Kompres PDF Online Maupun Offline Dengan Sangat Mudah

Kompres PDF Online Maupun Offline Dengan Sangat Mudah

Bukan hanya Microsoft Word saja, file dalam bentul PDF (Portable Document Format) juga sering digunakan untuk berbagaimacam keperluan. Misalnya seperti untuk membuat surat lamaran kerja, invoice, curriculum vitae, dan keperluan administrasi yang lain. Jika ukuran file tersebut terlalu besar Anda bisa melakukan kompres PDF online agar ukurannya lebih kecil.

Bagi beberapa perusahaan pun lebih sering menggunakan format PDF, namun dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Bisa jadi hal tersebut dilakukan agar ruang penyimpanan dari perangkat yang perusahaan tersebut gunakan tidak cepat penuh. Nah, bagaimanakah cara melakukan kompres file PDF? Ada banyak cara baik online maupun ofline yang bisa Anda lakukan, simak ulasannya di artikel ini.

Kompres PDF Online

Bagaimana Cara Kompres PDF Online dan Offline

File PDF bisa di kompres melalui dua metode yakni secara online dengan cara mengunjungi situs atau website seperti smallpdf, iLovePDF, PDF Compressor, dan masih banyak lagi. Sedangkan jika Anda ignin melakukannya secara offline maka harus ada software yang di instal terlebih dahulu yakni seperti Photoshop, atau Anda juga bisa menggunakan software bawaan seperti Microsoft Word.

Cara Kompres PDF Offline

Kompres PDF secara offline memang harus menginstal aplikasi tambahan terlebih dahulu, atau menggunakan software bawaan laptop seperti Microsoft Word. Namun kelebihannya ialah Anda tidak membutuhkan akses internet dan terkesan lebih simpel.

Menggunakan Microsoft Word

Software yang satu ini lebih identik sebagai pengelola kata dengan file jenis doc. Namun sebetulnya software MS. Word juga bisa Anda gunakan untuk mengkompres ukuran file PDF. Meskipun demikian tidak semua versi MS. Word bisa digunakan untuk mengkompres. Hanya untuk MS. Words versi 2013 ke atas saja yang bisa digunakan, dan inilah caranya.

  1. Buka file PDF yang akan Anda kompres dari software Microsoft Word.
  2. Jika file PDF sudah berada di Microsoft Word silahkan klik file yang ada di pojok atas dan pilih save kemudian save as, dan pada tipe penyimpanan silahkan pilih PDF.
  3. Selanjutnya pada bagian bawah silahkan Anda pilih “Minumum size”.
  4. Langkah terakhir silahkan klik save, maka secara otomatis file PDF tersebut ukurannya akan berubah lebih kecil.

Sangat mudah dan cepat bukan? Anda hanya membutuhkan waktu beberapa menit saja untuk melakukan proses kompres. Sebagai saran sebaiknya ubah nama file hasil kompres yang tadi pada sebelum memilih menu penyimpanan atau save.

Menggunakan Software Photoshop

Menggunakan Photoshop ialah solusi bagi Anda yang ingin mengkompres ukuran file PDF secara offline namun tidak memiliki MS. Word versi di atas 2013. Download dan instal terlebih dahulu Photoshop, dan ikuti langkah-langkah seperti di bawah ini.

  1. Pertama silahkan buka Photoshop terlebih dahulu kemudian pilih menu file dan open.
  2. Pilih file PDF yang ingin di kompres, jika sukses maka file tersebut secara otomatis sudah berada di halaman Photoshop.
  3. Jika jumlah halaman file PDF lebih dari satu silahkan pilih semuanya terlebih dahulu.
  4. Kemudian silahkan Anda ubah resolusi file tersebut menjadi lebih kecil dan klik tombol Ok.
  5. Proses akhir silahkan simpan file PDF tersebut dengan cari klik tombol file dibagian pojok atas, klik menu Automate kemudian pilih PDF Presentation, lalu centang Add Open Files dan klik Save.

