Tips Untuk Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

Tips Untuk Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional

Pada era serba online ini, hampir semua jenis bisnis memerlukan website. Dengan keberadaan website, bisnis pun terlihat lebih profesional dan lebih mudah untuk ditemukan oleh calon pelanggan. Oleh sebab itu, jika Anda mempunyai suatu bisnis, sangat direkomendasikan untuk membuat website bisnis dengan memilih jasa pembuatan website profesional.

Tentunya Anda juga bisa membuat website bisnis Anda sendiri. Namun kenyataannya tak semua orang mempunyai kemampuan ataupun pengalaman dalam membuat website bisnis yang profesional dan berkualitas. Tak perlu khawatir, saat ini ada begitu banyak penyedia jasa pembuatan website yang bisa dipilih untuk membantu Anda.

Namun jangan sembarangan dalam memilih jasa pembuatan website. Sebab website adalah representasi terbesar dari bisnis Anda di dunia maya. Anda harus memilih penyedia jasa pembuatan website terbaik. Cermati beberapa tips memilih jasa pembuatan website berikut ini.

Beberapa Tips Memilih Jasa Pembuatan Website Terbaik

Ada beberapa tips untuk memilih jasa pembuatan website profesional dalam pengembangan bisnis secara online. Membahas tentang bisnis saat ini, ada banyak pebisnis yang telah memasarkan produknya secara digital, dimana website menjadi salah satu medianya. Jika sekarang ini Anda ingin membuat website, pahami terlebih dahulu beberapa tips untuk memilih jasa pembuatan website berikut.

1. Mencari Tahu Profil Pembuat Website

Tips pertama adalah mencari tahu profil pembuat website atau agensi. Ketika mencari agensi, hal ini yang perlu Anda amati pertama kali. Anda dapat melihat visi misi perusahaan, serta siapa yang menjadi penanggung jawab. Informasi lain seperti alamat dan kontak juga ada pada company profile.

Anda pun bisa mengetahui siapa tim yang ada dibalik pembuatan website serta tahu siapa yang harus dihubungi bila website mengalami masalah. Percayalah bahwa aktivitas yang mungkin sedikit membosankan ini bisa membawa manfaat untuk Anda suatu saat nanti.

2. Mengamati Portofolio Pembuat Website

Tak perlu melakukan wawancara untuk bisa mengetahui hasil karya jasa pembuatan website profesional. Mereka yang profesional tentu tak ragu menunjukkan portofolio pada website resminya. Dengan mengamati hasil karyanya, Anda dapat mengetahui apakah agensi tersebut sesuai ataupun tidak.

Pada portofolio, Anda dapat menemukan informasi seperti foto tim beserta sertifikat keahlian, ataupun hal lainnya seperti afiliasi dengan perusahaan lainnya. Tak jarang penyedia jasa pembuatan website membuat ajang kompetisi yang dapat Anda ikuti pada bagian ini.

Namun dalam menilai jangan terpaku pada jumlah portofolio yang ada. Fokuslah pada kualitas karya serta tampilan website yang dibuat, ini yang lebih penting. Mungkin saja agensi tak menampilkan semua karyanya sebab ada perjanjian tertentu dengan kliennya.

3. Kredibilitas dan Legalitas

Kredibel artinya dapat dipercaya, sementara legal artinya telah memiliki izin. Cari penyedia jasa pembuatan website profesional yang telah terdaftar sebagai suatu perusahaan, contoh CV. Akan lebih baik lagi berbentuk PT.

Hal tersebut menjadi bukti bahwa agensi memang benar-benar profesional dalam menghadirkan jasa pembuatan website. Ini sangat penting khususnya jika Anda ingin membuat website bisnis sebab tampilan websitenya harus terjamin kualitasnya, profesional dan dinamis.

Agensi besar cenderung tetap dominan pada model bisnis apapun, sebab kredibilitas mereka telah lama terbangun di mata klien. Hal tersebut tak bisa diperoleh dalam waktu singkat serta jelas agensi dengan kualitas seperti ini lebih dapat diandalkan.

Agensi independen juga ada yang kualitasnya bagus, namun terkadang mereka memiliki kendala ketika dihubungi. Agensi yang legal berarti memiliki kredibilitas, sekalipun karyanya baru beberapa. Namun hal ini menghadirkan ketenangan untuk Anda ketika muncul permasalahan pada website.

4. Mengamati Demo dan Testimoni

Jasa pembuatan website profesional umumnya menyertakan demo dan hasil karya pada laman websitenya. Anda dapat mengamati seperti apa kinerja agensi melalui demo ini. Demo yang ditampilkan juga bisa berupa apapun, termasuk diantaranya bahasa pemrograman yang digunakan.

Anda pun dapat melihat testimoni klien lainnya untuk mencari tahu kualitas dari agensi tersebut. Testimoni klien lain sangatlah penting, khususnya sebagai rujukan. Jangan mengabaikan hal ini sebab Anda dapat mengamati apresiasi, saran hingga kritik yang disampaikan pada agensi.

Testimoni ini bisa memiliki peran sebagai bukti bahwa agensi tersebut benar-benar dapat diandalkan. Penting bagi Anda untuk membaca review klien lain, anggap saja seperti Anda akan berbelanja online kemudian mengamati review dari pelanggan lain terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

5. Cek Kelengkapan Fitur yang Tersedia

Satu agensi tentu menawarkan fitur yang berbeda dari agensi lainnya. Cukup wajar, karena adanya persaingan bisnis antar agensi penyedia jasa pembuatan website yang semakin marak. Dari begitu banyak, pilih agensi yang menyediakan fitur yang sepertinya Anda perlukan untuk website.

Kualitas website dari jasa pembuatan website profesional dinilai dari fitur yang tersedia dan wajib Anda pelajari. Fitur mumpuni dapat meningkatkan kinerja website bisnis di browser. Tentunya hal ini akan membantu untuk meningkatkan rating website bisnis Anda pada search engine.

Ada banyak agensi yang menjelaskan fiturnya secara detail di masing-masing daftar paketnya. Anda hanya perlu mencari tahu fitur yang sekiranya tepat untuk kebutuhan website serta sesuai dengan budget yang dimiliki.

6. Keamanan Data

Hal yang paling disorot di dunia online adalah keamanan data. Memang tak ada hal yang sempurna di dunia maya, semua tentu memiliki celah atau bug yang dapat disusupi oleh siapapun. Sekalipun tak seheboh kasus Cambridge Analytica, namun hal ini tetap harus diperhatikan dengan serius.

Tentu Anda tak menginginkan database yang berisi semua file website terekspos. Oleh sebab itu dalam memilih jasa pembuatan website profesional, pastikan mereka memang telah memahami soal keamanan data dan siber.

7. Memastikan Adanya Garansi

Idealnya agensi profesional tak hanya fokus pada pembuatan website saja. Mereka juga memberikan jaminan atau garansi bahwa website buatannya benar-benar dapat diandalkan. Garansi ini bisa memberikan rasa aman untuk Anda.

Contoh ada error ketika install plugin, agensi siap menangani permasalahan seperti ini. Namun pastikan garansi tersebut gratis, sebab tak jarang agensi meminta biaya ekstra dengan menyatakan bahwa error yang dialami terlalu parah.

Kendala teknis pada website bisa terjadi kapan saja, garansi pun harus termasuk dalam kendala seperti ini. Anda berhak untuk bertanya atau meminta garansi sebagai klien. Tak perlu khawatir dianggap cerewet, sebab hal ini termasuk hak yang harus Anda peroleh.

8. Memastikan Apakah Ada Biaya Maintenance

Banyak agensi menarik biaya maintenance untuk bulan pertama yang termasuk dalam layanan, namun ada pula yang tahunan tergantung pilihan paket. Anda dapat memilih paket sesuai kebutuhan, apakah hanya pembuatan website atau berikut maintenance. Hal ini harus dipahami agar tak ada permasalahan soal biaya maintenance nantinya.

Demikian beberapa tips untuk memilih jasa pembuatan website profesional. Semoga pembahasan ini bisa bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Tips Untuk Memilih Jasa Pembuatan Website Profesional flagcounter