Wikimedia Enterprise: Layanan Premium Memiliki Pelanggan Terkenal

Wikimedia Enterprise: Layanan Premium Memiliki Pelanggan Terkenal

Mulai sekarang, Wikipedia sepertinya tidak lagi ingin hanya mengandalkan donasi. Sebagai gantinya, ensiklopedia Internet, yang gratis untuk konsumen normal, telah meluncurkan layanan ” Wikimedia Enterprise “. Layanan ini membuat pintu masuk yang tidak rumit dan di atas semua itu menjadi lebih cepat mungkin untuk professional offerers. Di antara pelanggan pertama yang terkenal dan bersedia membayar ternyata juga Google.

Tetapi apa yang dibayar oleh pelanggan profesional ini? Sederhananya, mereka mendapatkan data dalam jumlah besar dalam waktu sesingkat mungkin berkat akses API. Fokus dari penawaran ini terutama pada perusahaan besar yang mencari informasi yang sesuai di ensiklopedia online raksasa sekarang. Antara lain, raksasa mesin pencari Google dan perusahaan Internet Archive juga terlibat.

Perbedaan terbesar terletak pada akses ke Wikipedia. Alih-alih akses API publik, yang gratis, pelanggan premium menerima beberapa API berbeda. Hal ini memungkinkan untuk mengakses data penting lebih cepat. Mereka juga harus selalu up to date dan bahkan berisi perubahan yang dibuat hanya beberapa detik yang lalu. Selain itu, Wikipedia menjanjikan layanan ekstensif dengan layanan terbaru mereka.

Google Inginkan Artikel Baru dari Wikimedia Enterprise

Siapa pun yang mengetikkan istilah pencarian sederhana di Google pada dasarnya akan menemukan Wikipedia di antara hasil pertama. Khususnya dalam hal definisi, seringkali tidak perlu mengunjungi halaman itu sendiri. Untuk memastikan bahwa apa yang disebut “panel pengetahuan” ini selalu mutakhir, layanan premium seperti Wikimedia Enterprise harus bermanfaat bagi raksasa mesin pencari.

Omong-omong, semuanya tidak boleh murah untuk Google. Layanan ini telah menjelaskan dalam sebuah artikel di blognya sendiri bahwa mereka telah mengganti biaya layanan premium baru dan tidak jelas. Dan biaya Google tidak diragukan lagi akan menjadi bagian terbesar dari pendapatan. Di sini menjadi jelas sekali lagi bahwa Google sekarang bekerja sama lebih baik dengan sumber lain daripada yang terjadi beberapa waktu lalu.

Sementara Google membayar cukup banyak untuk manfaat layanan, Arsip Internet turun jauh lebih murah. Lebih khusus lagi, LSM tidak perlu membayar apa pun untuk layanan “Wikimedia Enterprise”. Wikimedia sendiri ingin berterima kasih kepada Internet Archive dengan hadiah ini. Oleh karena itu, LSM seharusnya memastikan bahwa ribuan tautan yang rusak telah diperbaiki di masa lalu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Wikimedia Enterprise: Layanan Premium Memiliki Pelanggan Terkenal flagcounter