VPN Sedang Sekarat, Berumur Panjang Tanpa Kepercayaan

VPN Sedang Sekarat, Berumur Panjang Tanpa Kepercayaan

VPN adalah bagian dari strategi keamanan berdasarkan gagasan perimeter jaringan. Tetapi model itu tidak lagi berfungsi di lingkungan bisnis modern di mana karyawan seluler mengakses jaringan dari berbagai lokasi di dalam atau di luar. Dan di mana aset perusahaan berada di balik dinding pusat data perusahaan, tetapi di lingkungan multi-cloud.

Para pakar memperkirakan bahwa pada tahun 2023, 60% perusahaan akan menghapus sebagian besar VPN mereka demi akses jaringan tanpa kepercayaan. Yang dapat berupa gateway atau broker yang mengotentikasi perangkat dan pengguna sebelum mengizinkan peran berbasis akses.

VPN

Ada berbagai kelemahan yang terkait dengan pendekatan perimeter untuk keamanan. Itu tidak mengatasi serangan orang dalam. Itu tidak melakukan akuntansi pekerjaan yang baik untuk kontraktor, pihak ketiga dan mitra rantai pasokan. Jika penyerang mencuri kredensial VPN seseorang, penyerang dapat mengakses jaringan dan berkeliaran dengan bebas. Plus, teknologi ini dari waktu ke waktu menjadi rumit dan sulit dikelola.

Ada banyak rasa sakit di sekitar VPN. Mereka kikuk, ketinggalan jaman, ada banyak yang harus dikelola. Dan jelas mereka sedikit berbahaya,” kata Matt Sullivan, arsitek senior keamanan di Workiva. Sebuah perusahaan perangkat lunak berbasis di Ames, Iowa.

VPN akan Digantikan Teknologi Zero Trust

Sekarang banyak perusahaan bermigrasi ke kerangka kerja keamanan yang lebih gesit. Teknologi ini disebut “Zero Trust”, yang lebih baik disesuaikan dengan dunia bisnis digital saat ini.

Hari ini, vendor datang pada Zero Trust dari semua sudut. Misalnya, Forrester Wave terbaru disebut sebagai zero-trust eXtended Ecosystem (ZTX). Ini merupakan vendor firewall generasi berikutnya dari Palo Alto Networks, penyedia layanan terkelola Akamai Technologies. ADa juga beberapa vendor lain yang menggunakan teknologi ini seperti Okta, Symantec, Illumio, dan Centrify.

Tidak ketinggalan, Cisco, Microsoft dan VMware semuanya memiliki penawaran ke Zero Trust. Menurut Forrester Wave, Cisco dan Microsoft diklasifikasikan sebagai berkinerja kuat dan VMware adalah pesaing. Jika demikian seperti pada beberapa tahun mendatang, VPN akan benar-benar di tinggalkan oleh sebagian besar Vendor tersebut.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program VPN Sedang Sekarat, Berumur Panjang Tanpa Kepercayaan flagcounter