VPN Extension Chrome dan Cara Memilih Layanannya

Apakah Anda pernah ingin membuka suatu situs atau link tertentu yang ada di internet namun kemudian yang ada di hadapan Anda adalah pemblokiran atau link tidak bisa dibuka? Hal ini cenderung menjadi akhir bagi users dan mereka mencoba memikirkan cara lain membuka link yang terblokir menggunakan VPN extension Chrome. Namun apakah yang dimaksudnya dengan VPN tersebut? Bagaimana cara mendapatkannya VPN serta menggunakannya pada link yang terblokir?

VPN Extension Chrome

Apa Itu VPN Extention Chrome?

Google Chrome merupakan salah satu browser yang sering digunakan oleh users atau pengguna internet selain Mozilla Firefox. Namun, keamanan yang ketat atau isu tertentu sering membuat link yang Anda ingin buka itu terblokir. Anda bisa membuka semua situs yang terblokir di dalam negeri, perusahaan maupun sekolah menggunakan VPN Extention Chrome. Ada yang gratis namun ada yang berbayar tapi semua biasanya didesain sangat mudah untuk digunakan mengingat sebagian besar pengguna internet itu orang awam.

Memilih VPN extension yang baik juga bisa mengamankan aktivitas browser yang dilakukan dengan menggunakan enkripsi grade militer yang aman sembari Anda juga menggunakan hotspot atau wifi umum, network perusahaan maupun network sekola. Disini VPN bisa menawarkan keamanan Wi-Fi tinggi tinggi dan juga privasi online untuk users. Saat ini sudah lebih dari 100 server yang tersebar di seluruh dunia dan VPN akan memberikan Anda ijin akses konten apapun yang tidak tersedia di negara Anda, perusahaan atau tempat tertentu.

Disini Anda hanya perlu untuk mengubah lokasi Anda, kemudian enkrip koneksi Anda dan ubah alamat IP yang Anda miliki. Apakah melakukannya sangat sulit? Kenyataannya adalah tidak membutuhkan pengetahuan khusus dan Anda tidak harus bersekolah di bidang pemrograman untuk dapat menggunakannya. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi ekstensi yang dapat diunduh dan Anda hanya perlu membuat akun dan selesai. Anda bisa mencoba untuk mengubah lokasi melawan trackers online.

Fitur Serta Ketentuan VPN Extension Chrome

Selain itu, VPN extension Chrome juga bisa mencegah situs untuk mengumpulkan informasi personal atau pribadi milik Anda. Biasanya mayoritas aplikasi VPN atau software VPN yang gratis itu dilengkapi dengan beberapa macam fasilitas atau fitur antara lain:

  1. VPN server gratis 100% dan juga unlimited atau tidak terbatas
  2. Tidak ada bandwidth atau limit kecepatan
  3. Enkripsi dengan level militer dan kecepatannya adalah 4096 bit

Namun untuk mengunduh software atau aplikasi VPN extension yang gratis ini biasanya diperlukan ijin tertentu dan juga ketentuan yang harus dilakukan oleh users atau pengguna antara lain:

  • Storage

Ini diperlukan untuk dapat menyimpan file atau data konfigurasi dan juga extensi terkini

  • Proxy

Ijin ini diperlukan untuk membuat aplikasi VPN bisa menembus traffic dari server yang ada di negara lain dan membuka situs yang terblokir di area Anda.

  • Notification

Ini akan membuat pengguna selalu mendapatkan informasi apakah koneksi VPN berhasil atau tidak. Selain itu, fitur ini nantinya juga akan memberikan notif kapan VPN diskonek dari servernya.

  • AllHosts, WebRequestBlocking dan Webrequest

Aplikasi VPN akan mengecek setiap permintaan web dan menggunakan fitur Proxy-Authorization untuk mengotorisasi akses Anda menuju server proxy. Ini juga membantu pengguna untuk mendeteksi koneksi yang error, memberikan peringatan pada pengguna dan memastikan pengguna mendapatkan pengalaman yang baik selama menggunakannya.

  • Tabs

Untuk membuka fitur bantuan atau support dan extension yang memiliki hubungan dengan website dan populasi konten di dalamnya. Selain itu, ini fungsinya adalah untuk memastikan support premium untuk pengguna dan membantu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan extension atau perpanjangan lebih cepat. Selain itu, ini juga membantu untuk mendeteksi koneksi tab mana yang error. Pendeteksi kesalahan itu akan memberikan informasi untuk Anda dan memastikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

  • Manajemen

Untuk mendeteksi perpanjangan atau extension yang mungkin berpengaruh pada penggunaan aplikasi ini dan memberikan peringatan pada users. Ini tidak akan memutus atau menyambung extension Anda. Ini hanya akan memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna dengan menginformasikan kepada mereka.

Faktor Penting Saat Memilih VPN Extension Chrome

Menemukan layanan VPN extension Chrome ini tidak mudah. Ketika Anda melakukan pencarian yang cepat di internet, maka Anda akan mendapatkan hasil yang banyak, bukan hanya belasan atau puluhan melainkan ratusan. Namun sebagian ekstensi VPN untuk Chrome ini memiliki niat buruk atau menipu dan bisa pula mencuri data yang Anda miliki khususnya data pribadi. Dengan kata lain, sedikit sulit untuk dapat tahu mana VPN yang benar-benar aman, sangat terpercaya dan juga mudah untuk Anda gunakan.

Tentu untuk mendapatkan yang terbaik, maka dibutuhkan pengujian dan juga penelitian lebih lanjut sehingga tidak akan kecewa dan justru terjebak pada hal yang buruk yang merugikan diri sendiri. Banyak hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih layanan VPN untuk Chrome ini seperti faktor kecepatannya, apakah layanan ini dapat diandalkan atau tidak sekaligus faktor keamanan untuk dapat memastikan bahwa seluruh penyedia layanan yang direkomendasikan itu benar-benar tidak mengecewakan penggunanya.

Cobalah untuk fokus pada faktor tertentu ketika Anda memilih VPN extension untuk Google Chrome dan berikut ini adalah fitur penting atau kunci yang harus diperhatikan antara lain:

Kompatibilitas

Cobalah Anda menanyakan dan mencari tahu sendiri apakah VPN yang Anda temukan itu benar-benar memiliki ekstensi di dalamnya dan apakah menggunakan VPN ini mudah bahkan untuk mereka yang tidak punya pengalaman di bidang komputer atau masih awam.

Keamanan atau sekuriti

Cobalah tanyakan dan cari tahu apakah VPN extension yang Anda gunakan itu sudah ada ekripsi yang tingkat militer atau tidak demi untuk menjaga dengan baik seluruh data pribadi yang Anda miliki atau hanya ada enkripsi yang biasa saja. Cari tahu juga apakah ada faktor keamanan tambahan yang lainnya termasuk juga dengan apakah log data milik Anda itu akan disimpan atau tidak.

Reliabilitas atau keandalan

Apakah pengguna nantinya terhubung begitu mudah walaupun pilihan server yang dimiliki hanya sedikit? Cari tahu juga mengenai batasan kuota dari datanya untuk mencegah pengguna melakukan download, streaming maupun browsing sebanyak yang diinginkan.

Customer Support

Cari tahu pula apakah VPN yang Anda pilih ini memiliki CS yang gratis untuk mempermudah dan juga memberikan pengalaman terbaik atau tidak. Pastikan jika pengguna ingin menghubungkan VPN ini pada negara tertentu, maka cobalah untuk memastikan jika VPN yang dipilih punya server yang letaknya di negara itu juga.

Cukup banyak VPN extension Chrome gratis yang ditemukan di internet namun kebanyakan dari mereka tentu masih belum cukup aman untuk dapat menjaga seluruh keamanan data pribadi yang Anda miliki. Biasanya ada sebagian dari mereka yang mencoba untuk menggunakan lokasi sesungguhnya Anda untuk dibagikan pada pengiklan guna memperoleh pendapatan. Namun sebagian lainnya mungkin adalah hacker atau bisa juga pengintai yang kapanpun dapat mencuri data Anda sehingga harus selalu hati-hati.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar