Waduh, Waspadai Virus Trojan Berikut yang Bersarang di Aplikasi HP

Waduh, Waspadai Virus Trojan Berikut yang Bersarang di Aplikasi HP

BERITATEKNOLOGI – Pihak Kaspersky mengamati bahwa scammers tersebut nantinya secara aktif akan menyebarkan virus Trojan tanpa diketahui. Sebagai contoh, virus tersebut akan membuat penggunanya membayar layanan langganan di suatu aplikasi.

Seiring berkembangnya zaman, jumlah pengguna telepon genggam setiap harinya juga semakin meningkat. Dengan begitu, ancaman serangan cyber pastinya juga akan terus bertambah.

Selain itu, bisa menyamai ke berbagai macam aplikasi seluler. Baik itu berupa aplikasi game yang sedang populer, editor foto, dan juga aplikasi perawatan kesehatan.

Umumnya cara kerja dari virus ini akan meminta akses kepada para penggunanya melalui pesan maupun notifikasi. Dengan begitu, scammers tersebut bisa mencegah pesan yang berisikan kode konfirmasi.

Beberapa Virus Trojan Berbahaya Untuk Perangkat Telepon

Pihak Kaspersky sendiri menyebutkan bahwa ada beberapa jenis virus Trojan yang paling banyak menyebar di perangkat telepon

  1. MobOk

Jenis Trojan yang pertama ini kerap dianggap sebagai virus paling aktif. Mengingat lebih dari 70 % pengguna HP biasa dihadapkan dengan permasalahan ini. Menariknya lagi, ternyata virus Trojan MobOk ini bisa melewati uji CAPTCHA lho!

  1. Jocker

Virus Trojan Jocker ini sering tersebar di Google Play dimana cara kerjanya sendiri yaitu mencegah konfirmasi kode yang dikirim melalui pesan teks. Selain itu juga melakukan bypass solusi dari anti fraud.

Nantinya scammers akan mengunduh aplikasi yang sah dari Google Play. Lalu scammers tersebut akan menambahkan kode yang berbahaya di dalam aplikasi tersebut. Jika sudah, mereka akan mengunggahnya kembali dengan nama yang berbeda.

  1. Vesub

Terakhir, virus jenis ini sering disebarkan melalui sumber yang tidak resmi dan meniru berbagai macam aplikasi populer lainnya. Sebut saja Tubemate, Game Beyond, Vidmate, GTA 5, dan juga Minecraft.

Umumnya, sebagian besar cara kerjanya sendiri akan membuat para penggunanya berlangganan secara langsung ketika aplikasi tiruan tersebut telah diluncurkan.

Baca Juga : Tips Cybersecurity Untuk Keamanan Bisnis Kamu

Kebanyakan pengguna yang berada di daerah Mesir sering terancam oleh Trojan jenis Vesub ini, yaitu dengan persentase sekitar 40.27 %.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Waduh, Waspadai Virus Trojan Berikut yang Bersarang di Aplikasi HP flagcounter