Tips Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca di Laptop

Flashdisk menjadi salah satu media penyimpanan yang cukup banyak digunakan, karena lebih ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Hanya saja, terkadang ada beberapa permasalahan flashdisk yang mungkin akan Anda alami, termasuk permasalahan flashdisk tidak terbaca.

Flashdisk yang tidak bisa terbaca pastinya akan membuat Anda bingung. Terlebih jika Anda belum melakukan backup file. Kondisi ini akan menjadi dilema dan Anda akan kesulitan mengakses file tersebut. Untuk bisa mengakses kembali file tersebut, ada baiknya Anda mencoba melakukan cara memperbaiki flashdisk rusak berikut.

flashdisk tidak terbaca

Penyebab Flashdisk Tidak Terbaca

Untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca, terlebih dahulu Anda harus mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca di laptop. Penyebab flashdisk yang tidak bisa terbaca ini bisa dikarenakan beberapa hal.

1. Benturan Fisik

Flashdisk yang tidak bisa terbaca adakalanya disebabkan oleh benturan fisik yang menyebabkan bagian luar menjadi rusak. Kondisi ini diperparah jika flashdisk mengalami desakan keras yang menyebabkan kerusakan komponen flashdisk di bagian dalam.

2. Kondisi Internal Laptop

Terkadang kondisi laptop juga menjadi hal yang bisa menjadi penyebab flashdisk tidak bisa terbaca. Anda harus mengecek port USB, apakah kotor ataupun rusak. Selain itu, cek pula driver USB yang ada di laptop. Biasanya port USB kotor karena debu dan membuat port USB tidak bisa berfungsi optimal.

Perlakuan sering menarik flashdisk tanpa di-eject terlebih dahulu juga menjadi penyebab flashdisk tidak bisa terbaca di laptop. Jika hal ini yang menjadi penyebabnya, Anda cukup menggunakan laptop lain untuk bsia membuka file yang ada di flashdisk.

3. Kualitas Flashdisk

Sebelum membeli flashdisk, ada baiknya Anda mengetahui review merek flashdisk terbaik. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan tempat untuk membeli flashdisk.

Flashdisk yang KW atau abal-abal biasanya akan mempengaruhi kualitas flashdisk yang Anda gunakan. Flashdisk KW cenderung memiliki usia yang tidak cukup panjang dibandingkan dengan flashdisk yang ori. Jadi, untuk menghindari flashdisk tidak terbaca, pastikan untuk membeli flashdisk yang asli ya?

4. Serangan Virus dan Malware

Flashdisk yang sering dicolokkan ke beberapa laptop atau PC kemungkinan bisa terserang virus dan malware. Hal ini bisa menyebabkan flashdisk tidak bisa terbaca, bahkan laptop atau PC bisa ikut terserang virus dari flashdisk tersebut.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Bisa Terbaca

Setelah mengetahui penyebab flashdisk tidak dapat terbaca di laptop atau PC, Anda dapat dengan mudah mengatasi permasalahan tersebut. Cara memperbaiki flashdisk yang rusak berikut bisa Anda coba tanpa harus membeli flashdisk yang baru lagi.

1. Membersihkan Port USB

Port USB yang kotor akan membuat flashdisk tidak bisa terbaca di laptop atau PC. Cara mengatasinya adalah dengan membersihkan port USB menggunakan kuas agar debu yang menempel bisa hilang. Selain itu, Anda juga perlu membersihkan konektor USB untuk mengatasi permasalahan flashdisk tidak bisa terbaca.

Jika flashdisk yang Anda miliki merupakan flashdisk tipe terbuka, ada baiknya Anda membersihkan dengan menggunakan karet penghapus di lempengan kuningan USB. Untuk mengetahui apakah flashdisk bisa berfungsi normal kembali, Anda bisa menyambungkan flashdisk yang sudah dibersihkan ke laptop atau PC.

2. Scan dengan Antivirus

Flashdisk tidak terbaca lebih banyak disebabkan oleh virus atau malware. Untuk mengatasi hal tersebut Anda bisa memasang software antivirus pada PC atau laptop. Beragam rekomendasi software antivirus bisa Anda pasang sesuai dengan kebutuhan. Ada baiknya Anda juga meng-update software antivirus ke versi terbarunya.

