Website Builder; Kelebihan dan Kekurangannya

Website Builder; Kelebihan dan Kekurangannya

Website merupakan salah satu sarana meningkatkan branding bagi personal atau perusahaan yang saat ini semakin dibutuhkan. Selain dikembangkan sebagai media informasi, website juga menjadi platform dalam menjalankan jual beli, edukasi, dan kampanye. Website sendiri dapat dihasilkan dengan berbagai cara, salah satunya yaitu melalui situs web builder.

Web Builder Kelebihan dan Kekurangannya

Apa Itu Web Builder?

Web builder merupakan aplikasi perancang website berbasis internet yang memungkinkan pengguna membuat web sendiri. Website builder memiliki fitur-fitur lengkap yang dapat digunakan untuk menambah dan menghapus konten serta memasukkan multimedia ke dalamnya.

Cara memanfaatkannya cukup mudah, setelah masuk ke situs web builder, pengguna perlu membuat akun terlebih dahulu, kemudian mulai membuat website. Hanya dalam beberapa menit, Anda bisa mendapatkan website untuk kegiatan bisnis atau promosi.

Web Builder atau Website dari Nol?

Ketika diharuskan membuat website, tentu Anda bertanya-tanya bagaimana cara membuatnya. Apakah harus dari nol atau ada cara lainnya. Web builder dapat menjadi solusi jika Anda tidak mahir membuat website melalui proses coding.

Untuk membuat website dari nol tidak hanya membutuhkan keahlian di bidang IT saja, melainkan juga peralatan, waktu, dan biaya meliputi penggunaan tools berbayar, plug in, dan sumber daya. Keunggulannya, web yang dibuat dari nol dapat membebaskan pembuatnya untuk memasukkan fitur-fitur sesuai selera.

Dibandingkan dengan membuat web dari awal, web builder lebih sederhana. Fitur-fiturnya cocok digunakan untuk membuat web dengan cepat ataupun belajar membuat web sendiri.

Sejumlah layanan hosting terbaik juga sudah menyediakan paket website builder yang dapat dipesan oleh pelanggan. Jadi, jika Anda membeli paket tersebut sudah bisa menggunakan web lengkap dengan hostingnya. Website yang dihasilkan pun memiliki tampilan yang tak kalah menarik dari web yang dihasilkan dari nol.

Manfaat Web builder

Web builder sangat membantu orang-orang yang membutuhkan website tetapi tidak memiliki kemampuan dalam bidang IT dan biaya yang cukup untuk menggunakan jasa pembuat website. Menggunakan aplikasi ini tidak memerlukan keahlian membuat kode-kode seperti PHP, CSS, HTML, dan JavaScript karena semuanya telah disediakan di dalamnya.

Website builder mudah digunakan bahkan oleh orang yang baru saja mengenal website. Di dalam aplikasi sudah terdapat berbagai pilihan template siap pakai yang cukup menarik, gambar dengan kualitas tinggi yang tajam, jelas, dan bebas hak cipta, serta fitur-fitur tambahan. Fitur-fitur tambahan yang dimaksud seperti aplikasi, fungsi e-commerce, dan pendaftaran member yang bisa didapat pada layanan web builder berbayar.

Web builder juga menghemat waktu karena dapat dibuat dan siap digunakan dalam waktu singkat. Pengguna perorangan seperti blogger, web desainer, pebisnis, dan penjual online yang membutuhkan website dengan biaya murah tentunya sangat terbantu dengan layanan tersebut.

Dengan demikian, Web builder mampu membantu penggunanya menghemat anggaran pengembangan dan pemeliharaan. Sehingga sisa anggaran yang ada bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan lain seperti promosi dan pemeliharaan peralatan.

Kelebihan dan Kekurangan Web builder Gratis

Situs-situs web builder seperti Joomla, Wix, dan WordPress menyediakan layanan web gratis dan premium atau berbayar. Versi gratis bisa Anda gunakan untuk membuat blog, situs informasi, dan toko online minimalis tanpa biaya. Baik Joomla maupun WordPress tentu terdapat kelebihan dan kekurangan yang bisa Anda pertimbangkan sebelum menggunakannya.

Kelebihan web builder gratis yaitu:

1. Hemat Waktu dan Biaya

Web builder memiliki template website yang siap digunakan sehingga Anda tidak perlu repot membuat dari awal, tinggal memilih dan menggunakannya saja. Selain itu, banyak situs web builder yang menyediakan layanannya secara gratis dengan fitur-fitur terbatas tetapi sudah cukup memadai.

2. Tidak Memerlukan Keterampilan Teknis

Mengelola web builder tidak memerlukan keahlian tinggi di bidang IT. Template yang disediakan kebanyakan ramah pengguna dan dapat diatur dengan mudah serta telah dilakukan automatisasi oleh situs tersebut.

3. Lebih Praktis dan Mudah

Fitur di dalam web builder mudah digunakan. Karena penggunanya sangat banyak, Anda pun bisa mendapatkan tutorial penggunaannya dengan mudah dari grup-grup atau forum di internet. Web builder cocok bagi pemula yang membutuhkan website dibuat dengan cepat dan mudah.

4. Fitur Beragam

Meskipun terbatas, fitur pada situs yang dibuat menggunakan web builder gratis cukup lengkap. Anda bisa memasukkan berbagai konten seperti tulisan, gambar, dan video, mengganti tema, dan memasang plug in gratis yang tersedia.

Sedangkan kekurangannya yaitu:

1. Jumlah Halaman Terbatas

Website builder gratis memiliki halaman terbatas biasanya hanya sampai lima halaman saja. Padahal website seperti e-commerce dan edukasi memerlukan banyak halaman, sehingga disarankan menggunakan web yang lebih profesional.

2. Tidak Mempunyai Nama Domain

Web builder gratis biasanya hanya memberikan URL yang mencantumkan brand mereka sebagai subdomain. Contohnya, jika Anda menggunakan WordPress, situs Anda menjadi nama.wordpress.com.
Padahal untuk membuat website yang lebih profesional dan mudah diingat Anda perlu menggunakan domain pribadi.

3. Sulit Ditemukan oleh Mesin Pencari

Website dari web builder gratis memiliki permasalahan SEO karena sulit ditemukan pada mesin pencari seperti Google. Oleh sebab itu, web gratisan tidak cocok untuk situs yang memerlukan banyak pengunjung. Selain itu juga cukup menyulitkan bisnis Anda berkembang karena tidak banyak yang mengetahuinya.

4. Tidak Mempunyai Layanan Pelanggan

Website builder gratis juga biasanya tidak memiliki layanan pelanggan atau customer support. Akibatnya, jika mengalami kesulitan dalam menggunakannya, Anda harus menyelesaikan masalah tersebut sendiri.

5. Fitur-fiturnya Terbatas

Web builder gratis memiliki fitur-fitur terbatas. Fitur bawaan website builder gratis belum mencukupi jika ingin membuat web e-commerce yang memerlukan berbagai plugin, add ons, email resmi, dan SSL untuk mendukung penjualan secara digital dengan baik.

6. Terdapat Logo Pengembang dan Iklan

Web builder gratis mengharuskan logo mereka tampil pada website penggunanya baik di bawah, atas, maupun tengah halaman. Selain itu, web builder gratis juga akan menyisipkan iklan pada halaman web yang Anda buat sebagai kompensasi memanfaatkan layanan mereka.

Iklan yang muncul pada website membuat website terkesan kurang profesional bagi calon pelanggan atau klien Anda. Iklan juga membuat mereka tidak fokus pada layanan atau produk Anda dan justru lebih tertarik pada iklan tersebut.

7. Kapasitas Bandwidth Terbatas

Bandwidth web builder gratis dan berbayar sama-sama terbatas. Namun, web builder gratis, kapasitasnya jauh lebih sedikit. Kapasitas yang kecil tentu akan membatasi konten yang bisa Anda masukkan pada web.

Kesimpulannya, website builder merupakan situs penyedia layanan pembuatan web yang dapat dioperasikan pengguna dengan mudah. Web builder merupakan web statis, tidak dapat menyimpan database, tidak memiliki fasilitas pembuatan akun email, dan tidak sesuai untuk digunakan sebagai website toko online. Meski demikian, website dari web builder sudah cukup untuk sebuah blog pribadi atau web personal. Akan tetapi, untuk company profile, e-commerce, sebaiknya gunakan web profesional.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Website Builder; Kelebihan dan Kekurangannya