapa form yang harus Anda isi di pengaturan database seperti Hostname, Username, Nama dan Password database.
  • Silakan klik install jika Anda sudah mengisi semuanya.
  • Tunggu hingga proses instalasi selesai dan jika sudah berhasil maka akan muncul halaman registrasi RDM yang bisa Anda isi dengan NSM, Jenis Penilaian, password dan token yang sudah terdaftar secara resmi di RDM pusat Kemenag.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui soal hosting untuk RDM. Beberapa langkah diatas bisa Anda ikuti agar bisa install RDM menggunakan hosting. Anda bisa menyimpan database dalam jumlah yang sangat besar termasuk nilai-nilai siswa dari setiap tahun ajaran.

PenyediaPromoRating
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★★★★★
NiagahosterDomain GRATIS Juli 2024★★★★☆
DomainRacerDiskon 40% & Gratis Domain .COM/.IN★★★☆☆
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★☆☆☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★☆☆☆☆
QwordsFlash Sale Juli 2024 domain murah☆☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Hosting untuk RDM dan Cara Menggunakannya flagcounter