Agar flashdisk bisa kembali terbaca, Anda perlu memindai flashdisk sebelum dibuka. Beberapa software antivirus bahkan sudah bisa mendeteksi virus ataupun malware pada flashdisk sebelum menginfeksi PC atau laptop.

3. Membuka dengan Command Prompt (CMD)

Cara ini termasuk cara lama untuk mengatasi flashdisk yang rusak. Meski begitu, Anda masih bisa mencoba cara ini dan cukup ampuh untuk mengatasi flashdisk yang tidak bisa terbaca. Dengan adanya fitur yang terdapat pada CMD ini Anda bisa mengetahui kondisi flashdisk secara keseluruhan. Berikut ini cara yang perlu dilakukan untuk mengatasi flashdisk yang bermasalah.

  • Hubungkan flashdisk ke PC atau laptop.
  • Buka Command Prompt pada menu di Windows.
  • Masukkan perintah ‘Chkdsk’ yang berarti pengecekan disk yang diikuti dengan nama device yang masuk. misalnya, Chkdsk E: yang artinya pengecekan disk E:
  • Tekan Enter.
  • Perintah akan diproses dan Anda akan diberikan informasi mengenai kondisi flashdisk secara keseluruhan.

4. Atasi dengan Computer Management

Jika tidak terdapat masalah pada port dan konektor USB, Anda bisa menggunakan Computer Management. Fitur ini memungkinkan Anda untuk memindai, memperbaiki, dan melakukan format drive sesuai kebutuhan. Untuk bisa memperbaiki flashdisk tidak terbaca menggunakan Computer Management, berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  • Sambungkan flashdisk ke port USB.
  • Buka pengaturan Computer Management.
  • Pada tab sebelah kiri, klik opsi ‘Disk Management’.
  • Klik kanan drive flashdisk dan klik opsi ‘Change drive letter and paths’.
  • Klik tombol ‘Change’.
  • kan ada menu dropdown ‘Assign the following drive letter’, pilih huruf yang tersedia dan klik OK. Cara ini untuk mengganti nama drive sesuai keinginan Anda.

Flashdisk bisa digunakan jika nama drive yang sudah diformat sudah diubah. Jika masih belum bisa digunakan, Anda bisa memilih untuk melakukan format flashdisk. Meskipun cara ini cukup ampuh untuk membuat flashdisk bisa kembali digunakan, melakukan format flashdisk akan membuat Anda kehilangan file yang sudah tersimpan di flashdisk. Untuk melakukan format flashdisk, berikut cara yang harus dilakukan.

  • Pastikan nama drive yang akan diformat benar.
  • Pada tab Disk Management, klik kanan dan pilih opsi ‘Format’.
  • Di tab ‘Format’, isi nama drive flashdisk dan klik OK.
  • Tunggu hingga proses format flashdisk selesai.

Melakukan cara format flashdisk akan membuat flashdisk Anda kembali seperti baru lagi. Anda bisa menggunakannya kembali, meski file yang sudah tersimpan akan dihapus secara otomatis saat proses format flashdisk.

5. Re-install Driver USB

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki flashdisk yang rusak adalah dengan melakukan instal ulang driver USB. Cara ini cukup efektif dilakukan jika Anda merasa tidak ada masalah pada port dan konektor USB. Untuk menginstal ulang driver USB, berikut cara yang harus dilakukan.

  • Hubungkan flashdisk ke laptop/PC.
  • Klik kanan logo Windows dan klik ‘Device Manager’.
  • Cari osi ‘Universal Serial Bus Controllers’.
  • Buka menu dropdown dan klik ‘USB Mass Storage Device’. Jika tandanya kuning menandakan eror.
  • Klik kanan dan pilih opsi ‘Uninstall Device’.
  • Setelah selesai, cabut dan colok kembali flashdisk yang akan digunakan.

Flashdisk tidak terbaca harus diketahui penyebabnya untuk mempermudah dalam mengatasinya. Anda bisa mencoba berbagai cara di atas, jika penyebabnya sulit diidentifikasi.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar