Cara Membuat Aplikasi Android Terbukti Berhasil

Cara membuat aplikasi android – Penggunaan smartphone atau perangkat gadget berbasis Android semakin diminati terutama oleh masyarakat Asia. Pada ponsel Anda pasti juga banyak sekali aplikasi untuk berbagai kebutuhan. Beberapa mungkin gratis, tetapi cukup banyak pula yang berbayar.

Ada kalanya pemilik smartphone tak puas dengan aplikasi-aplikasi bekalan oleh vendor sehingga pada umumnya menginstal di Android store yang bisa dioperasikan pada system operasional tersebut. Pilihan lainnya adalah membuat sendiri aplikasi Android yang simple untuk perangkat Anda. Merancang aplikasi menggunakan smartphone tak semudah membuatnya pada laptop atau PC, tetapi ini bukan berarti tidak bisa. Simak ulasan berikut sebagai panduan bagi Anda.

Cara Membuat Aplikasi Android

Merancang aplikasi Android pada Android Studio

Sebelum mulai mendesain aplikasi Anda harus menginstal beberapa perangkat terlebih dahulu. Perangkat dimaksud adalah:

  • JDK (Java Development Kit) yang merupakan perangkat lunak development environment dan berfungsi untuk mengembangkan aplikasi dengan basis Java.
  • Double klick pada installer-nya kemudian klik next.
  • Unduh Android Studio dan lakukan instalasi sesuai petunjuk.

Saat mengakses Android Studio akan terpampang kotak dialog sebagai konfigurasi awal Android Studio. Klik pada bagian “do not import settings” jika ini adalah instalasi Android Studio Anda yang pertama kali. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut!

  • Memilih tema Studio Android.
  • Centang pada Android Virtual Device untuk melakukan instalasi Emulator Android pada laptop atau PC Anda.
  • Anda perlu menentukan RAM yang akan digunakan oleh emulator.
  • Klik finish dan Android Studio siap mengunduh file-file yang diperlukan.

Untuk melakukan instalasi Android SDK atau Software Development Kit pada laptop atau PC, tinggal centang pada bagian OS Android.

Jika seluruh proses telah dilalui artinya Anda sudah menyelesaikan tahap pertama.

Cara Membuat aplikasi Android

Setelah mendapatkan perangkat yang dibutuhkan untuk mulai merancang aplikasi Android, lakukan langkah-langkah berikut dan mulai membuat aplikasi Anda sendiri.

1. Akses bagian Create new project
  • Klik Android Studio dan pada pilihan start a new Android Studio project
  • Input nama aplikasi sebagaimana keinginan Anda dan pilih lokasi untuk menyimpan project dimaksud pada Android Studio
  • Untuk mengoperasikan aplikasi Anda nantinya pilih saja minimum OS Android
  • Pilih empty activity dan berikan nama yang ingin dibuat dan akhiri dengan finish
2. Merancang tampilan Environment Android Studio
  • Anda hanya perlu berkonsentrasi pada main activity dan activity_main.xml
3. Cara melihat tampilan Android
  • Akses bagian file activity_main.xml
4. Mengoperasikan aplikasi Android
  • Klik tombol play yang berwarna hijau
  • Pilihlah lokasi Anda ingin mengoperasikan aplikasi Android tersebut

Untuk smartphone Android Anda harus melakukan modifikasi pada developer options di bagian settings Android. Ikuti langkah-langkahnya!

  • Aktifkan pilihan USB Debugging
  • koneksikan smartphone kepada PC atau laptop Anda menggunakan kabel USB
  • Umumnya akan muncul peringatan pada Android berkaitan perizinan USB Debugging, Anda tinggal klik ALLOW Install driver smartphone Android pada komputer
  • Kembali pada Android Studio
  • Pada bagian device Android akan keluar di dialog box di bagian Connected Devices
  • Klik device Android Anda kemudian klik OK, tunggu beberapa saat sampai proses compiling tuntas dan Aplikasi Android sudah dapat dioperasikan pada di smartphone

Jika langkah-langkah di atas dilakukan dengan benar seharusnya semuanya akan berfungsi dengan lancar. Siapa pun dapat membuat aplikasi Android walaupun tak terlalu teramping coding. Ini kaena Android Studio sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula. Anda hanya perlu membiasakan diri serta rajin belajar.

Merancang aplikasi Android pada AppGeyser

Selain Android Studio Anda juga bisa merancang aplikasi menggunakan tools AppGeyser. Keunggulan tools ini adalah memudahkan Anda dalam mengekse laman web dari ikon aplikasi. Berikut langkah-langkahnya!

