Tutorial WordPress dan Langkah Mudah Memahami Platform WordPress

Membuat blog atau website itu bukan pekerjaan yang mudah apalagi untuk pemula. Banyak orang yang lebih memilih untuk menyewa jasa programmer atau semacamnya untuk membuatkan mereka blog atau website sehingga users hanya perlu mengisinya dengan konten yang mereka mau atau tujuan awal membuat blog. Belajarlah dulu dengan tutorial WordPress sebelum akhirnya Anda mencoba untuk memiliki website yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan ini.

Tutorial WordPress

WordPress: Mengapa Harus Memilih Platform Ini?

Ada beragam cara termasuk juga platform yang dapat digunakan untuk membuat website atau blog untuk kepentingan dan tujuan yang Anda ingin lakukan. Jika memilih cara manual, maka Anda dapat menggunakan sistem coding HTML. Ada pula cara yang jauh lebih mudah lagi yaitu dengan menggunaka Content Management System atau CMS. CMS ini akan mempermudah Anda dalam membuat website tanpa memerlukan coding atau harus memahami apa coding tersebut.

Ada cukup banyak jenis CMS dan salah satunya adalah WordPress. Sebelum Anda mulai membuat website, maka cobalah memahami dulu tutorial WordPress dan mengenalnya dengan baik sehingga Anda memiliki pengetahuan akan hal ini dan tidak lagi kebingungan. WordPress merupakan platform untuk membuat website yang dibuat oleh Mike Little dan Matt Mullenweg di tahun 2003 silam. Hal yang menarik adalah WordPress ini sesungguhnya merupakan software yang sifatnya open source.

Ini artinya, WordPress dapat digunakan oleh semua orang dengan gratis dan siapapun juga boleh saja dengan bebas melakukan modifikasi pada platform tersebut. Bukan hanya itu saja, WordPress juga memberikan plugin yang bisa memberikan kemudahan untuk users dalam menambah fitur di dalam website bahkan hanya dengan sekali tekan saja. Cara menggunakannya cukup mudah dan fiturnya cukup lengkap sehingga tidak heran jika WordPress ini menjadi tempat untuk membuat website paling favorit seluruh dunia.

Keuntungan Memakai WordPress Sebelum Mengikuti Tutorial WordPress

Jika masih ragu dengan WordPress, maka sebelum tahu tutorial WordPress ini, akan lebih baik mengenal dan mengetahui lebih dulu seperti apa kelebihan yang diberikan oleh WordPress ini yaitu:

  • Memiliki lebih dari ribuan tema yang dapat dikustomisasi

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh WordPress ini adalah begitu banyak tema atau template yang dapat dipilih dan sebagian besar template gratis. Belum lagi, sebagian besar tema juga sangat mudah untuk diskustomisasi bahkan tanpa coding sama sekali. Apabila ingin mengubah tulisan, warna tulisan maupun model layout, maka Anda cukup melakukannya dan cukup mengklik beberapa kali saja. Masih ada pula keunggulan yang lainnya yaitu Anda juga bisa membeli template premium. Dikarenakan tema ini berbayar, maka sudah jelas jika fitur yang ada di dalamnya akan jauh lebih unggul lagi. Jika pilihan dari template itu sangat membingungkan, maka cobalah untuk membaca rekomendasi yang diberikan sehingga Anda bisa tahu apa yang paling sering dipilih oleh para users.

  • Pilihan variasi dari Plugin yang begitu banyak

Untuk dapat menambahkan beragam fitur yang terdapat di dalam WordPress, maka Anda pun membutuhkan yang namanya Plugin. Saat ini sudah terdapat lebih dari 50 ribu plugin yang gratis di dalam repository WordPress. Contohnya saja Anda disini dapat mengubah WordPress menjadi suatu website komersial atau e-commerce dengan menggunakan WooCommerce. Akan tetapi, CMS ini juga dapat digunakan oleh Anda untuk membuat portofolio online yang menggunakan plugin. Masih ada pula beberapa pilihan plugin yang lainnya disuguhkan oleh berbagai developer atau pengembang ketiga entah itu yang gratis atau yang berbayar. Dengan banyaknya pilihan yang ada ini, maka users CMS ini pun dapat membangun website WordPress sesuai dengan keinginan Anda.

