Website Sekolah Yang Menarik dan Alasannya

Website Sekolah Yang Menarik dan Alasannya

Tak hanya perusahaan atau UMKM yang perlu mengembangkan website untuk membuat aktivitas bisnis mereka go online, lembaga pendidikan seperti sekolah dan yang lainnya juga perlu memiliki website sendiri. Seberapa penting peran website bagi sekolah?

Di era internet dan digital sebagaimana saat ini, tentu saja sangat penting. Dalam website resmi sekolah nantinya dapat dimuat profil sekolah, dokumentasi kegitan siswa-siswi dan guru, hasil karya siswa, prestasi siswa, hingga hal-hal teknis seperti kalender pendidikan, peraturan sekolah, dan sebagainya.

Pada halaman awal Anda juga dapat menyantumkan alamat resmi serta kontak person yang dapat memudahkan siapa pun untuk menghubungi sekolah untuk berbagai keperluan. Website untuk sekolah, baik negeri atau swasta seharusnya dirancang secara professional, dengan domain berbayar sehingga meningkatkan kepercayaan publik akan lembaga pendidikan tersebut. Simak ulasannya!

Website Sekolah Yang Menarik dan Alasannya

Alasan seberapa penting peran website bagi sekolah

Jika Anda adalah yang mempunyai kewenangan di lembaga pendidikan mana pun di tanah air, Anda perlu membaca ulasan ini hingga usai. Simaklah beberapa poin berikut, pentingnya membangun website untuk sekolah.

1. Membuat sekolah semakin dikenal

Saat ini masyarakat mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan informasi yang ingin diketahuinya. Karena itu jangan sampai sekolah ketinggalan dalam hal ini. Pastikan orang yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sekolah Anda bisa mendapatkan informasi dengan browsing di internet. Website sekolah akan memudahkan informasi yang diunggah pada platform tersebut semakin mudah dijangkau oleh banyak orang, termasuk pada lokasi yang jaraknya jauh.

2. Mempublikasikan profil sekolah

Website sekolah adalah sarana yang efektif untuk mempopulerkan profil sekolah Anda. Pada platform inilah informasi-informasi mendasar tentang sekolah dapat dimuat, mulai dari nama kepala sekolah dan guru-guru, tenaga administrasi, NISN, NSM, NSS, alamat sekolah, visi dan misi sekolah, dan sebagainya. Informasi demikian ini akan sangat berguna sebagai referensi orangtua yang berniat mencarikan sekolah berkualitas untuk buah hatinya.

3. Memudahkan informasi terbaru di sekolah

Membuat website adalah sarana paling efektif, murah, dan cepat untuk membagikan informasi teraktual untuk warga siswa-siswi, orangtua, atau siapapun yang ingin mengetahui lebih jauh tentang sekolah Anda. Ini misalnya terkait aktivitas sekolah seperti study tour, class meeting, pentas seni, perayaan kemerdekaan, sampai kalender pendidikan.

4. Memudahkan monitoring orang tua

Keberadaan website resmi sekolah juga memudahkan orangtua untuk memonitor kegiatan anak di sekolah. Mereka tinggal mengakses situs sekolah buah hatinya untuk mendapatkan informasi kegiatan yang dilakukan sesuai program sekolah.

5. Merupakan anjuran dari Kemendikbud dan Kemenag

Sekolah dianjurkan untuk mempunyai website resmi terutama yang berada di bawah payung Kemendikbud atau bernaung di bawah Kemenag. Hal ini berfungsi sebagai pendataan dapodik, simpatika, emis, dan sebagainya yang intinya adalah pendataan secara riil.

6. Informasi yang dibagikan lebih menarik

Dibandingkan memuat informasi pada media cetak, saat ini sudah eranya digitalisasi yang bersifat lebih cepat dan efektif. Kelebihan lainnya dari platform digital demikian ini adalah tampilannya lebih menarik dan interaktif sehingga lebih enak dilihat. Pengguna internet juga bisa lebih selektif memilih informasi yang dibutuhkan dengan hanya sekali klik.

7. Lebih mudah menilai perkembangan sekolah

Fungsi lain dari website sekolah adalah sebagai sarana penyimpan dokumentasi sekolah secara digital. Dengan begitu website juga bisa menjadi arsip sekolah yang menyimpan dokumentasi pada setiap tahun ajaran. Data tersebut bisa dijadikan referensi untuk merancang kebijakan untuk tahun-tahun mendatang.

Anda juga bisa menggunakan jasa website desainer untuk membuat semacam kaleidoskop yang dapat diunggah setiap tutup tahun ajaran baru. Selain untuk membagikan kenangan, kaleidoskop ini tentu menjadi unggahan yang menyentuh setiap warga sekolah.

8. Sarana promosi dan branding

Seberapa penting peran website sekolah bagi sarana promosi dan branding? Di era digital sebagaimana saat ini, siapa yang dapat membuat dirinya popular di dunia maya tentu akan mendapatkan perhatian lebih. Ini juga termasuk lembaga pendidikan. Jika dikelola dengan baik juga bisa menjadi salah satu sarana branding atau mempopulerkan sekolah tersebut.

Dengan begitu pihak yang berwenang dalam hal ini sebaiknya menggunakan jasa web desainer professional agar situs resmi sekolah ini terlihat menarik dan terpercaya. Selain itu website demikian ini seharusnya juga mudah digunakan alias user friendly. Anda juga menambahkan fitur pendaftaran online pada website tersebut untuk memudahkan calon siswa baru.

9. Sebagai sarana mempublikasikan karya siswa

Jika dulu mading (majalah dinding) adalah satu-satunya sarana untuk memajang karya siswa, sekarang ada situs resmi sekolah yang dapat dimanfaatkan. Mading hanya dapat diakses oleh warga sekolah, itu pun lebih sering tak semua membacanya, berbeda dengan platform website yang dapat dijangkau lebih banyak orang.

Karya-karya siswa ini bisa berupa tulisan atau artikel, cerpen, puisi, gambar, karya seni, proyek ilmiah, komik, rancangan busana, dan sebagainya. Para guru harus memotivasi siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri mereka agar bersedia membuat karya dan menampilkannya secara teratur. Jangan lupa memberikan reward berupa saran atau komentar yang positif agar siswa merasa dihargai.

Nah, demikianlah alasan penting mengapa sekolah membutuhkan website. Berikut ini adalah tips singkat memilih desain terbaik yang cocok untuk sekolah.

Kriterial website yang bagus untuk sekolah

Inilah beberapa poin yang seharusnya ada pada website sekolah.

  • Menarik – Menarik di sini artinya adalah enak dilihat oleh siapa pun yang mengakses website tersebut. Karena itu Anda harus sangat cermat memperhatikan warna, kualitas gambar, tata letak, serta sudut pandang.
  • Tanpa halaman antara – Hal ini akan menyulitkan pengakses website untuk menuju ke laman utama dan mendapatkan informasi yang diinginkan. Jadi hal ini sebaiknya dihindari.
  • Laman utama tanpa gambar animasi – Agar terlihat professional dan resmi, animasi atau audio pada laman utama wajib dihindari. Hal ini berkaitan dengan kewibawaan sekolah.
  • Menggunakan tautan ke laman lain – Keberadaan link akan membuat pengunjung tertarik untuk browsing ke laman yang lain. Selain itu desain website juga menjadi semakin bervariasi dengan link tersebut.
  • Struktur yang benar – Atur struktur website dengan baik, misalnya penempatan kontak, gambar, menu navigasi, konten, informasi profil sekolah, dan sebagainya. Dengan begitu website menjadi lebih nyaman dilihat dan diakses.
  • Font – Font untuk website sekolah seharusnya yang formal, elegan, dan berwibawa. Ini untuk memberikan citra yang lebih positif bagi lembaga pendidikan tersebut.
  • Logo – Logo sekolah yang diunggah pada website harus mempunyai ukuran yang seimbang atau proporsional dengan tulisannya.
  • Tanpa iklan – Tujuan dibuatnya website resmi sekolah tentu saja bukan untuk mendulang penghasilan dengan memuat iklan. Karena itu hindari praktek tersebut untuk memberikan image terpercaya dan professional kepada lembaga pendidikan ini.

Itulah ulasan singkat yang bisa kami sajikan untuk Anda. Jadi, sudah jelas bukan, seberapa penting peran website? Jika Anda belum bisa membuat website sendiri, cobalah pelajari terlebih dahulu tentang cara membuat website.

Semoga bermanfaat!

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Website Sekolah Yang Menarik dan Alasannya