  • Akses halaman websiter AppsGeyser dan klik di bagian tombol create now for free
  • Jika Anda ingin merancang webb app pilihlah template-template aplikasi sesuai keinginan
  • Masuk pada laman website milik Anda dan tekan Go untuk memodifikasi konten yang sudah tersedia
  • Pilih warna tema aplikasi dengan scroll ke bagian bawah dan lanjutkan prosesnya dengan klik next
  • Ketik nama aplikasi sesuai keinginan dan kembali tekan next
  • Input deskripsi aplikasi yang kamu rancang dan tekan next
  • Pilihlah ikon aplikasi yang bisa Anda buat sendiri dengan photoshop atau memilih ikon yang tersedia dan kembali klik next
  • Untuk membuat aplikasi sendiri klik pada bagian create dan sign in untuk login
  • Aplikasi buatan Anda tersebut juga bisa langsung dipublish pada Google Play Store atau didownload langsung.

Cara mendapatkan uang dari aplikasi Android

Tanah air kita dapat dikatakan merupakan market software mobile yang cukup besar. Dari keseluruhan jumlah pengguna internet di Indonesia yang berjumlah sekitar 80 juta, lebih dari setengahnya menggunakan gawai dengan OS Android.

Walaupun banyak yang mengatakan jika pengguna Android pelit membeli aplikasi, namun peluang mendulang penghasilan dari mengembangkan aplikasi Android bukanlah hal yang tidak mungkin. Ada banyak alternative dalam mengoptimalkan penghasilan dari mendesain aplikasi. Berikut ulasannya.

1. Pasang iklan

Inilah cara tercepat untuk memperoleh penghasilan dari aplikasi, termasuk game Android. Jenis aplikasi yang umumnya menerapkan strategi ini adalah aplikasi yang diakses secara teratur oleh pengguna atau disebut aplikasi utilitas. Ini misalnya, penguji kecepatan, aplikasi fotografi, kustomisasi, pembersih system, pemeriksa kesehatan baterai, dan sejenisnya. Aplikasi berupa doa harian atau game loKal dengan dukungan iklan umumnya juga banyak direspon.

Iklan tersebut bisa berupa banner atau spanduk yang keluar di bagian bawah serta atas layar ponsel, iklan interstitial yang mendominasi layar, iklan untuk mendownload aplikasi yang direkomendasikan, video, dan sebagainya.

2. Potong pulsa

Google Play saat ini juga menyediakan pembelian aplikasi dengan cara potong pulsa, dengan provider Telkomsel, Indosat, dan XL Axiata. Untuk system demikian ini Google Play umumnya lebih mengutamakan aplikasi terkenal. Alternatifnya Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan toko aplikasi seperti Oomph. Toko alternative ini telah digunakan oleh lebih dari 6 juta pengguna dan akan muncul pada smartphone-smartphone lokal terkemuka.

Toko aplikasi ini merupakan salah satu penunjang kesuksesan pengembang aplikasi tanah air hingga dapat bersaing di tengah-tengah boomingnya aplikasi dari mancanegara.Untuk pembayarannya Oomph juga menyediakan system pembotongan pulsa. Developer mendapatkan keuntungan sesuai jumlah download aplikasi rancangannya.

3. IAP (In-App Purchase)

Istilah ini mungkin belum terlalu dikenal banyak pengguna Android, tetapi bagi developer aplikasi system ini bisa menjadi cara mengulang penghasilan yang cukup penting. IAP juga menggunakan system potong pulsa yang praktis. Kandidat aplikasi yang cocok untuk system IAP ini adalah game yang dapat didownload gratis tetapi Anda harus membeli suatu item untuk dapat maju ke level berikutnya yang lebih seru dengan cepat.

Caranya adalah dengan mengunci beberapa item canggih yang tujuannya memang untuk penjualan. Developer disarankan untuk tak mentolerir fungsi dasar aplikasi. Agar misi mendapatkan penghasilan berhasil buatlah pengguna tertarik sehingga merasa harus membeli item tersebut, alih-alih menakuti dengan “kewajiban” membayar.

Itulah ulasan tentang cara membuat aplikasi android, merancang aplikasi android pada AppGeyser, dan cara mendapatkan uang di aplikasi android. Di internet sendiri sebetulnya banyak cara untuk mendapatkan uang diantaranya adalah dengan penjadi YouTuber, trader forex, affiliate, dan masih banyak lagi.

Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar