Tips Menabung Untuk Anda Yang Ingin Sukses di Masa Depan

Tips Menabung Untuk Anda Yang Ingin Sukses di Masa Depan

Kebanyakan orang tentu ingin memiliki uang lebih yang bisa digunakan untuk menabung, namun kenyataanya tidak semua orang bisa melakukan hal tersebut dengan mudah. Itulah kemudian mengapa cara atau tips menabung sangat penting untuk diperhatikan, khususnya bagi anak-anak muda yang baru memulai masa kerja.

Menabung sendiri merupakan aspek penting bagi kehidupan di masa depan. Dengan menabung nantinya Anda bisa menggunakan uang tersebut untuk mengembangkan bisnis, membeli aset, sebagai dana cadangan, atau untuk berinvestasi.

Biasanya, alasan utama mengapa seseorang merasa kesulitan cara menabung ialah jumlah penghasilan yang pas-pasan. Namun tahukah Anda? Jika diatur secara benar tentu Anda bisa menyisikan uang untuk menabung meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak.

Bagi Anda yang masih muda mulailah rajin menabung, jangan sia-siakan kesempatan ini. Anda belum memiliki banyak tanggungan misalnya seperti untuk biaya pendidikan sekolah anak, menyicil aset, atau kebutuhan lainnya.

Tips Menabung

Seberapa Pentingkah Menabung?

Selain menabung di Bank dengan cara membuka rekening baru, Anda juga bisa menabung sendiri di rumah. Jumlah uang yang ditabungkan tidak perlu terlalu banyak, asalkan dilakukan secara rutin itu justru lebih bagus. Sebelum menyisakan uang untuk ditabung setiap bulannya, hitung terlebih dahulu kebutuhan dan dana yang akan dikeluarkan.

Menabung menjadi sangat penting agar bisa memanage keuangan dan merencanakan kebutuhan di masa depan. Bagi yang belum memiliki tanggungan, coba bayangkan bahwa pada saatnya nanti Anda harus memiliki rumah sendiri dan menghidupi anggota keluarga. Maka itu semua harus dipersiapkan mulai dari sekarang dengan cara menabung.

Sedangkan bagi yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, tentu ingin mengembangkan bisnis baru dan pada akhirnya Anda bisa menikmati masa pensiun dengan nyaman. Nah, itulah mengapa menabung menjadi sangat penting, agar Anda memiliki dana cadangan untuk mengembangkan usaha tanpa harus berhutang.

Tips Menabung Jangka Panjang

Menabung bukanlah untuk direncanakan saja, namun harus segera Anda lakukan saat ini juga. Jangan menunggu hingga merasa memiliki penghasilan yang banyak. Sebab, seiring berjalannya waktu Anda akan dihadapkan dengan berbagai macam kebutuhan. Nah, agar proses menabung bisa terasa lebih mudah, inilah beberapa tips menabung yang bisa Anda lakukan.

Penghitung pengeluaran

Sebelum menentukan berapa jumlah uang yang akan Anda tabungkan, hitung terlebih dahulu seberapa besar pengeluaran untuk memenuhi kebutuhan disetiap bulan. Utamakan kebutuhan-kebutuhan pokok terlebih dahulu misalnya seperti, biaya makan, membeli peralatan mandi, uang bensin, dan termasuk kuota internet.

Kemudian ketika sudah masuk anggaran belanja kebutuhan, hitung berapa sisa uang yang Anda miliki. Dari uang sisa gaji perbulan setelah digunakan untuk berbelanja kebutuhan pokok jangan dimasukan ke tabungan semua, untuk tahap pertama cobalah menyisikan 50% saja dan sisanya dijadikan sebagai dana cadangan.

Mencari pemasukan dari sumber lain

Agar lebih cepat berkembang Anda tidak bisa mengandalkan hanya dari gaji perbulan saja, harus ada pemasukan dari sumber lain yang bisa dijadikan penghasilan sampingan. Apalagi jika Anda berstatus sebagai karyawan di perusahaan miliki orang lain. Cobalah untuk meraba pada diri sendiri, sekiranya skill apa yang Anda miliki dan berpotensi bisa mendatangkan penghasilan.

Di era serba teknologi seperti saat ini, ada banyak peluang usaha online yang bisa dilakukan untuk memperoleh penghasilan tamabahan, bahkan untuk seorang karyawan yang sudah memiliki pekerjaan sekalipun. Misalnya yakni dengan ikut terjun di dunia jual beli online atau menjadi reseller, menjadi penulis konten, youtuber, bloger, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa mencari job kerja freelance di beberapa situs seperti sribulancer dan fiverr.

Mulai berinvestasi

Ketika proses menabung sudah berjalan dan berhasil, cobalah mulai berinvestasi di angka yang kecil terlebih dahulu. Dengan berinvestasi jangka panjang maka secara otomatis nilai tabungan Anda akan bertambah. Berbeda ketika hanya menabung saja, uang di tabungan tidak akan bertambah justru semakin berkurang nilainya yang disebabkan oleh inflasi. Diantara menabung dan berinvestasi memang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk meminimalisir resiko dalam berinvestasi, Anda bisa memulai investasi dengan cara membeli logam mulia, tanah, atau rumah. Dari ketiga aset tersebut hampir setiap tahunnya mengalami kenaikan yang cukup signifikan dalam cara menabung uang. Bahkan selain dijual kembali dan memperoleh keuntungan, Anda juga bisa menggunakan aset tersebut untuk kepentingan pribadi.

Jangan mudah hutang

Banyak perusahaan finansial yang menawarkan pinjaman dengan iming-iming bunga rendah, ini menjadikan daya tarik tersendiri bagi beberapa orang. Apalagi dengan maraknya pinjaman online, proses pinjaman menjadi lebih mudah dan tanpa agunan. Namun sebaiknya tahan keinginan tersebut jika memang ingin memiliki uang yang cukup banyak dalam bentuk tabungan.

Bagimana mungkin Anda bisa menyisikan uang untuk menabung jika setiap bulannya harus menyicil setoran untuk melunasi hutang. Maka berpikirlah dua kali jika Anda memiliki rencana untuk berhutang di teman, Bank, atau pinjaman online. Sebisa mungkin hindari hutang, apalagi jika dana tersebut digunakan untuk keperluan yang tidak produktif seperti membeli peralatan elektronik atau baju baru.

Tidak memiliki kartu kredit

Dengan menghindari atau tidak menggunakan kartu kredit bukan berarti layanan yang ada di kartu kredit buruk dan berpengaruh terhadap keuangan seseorang. Justru sebaliknya, dengan adanya kartu kredit transaksi keuangan bisa menjadi lebih mudah dan efesien. Bahkan Anda bisa melakukan pembelian di toko online menggunakan metode pembayaran diangsur selama beberapa bulan dengan bunga 0%.

Itulah kemudian yang menjadi alasan mengapa Anda harus menghindari menggunakan kartu kredit jika ingin memiliki uang tabungan. Kemudahan melakukan transaki keuangan dan sederet promo menarik dari program kartu kredit menjadikan seseorang berprilaku lebih boros. Secara psikologis ada perasaan rugi jika tidak mengambil promo atau potongan harga, padahal produk yang akan Anda beli bukanlah yang Anda butuhkan.

Menggunakan aplikasi managemen keuangan

Mungkin Anda akan membutuhkan buku catatan sebagai kontrol keluar masuknya uang dan evaluasi di bulan berikutnya. Namun lagi-lagi di era yang serba terknologi seperti saat ini semua bisa dilakukan dengan lebih mudah. Pembukuan keuangan sudah tidak dilakukan secara manual, cukup dengan menggunakan aplikasi menajemen keuangan Anda bisa melakukan pembukuan keuangan di smartphone.

Anda bisa memilih dan mendownload salah satu aplikasi tersebut di Google PlayStore maupun AppStore. Diantara aplikasi keuangan yang paling populer dan tentunya bisa di unduh secara gratis ialah seperti BukuKas, Finansialku, Akutansi Keuangan, dan masih banyak lagi. Anda bisa memanfaatkan beberapa aplikasi tersebut segai pengganti pencatatan secara manual.

Semua tips menabung yang sudah disampaikan di atas ialah sekedar teori yang kemungkinan bisa membantu Anda, sebenarenya ada juga cara menabung 10 juta dalam 3 bulan secara santai. Namun sebetulnya kesuksesan menabung sangat dipengaruhi oleh faktor keseriusan dan komitmen setiap pribadi masing-masing. Dan cobalah menentukan target pembelian aset yang harus Anda miliki di masa depan, agar proses menabung menjadi lebih bersemangat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Tips Menabung Untuk Anda Yang Ingin Sukses di Masa Depan