Tips Memilih dan Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik

Tips Memilih dan Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik

Saat ini, transaksi cashless atau tanpa uang tunai menjadi semakin marak. Tidak hanya menggunakan metode kartu debit, tidak sedikit pula nasabah bank menjatuhkan pilihan pada sejumlah kartu kredit terbaik dengan berbagai kemudahan yang dimilikinya.

Syarat Mendapatkan Kartu Kredit

Sebelum memilih dan mengajukan kepemilikan dari sebuah kartu kredit, sudah pasti ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Meskipun ada banyak bank menawarkan berbagai keunggulan dari karti kredit tersebut, ada baiknya jika Anda memenuhi beberapa syarat dan tips berikut sehingga pada akhirnya tidak akan menjadi kendala.

1. Cermati persyaratan pembuatan kartu kredit

Ada beberapa syarat yang tentu saja harus Anda penuhi sebelum memutuskan untuk memiliki kartu kredit terbaik. Hal-hal ini bahkan sudah diatur sedemikian rupa dalam ketentuan Bank Indonesia. Adapun syarat yang dimaksud di antaranya:

  • Pemegang kartu kredit utama harus sudah berusia 21 tahun. Atau, bisa juga bagi yang sudah menikah. Sementara itu, pemegang kartu kredit tambahan harus berumur minimal 17 tahun
  • Pemilik kartu kredit harus memiliki penghasilan per bulan minimum 3 juta rupiah. Hal ini juga dibuktikan dengan adanya bukti penghasilan. Syarat ini dipakai karena penerbit kartu kredit perlu mengukur kemampuan pemilik kartu kredit dalam membayar cicilan ke depannya.
  • Satu pemegang kartu kredit maksimal mendapatkan fasilitas kartu kredit dari 2 penerbit berbeda.
  • Jumlah plafon kredit yang diberikan adalah 3 kali penghasilan bulanan pemegang kartu kredit.
  • Bagi yang mempunyai penghasilan di atas 10 juta rupiah per bulan, tidak ada pengaturan khusus, namun dikembalikan pada bank penerbit kartu kredit terbaik supaya disesuaikan dengan masing-masing risk appetite.

2. Memahami biaya yang dikenakan

Sebelum mempunyai kartu kredit, tentunya Anda juga perlu mempertimbangkan sejumlah biaya yang akan dikenakan nantinya. Adapun biaya yang seringkali ditagihkan yakni seperti iuran tahunan, biaya administrasi, bunga, dan sebagainya.

Jika Anda memang lebih senang menggunakan kartu kredit sebagai pengganti uang tunai dalam berbelanja dan bermaksud segera melunasi tagihan kartu kredit setiap bulan, maka kartu kredit dengan suku bunga tinggi bisa menjadi pilihan yang cocok.

Kendati suku bunga tinggi, namun kartu kredit jenis ini biasanya akan menawarkan nilai tambah yang cukup menguntungkan seperti bebas biaya tahunan, adanya cashback dan poin reward, hingga diskon dalam jumlah tertentu.

Dengan begitu, pastikan juga apakah riwayat keuangan kita masih akan aman ketika menggunakan kartu kredit nantinya. Pada saat pertama kali membuat kartu kredit terbaik, pihak bank akan cermat memeriksa kondisi keuangan nasabah. Jika kondisi keuangan tidak baik, tentu saja hal ini akan berpengaruh terhadap diterima atau tidaknya pengajuan kartu kredit.

Sebagai informasi tambahan, beberapa penerbit kartu kredit tidak jarang akan memunculkan sejumlah potensi biaya lain seperti biaya tahunan, biaya keterlambatan, dan sebagainya. Biaya yang dibebankan memang akan berbeda-beda, sehingga saat membuat kartu kredit pastikan sudah ditanyakan sejelas-jelasnya.

3. Mempertimbangkan rekam jejak bank penerbit

Ada baiknya jika Anda juga senantiasa mengecek dan mempertimbangkan latar belakang yang dimiliki oleh bank penerbit kartu kredit tersebut. Jika bank penerbit memiliki kredibilitas yang baik, maka sebagai nasabah kita akan senantiasa mendapat keuntungan lebih berupa keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi.

Ketika kita memiliki kartu kredit dari bank terbaik, tentunya transaksi apapun akan dapat dijalankan secara mudah. Bahkan, Anda juga bisa mendapat berbagai keuntungan baik dari rewards hingga promo dan cashback tertentu secara langsung.