Dari kedua cara di atas yakni baik menggunakan MS. Word maupun Photoshop memang sama-sama mudah dan juga tidak membutuhkan akses internet. Namun sayangnya Anda akan merasa kesulitan jika tidak membawa laptop atau sedang berada di depan PC.

Cara Kompres PDF Online

Cara ini biasanya digunakan jika file PDF tersimpan di smartphone, atau jika laptop maupun PC yang digunakan tidak mendukung untuk melakukan prose kompres PDF secara offline. Kelebihan yang paling utama dari kompres PDF online ialah bisa dilakukan dimana saja, dan bisa digunakan tanpa harus membuka laptop. Asalkan memiliki smartphone dan akses internet, untuk situs kompres PDF online yang bisa Anda kunjungi ialah seperti berikut ini.

Smallpdf.com

Ini merupakan situs kompres PDF online yang sangat mudah digunakan. Selain untuk mengecilkan ukuran file PDF, smallpdf.com juga bisa digunakan untuk merubah file PDF ke Word, edit file PDF, merubah file PDF ke JPG, dan lainnya. Nah, untuk merubah ukuran file PDF prosesnya ialah seperti berikut ini.

  1. Setelah membuka situs smallpdf.com silahkan scroll ke bawah dan klik menu compress PDF.
  2. Kemudian klik tombol choose files dan pilih file PDF yang ingin diperkecil ukurannya.
  3. Tunggu hingga proses uploading selesai, jika sudah silahkan pilih basic compression dan klik tombol compress.
  4. Jika sudah selesai maka akan muncul tombol download, silahkan Anda klik maka secara otomatis file PDF yang ukurannya sudah diperkecil akan tersimpan di perangkat yang digunakan.

Ilovepdf.com

Untuk fitur yang lebih lengkap Anda bisa mencoba mengunjungi situs yang satu ini. Bukan hanya digunakan sebagai kompres PDF online saja, ilovepdf.com juga bisa diandalkan untuk mengedit, memisahkan halam pada file PDF, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menggunakan ilovepdf.com untuk mengecilkan ukuran file PDF, simak tutorialnya di bawah ini.

  1. Kunjungi sius ilovepdf.com kemudian pilih menu compress PDF.
  2. Klik tombil select PDF file dan pilih file PDF yang akan dirubah ukurannya.
  3. Klik tombol compress PDF dan tunggu hingga proses selesai.
  4. Jika berhasil maka secara otomatis file PDF tersebut secara otomatis tersimpan di perangkat yang Anda gunakan.

Pdfcompressor.com

Pilihan terakhir yang bisa Anda gunakan selain dua situs di atas ialah pdfcompressor.com, hampir sama dengan smallpdf dan ilovepdf situs untuk kompres pdf online ini juga memiliki banyak menu lain yang bisa Anda manfaatkan. Agar lebih mudah digunakan Anda juga bisa merubah bahasa dari situs ini ke bahasa Indonesia. Sedangkan untuk proses kompres file PDF ialah sebagai berikut.

  1. Jika sudah berada di halaman utama website pdfcompressor.com, silahkan Anda klik upload files.
  2. Silahkan pilih file PDF yang ingin di kompres. Jika sudah tunggu sebentar hingga proses upload mencapai 100%.
  3. Kemudian akan muncul hasil seberapa persen file tersebut diperkecil dan tombol download.
  4. Proses terakhir silahkan Anda klik tombol download dan file PDF pun akan otomatis tersimpan.

Kini Anda mungkin sudah tidak memiliki masalah lagi dengan seberapa besar ukuran file PDF. Sebab Anda sudah mengetahui betapa mudahnya melakukan proses kompres PDF online maupun offline. Adapun jika ingin memperkecil ukuran file PDF menggunakan smartphone secara online, caranya juga tidak terlalu beda jauh dengan menggunakan laptop atau PC, hanya tampilannya saja yang sedikit berbeda.

Selamat mencoba dan semoga informasi atau tutorial ini bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Kompres PDF Online Maupun Offline Dengan Sangat Mudah flagcounter