SEO Tools Terbaik Untuk Meningkatkan Traffik Website

SEO Tools Terbaik Untuk Meningkatkan Traffik Website

SEO Tools Terbaik – Seperti yang sudah kita ketahui Google adalah mesin pencari terpopuler yang digunakan oleh hampir semua pengguna internet di dunia. Karena itu sangat penting untuk memastikan website Anda bisa tercantum dalam laman utama search engine tersebut.

Untuk menunjang para pengembang website dalam mengoptimalkan website-websitenya ada beragam tools yang dapat Anda gunakan, dengan sebagian gratis dan beberapa berbayar. Nah, berikut ini rekomendasi tools gratis, efektif, dan user friendly sebagai referensi Anda.

Apa Itu Website?

Website adalah kumpulan halaman yang berhubungan satu dengan lainnya (istilahnya link antar halaman), website bisa dibuka melalui peladen (web browser seperti Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, dsb).

Pada tahun 2021 ini keberadaan website sangat wajib bagi perusahaan, instansi, dan lembaga. Bahkan untuk pengembangan bisnis Anda, saat ini sangat dianjurkan untuk memiliki website agar bisa dijangkau oleh orang dari mana saja. Website adalah media promosi secara gratis yang jangkauannya tidak hanya Indonesia saja, melainkan juga luar negeri.

seo tools terbaik

Rekomendasi tools seo gratis terbaik

Inilah beberapa tools dimaksud untuk menunjang perkembangan website/blog Anda.

Apa Itu SEO?

Bagi pemilik website, muncul pada halaman pertama mesin pencari menjadi dambaan. SEO adalah salah satu poin penting agar website Anda dapat rangking satu, tentunya ada beberapa tahapan agar merajai searchengine.

SEO adalah rangkaian panjang untuk meningkaatkan kualitas serta volume trafik sebuah situs melalui search engine menuju situs web milik Anda, mesin pencari (misalnya Google) mempunyai algoritma yang wajib dipatuhi oleh semua pemilik situs, karena SEO adalah proses rumit bagi Anda yang baru masuk di ruang lingkup ini.

Logikanya, jika website kita menempati urutaan paling atas di google maka akan memperoleh pengunjung yang sangat banyak pula.

1. Keywords everywhere

Tools Keyword Everywhere Chrome Extensionini bermanfaat untuk mencari kata kunci paling popular tidak hanya pada Google tetapi juga You Tube, Amazon, dan sebagainya. Dibandingkan Google Keyword Planner, konon menurut beberapa penguna setianya data yang dihasilkan keywords everywhere lebih lengkap. Ini misalnya kompetisi kata kunci dengan pesaing, cost per click, hingga statistic dasar tentang hasil penelusuran suatu kata dalam jangka waktu sebulan. Meski begitu Anda tetap harus menganalisa data yang muncul agar dapat mengambil keputusan dengan tepat.

2. Ubersuggest

Google memang menyediakan saran untuk hasil pencarian yang berhubungan walaupun hasilnya tak selalu bisa membantu pengguna menemukan data yang diinginkan. Inilah sebabnya Anda disarankan untuk menggunakan Ubersuggest, yaitu tools gratis yang dapat membantu Anda mendapatkan berbagai rekomendasi kata kunci sesuai keyword utama yang diinput.

Dengan Ubersuggest Anda bisa mendapat inspirasi keyword yang menarik untuk berbagai keperluan, mulai dari website marketing, blog, website produk, dan sebagainya.Anda bisa menggunakan tools ini untuk mendapatkan banyak ide dengan keyword menarik, seperti misalnya untuk produk, pemasaran, blog dan masih banyak lagi.

3. MozBar

Tools yang satu ini menyediakan beberapa fitur SEO gratis dan yang paling direkomendasikan bagi Anda adalah Link Metrics. Perangkat ini memperbolehkan Anda untuk menilai tingkat kompetisi suatu kata kunci pada hasil search engine dengan PA (Page Authority), jumlah backlink yang mengarah ke laman Anda, serta Domain Authority (DA).

Dengan begitu Anda akan lebih mudah mengambil keputusan sesuai kesulitan tingkat kompetisi pada suatu kata kunci serta banyaknya backlink berkualitas yang perlu diupayakan untuk memperoleh ranking yang baik pada mesin pencari. Mozbar juga memiliki perangkat untuk melakukan analisa SEO on page serta memberikan evaluasi apakah suatu backlink memang memberikan dampak positif yang signifikan pada laman Anda.

4. Soovle

Fungsi tools ini seperti Ubersuggest, yaitu memberikan pengguna kata-kata kunci yang direkomendasikan. Selain Google, Anda juga mendapatkan saran kata kunci untuk pencarian di Answer.com, Amazon, Yahoo, dan Bing. Pada Answer.com misalnya, Anda mendapat pertanyaan yang biasanya ditanyakan pengguna internet terkait kata kunci utama Anda. Anda juga dimungkinkan untuk mendapatkan informasi dari YouTube tentang apa yang beberapa waktu belakangan ini paling diminati untuk dilihat sesuai kategori topiknya.

5. Screaming Frog

Bila website Anda mempunyai blog atau laman khusus konten artikel, tentu akan lebih banyak jumlah laman yang harus di-tracking serta di-maintain. Inilah yang bisa membuat terjadinya link terputus atau duplikasi laman dengan tak sengaja. Kondisi-kondisi demikian ini bisa membuat ranking website Anda melorot di mata algoritma Google. Untuk mengatasinya Anda bisa menggunakan Sreaming Frog. Perangkat ini akan memberikan informasi jika ada bagian yang harus dioptimalkan serta diperbarui. Setelahnya Anda dapat mengekspor data tersebut dalam spreadsheet.

6. Answer the Public

Perangkat gratis ini sangat disarankan untuk mengetahui pemetaan visualitasi long tail keyword yang berasal dari kata kunci utama pilihan Anda. Tool ini juga bermanfaat untuk menyebarkan konten pemasaran karena kata kuncinya yang berasal dari pertanyaan why, where, when, what, dan who (5 W), perbandingan dengan kata-kata kunci lainnya, dan sebagainya. Jika ingin membuat konten terbaik, Anda juga harus siap dengan munculnya pertanyaan-pertanyaan yang bisa saja diajukan yang mungkin jauh berbeda dari frasa kata kunci utama Anda.

7. Backlink Tools

Checker Backlink adalah alat untuk mengecek backlink yang bermanfaat untuk berbagai keperluan SEO Anda. Ini misalnya untuk semakin mengerti jenis website yang berkaitan dengan website Anda, hingga mempelajari website pesaing. Ini dilakukan dengan membuat daftar yang berisi nama blog sekaligus penulisnya. Tool ini juga bisa membantu Anda memberi data tentang berapa sering suatu website yang berkaitan dengan website Anda terhubung dengan website Anda, teks apa yang mereka terapkan, dan informasi penting lainnya.

8. Google Search Console

Tool yang dirilis oleh Google ini bermanfaat untuk mengendalikan serta memonitor bagaimana Google memandang website Anda. Search console dapat menganalisa asal kunjungan pada website Anda sehingga dapat menunjang untuk memahami pola penelusuran pengguna. Tool ini juga berguna untuk menemukan kesalahan dalam website Anda serta memilih laman yang Anda tidak inginkan untuk muncul pada hasil pencarian search engine.

9. WordStream

Tool WordStream sangat direkomendasikan bagi para pemasar online. WordStream memiliki berbagai jenis fitur yang sangat membantu dalam mengoperasikan marketing online. Fitur utama SEO tools terbaik ini adalah menyeleksi kata kunci sehingga Anda bisa mendapatkan keywords yang tepat agar marketing online yang Anda jalankan memberi hasil positif yang efektif.

Penyeleksian kata kunci oleh WordStream dilakukan sesuai kategori, misalnya travel and tour, entertainment, dan sebagainya. Dengan begitu tool ini juga akan memudahkan Anda menghindari keywords yang mempunyai terlalu banyak makna.

10. KW Finder

Inilah tool gratis yang banyak direkomendasikan para pengembang website berpengalaman. KW Finder dapat mereset keyword sebelum Anda membuat konten serta memperoleh beberapa keywords turunan. KW Finder ini juga memungkinkan Anda mendapatkan informasi berupa tampilan trend pada periode tertentu serta paling actual. Dengan begitu Anda akan dimudahkan untuk mendapat rekomendasi kata-kata kunci yang berada pada ranking teratas search engine.

11. Keywordtool.io

Hampir sama seperti tools pencarian kata kunci di atas, perangkat ini juga dapat mencari keywords yang tidak hanya terdapat pada Google, tetapi juga berbagai platform lainnya, seperti Instagram, Twitter, Playstore, Amazon, Ebay, Blog, dan Youtube. Tersedia pula opsi untuk mengganti lokasi serta bahasa sesuai dengan keinginan Anda.

12. Small SEO Tools

Tool ini sudah sangat popular di kalangan blogger dan internet marketer yang mengandalkan website untuk berbagai aktivitas promosinya. Tools ini dapat digunakan dengan gratis untuk berbagai keperluan. Fitur-fitur yang tersedia antara lain analisa konten website, website manajemen, hingga keyword tracking. Hampir setengah dari tools yang Anda perlukan untuk melakukan optimasi SEO pada website Anda dapat dipenuhi oleh Small SEO Tools. Jadi tak perlu ragu untuk mencoba.

13. Plagiarism Checker

Fitur ini juga merupakan bagian dari Small SEO Tools yang berfungsi untuk menilai tingkat plagiasi suatu website. Fitur ini sangat penting mengingat algoritma Google sangat sensitive terhadap tindakan plagiasi dan copy paste baik sebagian atau keseluruhan konten. Meski demikian bisa saja plagiasi terjadi tanpa sengaja, misalnya karena lupa menghilangkan teks-teks yang tak dapat dimodifikasi atau sejenisnya. Untuk itu Anda direkomendasikan mengecek kualitas konten dengan fitur ini untuk mengantisipasi adanya plagiasi.

Itulah ulasan tentang SEO tools terbaik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program SEO Tools Terbaik Untuk Meningkatkan Traffik Website