Apa itu Virtual Private Network (VPN)

Sebelum internet begitu umum digunakan seperti sekarang, di zaman dulu VPN atau Virtual Private Network diciptakan untuk menghubungkan jaringan secara aman misalnya antar divisi di perkantoran. Ini dapat dilakukan dengan jaringan dari tempat lain, termasuk dari rumah. Sementara saat ini VPN lebih dimanfaatkan untuk penggunaan internet sehingga pengguna dapat memperoleh koneksi personal pada sambungan internet atau untuk mendapatkan akses secara remote kepada suatu jaringan.

Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa VPN dapat menghubungkan PC, tablet, laptop, serta smartphone Anda ke computer lain yang disebut VPN server pada tempat yang terkoneksi dengan internet sehingga memungkinkan Anda untuk browsing di internet dengan memanfaatkan jaringan internet computer. Apabila server berada di Negara luar Indonesia, koneksi Negara itulah yang Anda pakai saat Anda mencoba mengakses suatu situs yang bisa saja tak dapat dijangkau dari Negara asal.

Mengetahui Manfaat dan Cara Kerja VPN

Apa itu VPN, Manfaat, dan Cara Kerja Virtual Private Network

Saat menggunakan VPN Anda bisa melakukan remote access yang memperbolehkan Anda menjelajah internet menggunakan jaringan kantor walaupun berada di mana saja, tetapi dengan catatan selama terkoneksi ke internet. Saat menggunakan VPN artinya jaringan yang Anda pakai bisa dikenali oleh internet sebagai jaringan kantor. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat VPN yang perlu Anda ketahui:

  • By Pass

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, VPN memungkinkan Anda untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah dengan berbagai alasan.Ini karena Anda dapat melewati batasan wilayah terhadap website-website video atau streaming.

  • Pengamanan data pada jaringan public

Menggunakan jaringan public seperti Wifi di bar atau café bisa membahayakan karena rawan terjadi kebocoran data. VPN dapat menjadi solusi dengan memberi perlindungan pada transfer data yang dilakukan pada jaringan yang rentan.

  • Melindungi informasi pribadi

Masih tentang keamanan, VPN mampu menyembunyikan lokasi Anda secara langsung.Jadi saat melakukan akses internet tak semua orang bisa sembarangan menyelidiki lokasi Anda. Nantinya yang akan terdeteksi adalah tempat server VPN yang Anda gunakan.

  • Enkripsi data

Pada aktivitas pertukaran data antara website aplikasi online dan Anda, data-data yang dikirim akan dienkripsi. Artinya seseorang yang melihat data yang dikirim oleh computer tak akan dapat melihat data mentah melainkan informasi yang telah dienkripsi.

  • Informasi perangkat

Orang lain tak akan dapat mengenali perangkat yang Anda pakai dengan mudah, ini termasuk tak dapat mengetahui aktivitas apa yang Anda kerjakan dengan internet.

Tips memilih VPN yang baik

Inilah beberapa poin yang perlu menjadi pertimbangan bagi Anda yang berniat untuk memilih VPN.

  • Kebutuhan

Cermati dahulu kebutuhan utama Anda berkaitan dengan internet agar harapan Anda tiak sia-sia saat sudah telanjur memilih VPN. Ini misalnya apakah Anda benar-benar memahami hal-hal teknis tentang koneksi internet, apakah Anda membutuhkan perlindungan kerahasian yang memadai, atau apakah koneksi tersebut akan digunakan untuk keperluan data transfer yang besar.

  • Perangkat

Layanan VPN tersedia untuk beragam jenis platform dan perangkat.Meski demikian Anda harus memastikan ketersediaan seluruh fitur ada pada perangkat Anda.Contohnya Anda memiliki iPhone dan Windows, maka pastikanlah tersedia aplikasi bagi kedua gawai tersebut.Berikutnya periksalah apakah jumlah perangkat yang dapat terkoneksi dibatasi.

  • Protocol VPN

Ketahui bagaimana protocol VPN yang disediakan oleh layanan pilihan Anda.Terkait hal ini yang sering direkomendasikan adalah OpenVPN.Perlu diketahui iOS atau pun smartphone Android tidak menyediakan protocol demikian ini. Untuk perangkat-perangkat berjenis smartphone Android atau iOS pilihlah protocol L2TP/Ipsec. Protocol dimaksud adalah pembaharuan dari protocol PPTP yang memiliki enkripsi lemah.

