Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Praktis

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Praktis

Sebenarnya, mengubah file Word atau Excel ke PDF adalah salah satu cara memperkecil ukuran file. Namun adakalanya, format PDF yang berisi gambar (apalagi dari gambar resolusi tinggi), tetap saja memiliki ukuran besar, sehingga sulit dikirim melalui email, apalagi media sosial seperti WhatsApp. PDF adalah salah satu format dokumen yang lazim digunakan, terutama di perkantoran. Namun, jika ukurannya terlalu besar, maka file sulit di-upload maupun di-download. Nah, bagaimana cara memperkecil ukuran file PDF?

Seperti dibahas di atas, banyaknya isi dokumen terkadang membuat file PDF terlalu besar, sehingga memakan banyak ruang penyimpanan. Mengubah file ke PDF diperlukan untuk beberapa alasan. Isi file PDF tidak bisa diedit atau diutak-atik oleh penggunanya. Jadi, jika informasi atau dokumen tersebut dirancang untuk diakses oleh publik, maka sebaiknya dibakukan dalam bentuk PDF, jika aman dari tangan-tangan jahil.

File PDF ditemukan di semua industri, semua jenis usaha, organisasi (baik swasta maupun pemerintah), dan bahkan di masyarakat umum. Jika anda memiliki website dan ingin mempersembahkan e-book kepada pengunjung setia, maka sebaiknya gunakan format PDF, agar isi e-book tetap utuh dan kapasitas file-nya lebih mudah diunggah maupun diunduh oleh pengguna.

Isi file dalam format PDF juga tidak akan berubah meskipun dikirim ke berbagai jenis hardware dan software. Namun, jika ternyata file PDF yang akan anda unggah terlalu besar, maka sebaiknya gunakan cara memperkecil ukuran file PDF berikut. Secara umum, ada 2 cara yang bisa anda gunakan, yakni secara online dan secara offline.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Online

Sebenarnya, ada sejumlah aplikasi berbasis web yang bisa anda gunakan sebagai cara memperkecil ukuran file PDF. Tingkat reduksi ukuran file bervariasi, mulai dari 20% hingga 50%, atau bahkan lebih. Berikut adalah beberapa opsi aplikasi yang bisa anda gunakan:

SmallPDF

Aplikasi ini cukup populer karena cara kerjanya sederhana dan bisa digunakan tanpa harus download terlebih dahulu. SmallPDF hadir dengan serangkaian fitur menarik, namun mudah digunakan. Selain konversi file ke PDF, anda bisa menggabung, split (memisah), maupun memperkecil ukuran file (compress). Cara Memperkecil Ukuran

File PDF Melalui Situs SmallPDF:

  • Masuk ke halaman web SmallPDF
  • Pilih menu Mengompres PDF
  • Letakkan PDF dengan cara Pilih File
  • Setelah itu, nantinya muncul pop-up window serta cari file PDF yang hendak dikompres, pilih Open
  • Tunggu sampai file PDF selesai diupload
  • Kemudian Pilihlah Kompresi Dasar beserta ukuran file PDF sedang dengankualitas tinggi
  • Klik Pilih Opsi
  • Tunggu sampai file PDF selesai dikompres
  • Klik Unduh.

Ilovepdf

Aplikasi gratis ini bisa membantu anda mengelola file sesuai kebutuhan, juga tanpa harus melalui proses unduh. Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah bisa memperkecil ukuran file secara signifikan, sehingga anda bisa mendapatkan ukuran file yang dibutuhkan. Berikut adalah cara memperkecil ukuran file PDF melalui Ilovepdf:

  • Masuk ke halaman web ilovepdf
  • Pilih menu Kompres PDF
  • Kemudian lakukan kompres file PDF dengan cara Pilih File PDF
  • Selanjutnya akan ditampilkan pop-up window serta cari file PDF yang hendak dikompres, lalu pilih Open
  • Setelah itu, pilih terlebih dahulu tingkat kompresi yang disarankan, kemudian klik kompres PDF
  • Tunggu sampai file PDF selesai dikompres
  • Nah, setelah PDF sudah berhasil dikompres, terakhir klik unduh PDF yang dikompres.

Perlu diketahui juga bahwa memperkecil file secara offline berarti membutuhkan jaringan internet. Keberhasilan dan lamanya proses kompres file bergantung pada kualitas jaringan anda. Jika koneksi tidak baik, bisa saja proses kompress file gagal. Selain itu, pastikan bahwa aplikasi yang anda gunakan benar-benar gratis, bukan versi trial alias percobaan.

Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Offline

Selain secara online, memperkecil file PDF juga dapat dilakukan secara offline. Akan tetapi, sebelum melakukannya, Anda diahruskan menginstal perangkat lunak yang memiliki fitur kompres PDF terlebih dahulu. Jika Anda sudah memilikinya, Anda dapat langsung menggunakan software tersebut. Berikut adalah beberapa pilihan aplikasi offline yang bisa anda gunakan:

Microsoft Word

Anda pastinya memiliki aplikasi Microsoft Word di PC atau laptop, bukan? Ternyata, aplikasi yang sangat umum ini bisa digunakan untuk memperkecil ukuran file. Sebenarnya, MS Word tidak digunakan untuk memperkecil file PDF yang sudah jadi. Namun, aplikasi ini digunakan untuk mengubah file Word ke PDF dengan ukuran yang minimum.

Cara Memperkecil Ukuran PDF Menggunakan Microsoft Word:

  • Pada aplikasi Microsoft Word, klik Save As dokumen word,
  • Dibawah Save As Type, pilih PDF
  • Pilih Minimum Size
  • Klik Options
  • Terakhir, memastikan bahwa “ISO 19005-1 compliant (PDF/A)” serta “Bitmap text when fonts may not be embedded” tidak dalam keadaan dicentang.

Nitro PDF

Nitro PDF Professional merupakan software yang dapat Anda gunakan untuk mengolah file PDF, seperti membuat, mengedit, melihat atau menggabungkan file PDF. Nitro PDF juga akan sangat membantu jika anda ingin mengurangi ukuran file PDF yang sudah dibuat. Berikut adalah cara memperkecil ukuran PDF menggunakan Nitro PDF:

  • Buka aplikasi Nitro PDF Pro,
  • Buka file PDF yang akan dikompres,
  • Klik File > Print,
  • Pilih Nitro PDF Creator dari daftar printer,
  • Sebelum ke tahap akhir, klik tombol Properties and pilih Web-ready Conversion Quality terlebih dahulu,
  • Klik OK.

WPS PDF

Kelebihan aplikasi WPS PDF adalah tingkat reduksi ukuran file yang sangat tinggi. Anda bahkan bisa memperkecil ukuran file PDF menjadi 300 KB! Aplikasi ini bisa anda download dan pasang di ponsel berbasis android. Berbeda dengan aplikasi lain yang dibahas di atas, WPS PDF harus didownload terlebih dahulu di ponsel anda. Setelah terpasang, barulah anda bisa menggunakannya untuk mengolah file PDF, termasuk memperkecilnya. File versi kecilnya akan otomatis tersimpan di ponsel. Salah satu kelemahan dari aplikasi ini adalah anda harus menyiapkan ruang penyimpanan di ponsel.

Dengan cara memperkecil ukuran file PDF yang telah dibahas di atas, Anda dapat menghemat ruang penyimpanan pada perangkat dan mempermudah proses upload dokumen ke berbagai aplikasi atau mengirim melalui media sosial. Meski demikian, anda harus mengetahui bahwa memperkecil ukuran file berarti memperkecil resolusinya. Bisa jadi, tulisan maupun gambar di naskah yang sudah dikompres menjadi pecah atau sulit dibaca.

Jadi, kalaupun anda ingin memperkecil ukuran file, sebaiknya sesuaikan dengan kebutuhan saja. Jangan sampai informasi yang anda sajikan di dokumen PDF tersebut justru tidak sampai karena pembaca tidak bisa melihatnya dengan jelas. Ukuran file yang kecil memang lebih mudah dikirim lintas platform maupun diupload ke website. Hal ini dianjurkan jika file aslinya memang cukup jelas. Jadi, ketika diperkecil nantinya, isi dokumen tetap bisa dibaca dengan mudah.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Cara Memperkecil Ukuran File PDF Secara Praktis