  • Proses instalasinya mudah untuk dilakukan dalam waktu cepat

WordPress sejak dulu sudah dikenal oleh banyak orang sebagai platform yang memiliki proses pemasangan atau instalasi yang begitu cepat bahkan kurang dari lima menit. Belum lagi saat ini juga sudah banyak sekali web hosting yang akan memberikan kepada Anda fitur instalasi yang sangat cepat hanya dengan satu kali klik saja. Selain proses instalasinya yang cepat, proses pembaharuan atau updatenya pun mudah. Ketika terdapat versi terbaru CMS, maka Anda akan memperoleh notifikasi dan bisa langsung memperbaruinya hanya dengan satu kali tekan saja. Hal yang sama pun berlaku untuk tema dan plugin.

  • Memiliki keamanan tingkat tinggi

Ketika Anda membuat atau bahkan memiliki website, sudah jelas bagian yang paling penting adalah keamanan datanya apalagi jika tentang informasi pribadi maupun transaksinya. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini mengingat terdapat plugin yang dapat meningkatkan keamanan yang ada di dalamnya seperti Sucuri Security dan juga Wordfence. Belum lagi, CMS juga akan selalu melakukan update para usernya tentang isu keamanan yang ada di dalamnya. Akan tetapi, users tetap dapat meningkatkan lagi keamanan dari blog atau website mereka ini dari server web hosting apabila menggunakan jasa mereka.

Tutorial WordPress Untuk Menginstal dan Memosting Konte

Cara untuk menginstal atau memasang WordPress ini juga mudah bahkan ada pula fitur auto installer dan inilah beberapa langkah yang bisa Anda ikuti antara lain:

  1. Lakukan login ke dalam member area. Jika Anda sudah memiliki akun pada web hosting tertentu, maka Anda langsung dapat melakukan login
  2. Pilihlah menu hosting dan juga domainnya, jika belum memiliki anda bisa membeli hosting dan domain terlebih dahulu
  3. Kemudian pilih hosting dan tekan hosting yang Anda ingin pasang pada situs WordPress
  4. Pasang WordPress ini dengan cara memilih install website untuk dapat memasangnya otomatis pada akun hosting yang Anda miliki dan klik instal
  5. Kemudian langkah terakhir yang harus Anda lakukan adalah mengisi data diri yang diminta dan juga informasi mengenai situs yang Anda buat itu mulai dari password, user, deskripsi dari website, judul website hingga naman domain. Setelah itu klik install dan kemudian website atau blog WordPress milik Anda telah siap untuk digunakan.

Cara Posting Artikel di WordPress

Selain itu, penting pula bagi Anda untuk mengetahui cara memosting artikel di dalam website WordPress yang telah Anda buat ini. Untuk dapat membuat postingan artikel di dalam WordPress, maka Anda cukup membuka menu Add New yang terdapat pada bagian bawah menu Posts atau bisa pula langsung memilih menu New dan Post yang terdapat di dalam toolbar atas. Kemudian akan muncul suatu fitur yang bernama editor blog post yang telah dilengkapi dengan beragam fitur.

Ketiklah judul postnya lebih dulu. Selanjutnya, Anda dapat mengetik konten di dalam area yang sudah disediakan. Bila ingin mengubah format teks, maka cobalah menggunakan opsi toolbar. Toolbar ini hampir tidak memiliki perbedaan dengan toolbar yang selalu digunakan di dalam Microsoft Word maupun text editor yang lainnya. Pada bagian kanan halaman, Anda akan menemukan meta box dan setiap box itu punya fungsi tersendiri. Contohnya saja publish yang fungsinya adalah untuk mengubah status termasuk juga visibilitas dari postingan Anda.

Inilah tutorial wordpress dan juga pengetahuan tentang platform ini sebelum Anda mulai menggunakannya dan jika ingin website atau blog Anda dikunjungi banyak orang, maka hal yang harus Anda lakukan adalah selalu fokus dengan konten yang akan ditampilkan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar