VPS Hosting Indonesia Terbaik

Apakah Anda berniat membangun website untuk mendukung bisnis Anda?Atau mungkin ingin menjadi blogger yang sukses mendulang pendapatan dari website Anda? Bila demikian ketahui dulu apa saja hal-hal teknis yang dibutuhkan untuk itu. Salah satunya adalah mengenal tentang VPS, termasuk manfaat dan peranannya untuk website Anda.

Apa itu VPS?

VPS Hosting Indonesia Terbaik Agustus 2020

VPS Hosting Indonesia Terbaik Agustus 2020

VPS hosting atau VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server yang berfungsi untuk membuat suatu website menjadi online atau dapat diakses secara luas di dunia maya. VPS hosting merupakan salah satu layanan web hosting yang cukup diminati. VPS adalah jenis hosting yang memanfaatkan teknologi virtualisasi dengan dedicated resource pada server walaupun dipakai oleh lebih dari seorang user.

Dapat dibilang VPS hosting adalah alternative yang lebih stabil dan aman bila dibandingkan shared hosting. Yang terakhir ini dipilih biasanya karena harganya lebih murah bila dibandingkan VPS hosting dimana user harus membeli atau menyewa seluruh ruang server.

Umumnya VPS hosting menjadi pilihan para blogger atau pemilih website yang situsnya telah memiliki jumlah kunjungan atau traffic yang cukup tinggi. Bila jumlah traffic melebihi batas pemakaian yang direkomendasikan, hal ini bisa menyebabkan overload.

10 Rekomendasi VPS Hosting Terbaik Indonesia

Logo
Fitur
Biaya
Rating
Buka
1 idcloudhost
  • Unlimited Space
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Domain
  • Unlimited Email
  • Uptime 100%
Rp. 170.000,- /tahun
2
  • Unlimited Space
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Domain
  • Unlimited Email
  • Uptime 99,7%
Rp. 300.000,- /tahun
3 review qwords
  • Unlimited Space
  • Unlimited Bandwidth
  • Unlimited Domain
  • Unlimited Email
  • Uptime 100%
Rp. 238.000,-/tahun
4
  • 750 MB space
  • Unlimited Bandwidth
  • 5 website
  • Unlimited email
Rp. 198.000,- /tahun

Memilih VPS Hosting yang tepat untuk website Anda

Melihat fungsinya Anda tentu setuju kalau VPS adalah komponen penunjang yang paling penting dari website Anda. Memang tak mudah memilih layanan VPS, karena itu Anda harus rela sedikit menghabiskan waktu untuk survey berbagai layanan VPS yang ditawarkan oleh jasa penyedia. Beberapa poin berikut bisa menjadi panduan Anda.

Mengetahui kebutuhan website

Sebelum mulai berburu VPS yang berkualitas cobalah Anda pikirkan dahulu kira-kira website seperti apa yang ingin Anda buat. VPS yang digunakan untuk website profil perusahaan tentunya berbeda dengan VPS untuk online shop atau keperluan e commerce. Yang membedakan adalah space serta bandwithnya. Kedua hal tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan saat membeli VPS berkualitas dan yang paling penting sesuai dengan kebutuhan.

Teknologi

Pilihlah VPS yang menerapkan teknologi terbaru sehingga website Anda tak ketinggalan zaman. Selain itu Anda juga lebih mudah mengelola website Anda untuk berbagai keperluan. Paling tidak pilihlah VPS yang menyematkan fitur untuk monitoring Inode, Disk Space, RAM, dan CPU.Sekali pun website yang dibangun hanya untuk profil perusahaan tapi tetap jadikan kriteria penggunaan teknologi terbaru dalam memilih VPS Anda.

Traffic

Contohnya demikian, blog atau website dengan jumlah pengakses lebih dari 2000 orang setiap harinya tentu mustahil bila hanya memerlukan memori sebesar 256. Jadi ketahui terlebih dahulu website Anda nantinya akan diproyeksikan untuk apa sehingga perangkat lunak penunjangnya juga harus sanggup memenuhi kebutuhan Anda.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli VPS, jangan ragu untuk berkonsultasi menggunakan fitur layanan pelanggan yang tersedia. Hanya dengan begitu Anda bisa mendapatkan informasi detail tentang layanan yang ingin Anda peroleh.

Hardware

Salah satu komponen terpenting dalam mendukung keberadaan layanan yang sempurna adalah hardware yang mumpuni. Dengan hardware yang memadai kinerja VPS akan semakin mantap. Jenis hardware yang banyak direkomendasikan salah satunya adalah server canggih SUPERMICRO, SSD storage, prosesor yang digunakan, serta kapasitas memori yang besar. Itulah beberapa poin yang penting untuk dipertimbangkan sebelum membeli layanan VPS pada provider web hosting.