4. Mengecek penawaran yang diberikan

Salah satu faktor yang bisa menjadi salah satu pertimbangan pemilihan kartu kredit terbaik yakni adanya penawaran yang banyak diberikan oleh penerbit kartu kredit tersebut. Tidak hanya soal bunga, diskon, atau berbagai penawaran lain, namun juga syarat dan ketentuan yang biasanya ditetapkan.

Buat Anda yang gemar berbelanja, menggunakan kartu kredit dengan penawaran diskon menarik adalah hal yang sangat penting. Tentunya disertai dengan keuntungan suku bunga yang tinggi dan tambahan keuntungan bebas biaya tahunan.

Atau jika Anda lebih suka dengan pembayaran tagihan dan tidak terlalu memusingkan diskon atau cashback, maka Anda dapat memilih kartu kredit dengan jenis suku bunga yang lebih rendah. Calon pemegang kartu kredit dapat mengecek daftar penjual mana saja yang sudah bekerja sama dengan pihak penerbit kartu kredit untuk memastikan penawaran tersebut.

5. Mempertimbangkan fasilitas tambahan yang tersedia

Fasilitas tambahan juga bisa menjadi salah satu pertimbangan penting bagi Anda yang ingin memiliki kartu kredit. Banyak fasilitas yang seringkali ditawarkan, mulai dari diskon belanja, poin, bahkan hadiah fisik bagi Anda yang sudah mencapai nilai transaksi tertentu.

Akan tetapi, pastikan juga ada beberapa tambahan fasilitas seperti akses ATM di seluruh dunia, adanya asuransi seperti asuransi perjalanan hingga asuransi pembayaran tagihan, hingga fasilitas lain seperti executive lounge di bandara atau berbagai tempat lain. Jika ada fasilitas menarik ini, tidak ada salahnya mencoba kartu kredit terbaik.

6. Kemudahan cakupan jaringan bank

Kartu kredit dengan jangkauan yang luas sudah pasti akan cocok bagi para nasabah yang seringkali melakukan perjalanan ke luar negeri. Apabila Anda memang masuk dalam kategori ini, ada baiknya jika memilih kartu kredit yang dapat diterima di seluruh dunia. Dengan begitu, setiap perjalanan akan dapat dinikmati secara nyaman.

Berbeda dengan Anda yang lebih mementingkan kebutuhan seperti belanja atau tagihan di dalam negeri. Anda dapat memilih kartu kredit dari bank lokal yang mempunyai fasilitas memadai untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Kendati demikian, Anda tetap harus memperhatikan apakah keamanan dan kenyamanan dalam bertransaksi tetap dapat dipastikan dengan baik. Bentuk keamanan yang diberikan setiap bank penerbit mungkin akan berbeda-beda, namun pastikan tetap sama fungsinya, yakni meminimalisir penyalahgunaan kartu kredit Anda.

Bahkan beberapa penerbit kartu kredit terbaik saat ini juga memiliki penawaran berupa asuransi kepada setiap pemegang kartu kredit. Dengan adanya asuransi ini, maka sudah dapat dipastikan keamanan yang akan dinikmati oleh para pemilik kartu kredit tersebut.

7. Cermati mekanisme pembayaran cicilan kartu kredit

Bagi Anda yang memiliki kartu kredit, sudah pasti harus memastikan penghitungan cara pembayaran cicilan yang akan dilakukan. Sangat disarankan untuk memastikan agar seluruh cicilan kredit yang Anda tanggung tidak lebih dari 30% pemasukan tiap bulan.

Mengapa demikian, tentu saja akan membuat Anda lebih mudah membayar berbagai cicilan setiap bulan dan bahkan menghindari berbagai kemungkinan terburuk seperti masuk daftar debitur yang tercela. Jika terlalu banyak tagihan, tentu akan memberatkan Anda.

Demikian sejumlah informasi mengenai bagaimana memilih kartu kredit terbaik beserta dengan tips memiliki kartu kredit tersebut. Memiliki atau tidak, tentu menjadi pilihan masing-masing nasabah. Pastikan selalu disesuaikan dengan kebutuhan supaya tidak malah membuat Anda menjadi boros dan menyesali tagihan yang ada!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Tips Memilih dan Mendapatkan Kartu Kredit Terbaik flagcounter