Video Game Dapat Meningkatkan Kinerja Bedah

Video Game Dapat Meningkatkan Kinerja Bedah

Kami sudah bicara tentang bagaimana bermain game bisa membuat kamu lebih pintar. Tapi bisakah itu membuat kamu lebih baik dalam pekerjaan? Jika kamu seorang dokter bedah, jawabannya tampaknya “ya”. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa bermain video game meningkatkan koordinasi mata tangan.

Tan Ying Li dan rekan-rekannya melakukan penelitian. Ini dirancang untuk melihat apakah bermain video game dapat meningkatkan koordinasi tangan dan mata. Penelitian ini di uji pada sekelompok mahasiswa kedokteran dari Melaka Manipal Medical College di Malaysia. Para peneliti membagi mahasiswa kedokteran menjadi dua kelompok. Dalam kelompok eksperimen, peserta diminta untuk memainkan game smartphone ” Make Them Jump “. Kelompok lain tidak memainkan apapun.

Para peneliti menguji koordinasi tangan dan mata dengan meminta mereka melemparkan bola ke dinding dengan satu tangan dan menangkapnya dengan tangan lainnya. Jumlah tangkapan yang mereka buat dalam 30 detik direkam. Mereka mencatat data sebelum dan sesudah intervensi.

Hasilnya? Kelompok yang bermain game melakukan hal yang sama dengan kelompok kontrol sebelum intervensi permainan. Akan tetapi mereka melakukan lebih baik daripada kelompok kontrol setelah intervensi. Mereka juga meningkat secara signifikan dibandingkan kinerja mereka sebelumnya bermain game.

Apa artinya ini? Jadi intinya Video game dapat membantu meningkatkan koordinasi mata dan tangan.

Video Game

Video Game dan Bedah

Video game tidak hanya meningkatkan koordinasi tangan dan mata secara umum. Akan tetapi juga meningkatkan kemampuan, khususnya kemampuan ahli bedah untuk melakukan jenis operasi tertentu.

Dalam satu studi, peneliti menemukan bahwa individu dalam kelompok yang memainkan permainan keseimbangan pada ponsel membuat kesalahan operasi lebih sedikit. Ini lebih baik daripada individu dalam kelompok yang tidak bermain game. Hasil ini dikuatkan oleh penelitian lain, yang memainkan game di Nintendo Wii membuat kesalahan lebih sedikit daripada yang tidak.

Satu studi lain menemukan bahwa individu yang melakukan pemanasan dengan video game melakukan tugas operasi lebih cepat daripada yang lain.

Salah satu keterbatasan umum dari penelitian di bidang ini adalah bahwa cenderung ada sangat sedikit studi berkualitas tinggi. Yang ada terbatas karena biasanya ukuran sampelnya cukup kecil. Jadi penelitian ini agak tentatif dalam kesimpulannya tentang kegunaan video game untuk meningkatkan operasi.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Video Game Dapat Meningkatkan Kinerja Bedah