Fasilitas backup

Satu lagi fitur wajib yang harus ada pada layanan VPS pilihan Anda adalah fasilitas back up data. Sebaiknya memang memilih penyedia layanan VPS dengan fasilitas tersebut untuk memudahkan Anda mengoptimalkan kinerja website, terutama pada situs-situs bisnis atau e commerce.

Support system

Perhatikan apakah VPS incaran Anda telah lengkap dengan fasilitas pendukung terbaik. Anda memerlukan jaminan bahwa perusahaan tempat Anda mempercayakan kinerja website menyediakan layanan customer support selama 24 jam sehari dari 7 hari seminggu. Perlu disadari bahwa kita tak akan pernah tahu kapan kendala teknis akan terjadi. Pada kondisi demikian ini tentu Anda menghendaki mendapatkan solusi dalam waktu singkat dari penyedia layanan.

Cukup sering terjadi situs atau web system yang telah terinstal pada VPS tak dapat bekerja dengan baik. Seandainya Anda telanjur memilih layanan unmanaged atau penyedia layanan tak menjamin dukungan teknis, tapi tetap tak ada salahnya berusaha meminta bantuan.

Bila Anda belum bisa memastikan apakah perusahaan incaran Anda sanggup memberikan layanan tersebut, cobalah menghubungi customer service. Perhatikan bagaimana cara CS berkomunikasi dengan calon konsumen seperti Anda. Cermati apakah pertanyaan Anda direspon dalam waktu cukup cepat atau tidak.Hal ini bisa menjadi penilaian apakah Anda ingin menerima tawaran VPS dari perusahaan terkait atau tidak.

Keamanan data

Selain dari segi insfrastruktur penunjang serta customer support saja, keamanan data secara optimal seharusnya juga menjadi kriteria penilaian.Walaupun penyedia layanan mampu menjanjikan infrastruktur yang canggih ditambah support system mumpuni, tetapi semua itu tak ada artinya bila proteksi untuk data Anda lemah.

Siapa pun yang berniat membangun sebuah website dan membutuhkan layanan VPS, membutuhkan cloud VPS yang benar-benar aman. Hal ini dapat dilakukan dengan memisahkan antara sebuah layanan virtual server dengan yang lain. Jangan lupa memastikan fitur tersebut sebelum telanjur membeli VPS kepada customer support.

Penyimpanan

Secara umum terdapat dua jenis penyimpanan yang ditawarkan oleh penyedia layanan, yaitu solid state drive atau SSD dan hard disk. Bila pertimbangan Anda adalah harga, Penyimpanan dengan hard disk memang lebih murah, tetapi kinerja VPS akan lebih optimal dengan SSD. Alasannya SSD mempunyai kecepatan yang lebih baik bila dibandingkan system konvensional. Selain itu menggunakan SSD juga bisa mengantisipasi terjadi kendala kegagalan power yang dapat berdampak pada media penyimpanan.

Harga

Tentu saja dari perspektif user menginginkan kualitas yang sebaik mungkin untuk websitenya namun dengan harga seminim mungkin.VPS yang ditawarkan dengan harga hemat belum tentu tidak dapat memberikan layanan yang positif, dan sebaliknya, harga yang mahal juga bukan jaminan bahwa layanan tersebut berkualitas. Yang paling penting adalah menilai apakah harga yang Anda bayar memang sepadan dengan layanan yang Anda peroleh.

Akan lebih bijaksana bila memilih VPS local yang tak hanya gencar menawarkan harga yang murah, tapi juga berani menjanjikan layanan terbaik serta produk berkualitas.

Term of service

Pelajari kebijakan perusahaan dalam menyediakan layanan VPS pada penyedia web hosting. Ini untuk mengantisipasi kekecewaan di ujungnya nanti jika tiba-tiba layanan dihentikan karena Anda melanggar term of service. Contohnya tentang kebijakan yang diberlakukan oleh beberapa perusahaan yang melarang layanannya digunakan untuk konten-konten asusila, perjudian, atau pelanggaran hak cipta. Bila mengetahui tindak demikian ini, perusahaan berhak menghapus atau melakukan suspend VPS bahkan tanpa memberi tahun klien.

Semoga informasi ini bisa menjadi referensi terbaik dalam memilih VPS hosting untuk website Anda!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4,33 out of 5)

Loading...