  • Batasan koneksi

Bandingkan pula bandwith atau kapasitas koneksi dengan kecepatannya ketika memilih VPN.Umumnya layanan VPN komersil menyediakan bandwith tanpa batas atau berkapasitas besar serta kecepatan yang sangat tinggi.Tapi jika Anda memilih layanan gratis, resikonya adalah kecepatannya terbatas serta kapasitasnya pun kurang memadai.

  • Lokasi server

Layanan VPN memiliki server di berbagai wilayah.Untuk mendapatkan VPN terbaik cobalah membandingkan ketersediaan server sekaligus wilayahnya.Ini terutama yang terdekat dengan lokasi Anda seandainya Anda tengah bepergian ke luar negeri.

Kelebihan dan kekurangan Menggunakan VPN

Setelah mengetahui cara memilih VPN berikutnya adalah mengetahui juga keunggulan dan kelemahan VPN. Secara umum VPN dapat merahasiakan identitas asli sekaligus membatasi history penelusuran baik oleh pemerintah atau ISP. Namun ternyata ada kelemahan lain VPN, yaitu koneksi yang bisa melambat sewaktu-waktu. Inilah secara detail kelebihan dan kekurangan VPN.

Kelebihan

  • Perlindungan keamanan data lebih terjaga
  • Memungkinkan untuk mengakses website yang terblokir
  • Akses jaringan diperoleh dari lokasi yang berbeda
  • Identitas IP yang asli dapat disembunyikan sehingga tak langsung diketahui

Kelemahan

  • Koneksi bisa melambat
  • Koneksi kurang stabil
  • Terdapat pembatasan penggunaan
  • Harus melakukan konfigurasi manual yang rumit

Apakah menggunakan VPN cukup aman?Sebenarnya relative aman namun hal ini tergantung dari protocol yang digunakan saat menciptakan koneksi. Ada dua factor utama yang berkaitan dengan keamanan VPN, yaitu:

  1. Teknologi – Untuk mengembangkan VPN mungkin digunakan teknologi yang terbatas misalnya enkripsi yang dipakai serta tipe protocol.
  2. Hukum – Pembatasan dengan kekuatan hukum serta kebijakan jelas akan berdampak pada penggunaan suatu teknologi. Demikian halnya dengan undang-undang Negara dimana VPN tersebut ditempatkan, serta kebijakan intern yang ditetapkan oleh perusahaan VPN.

Kesimpulannya, menggunakan VPN memang tak terjamin keamanannya 100%, tetapi dibandingkan dengan menggunakan koneksi biasa tentu saja VPN membarikan jaminan yang jauh lebih baik.

Alasan menggunakan VPN

Jadi apakah Anda sebaiknya menggunakan VPN atau tidak?Ini tentu saja terserah kepada Anda, namun ketahui dulu alasannya mengapa sebaiknya Anda memang menggunakannya.

  1. Membantu Anda menyediakan koneksi yang lebih terlindungi saat menggunakan wifi di ruang umum.
  2. VPN dapat mengenkripsi kegiatan Anda pada suatu website.
  3. Perangkat ini dapat menghentikan peretas yang ingin mengetahui apa yang Anda lakukan secara rahasia dengan menyembunyikan semua aktivitas Anda di internet.
  4. Dapat merahasiakan lokasi Anda berada serta memungkinkan Anda untuk menjelajahi website geo blocked atau pemblokiran oleh pemerintah sesuai lokasi geografis.
  5. Anda akan menjadi lebih anonym di internet.

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa VPN berperan untuk memberi keamanan koneksi di internet dalam hal aktivitas Anda, data pribadi, serta identitas.Walaupun memang masih ada kelemahannya, namun VPN adalah perangkat yang seharusnya tak terpisahkan dengan suatu aplikasi.Tersedia beberapa pilihan aplikasi yang menyediakan layanan server VPN, namun Anda juga dapat merancang server VPN sendiri baik pada PC atau VPS.

Tak hanya demi keamanan koneksi, VPN juga banyak digunakan untuk mengakses situs yang diblokir.Meski demikian Anda tetap harus berhati-hati dalam mengelola teknologi yang tampaknya menjanjikan ini mengingat masih ada kekurangannya di sana-sini.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menjadi referensi yang berguna bagi Anda.

Tinggalkan sebuah Komentar