Tips Memilih Jasa Asuransi Mobil dan Manfaatnya

Tips Memilih Jasa Asuransi Mobil dan Manfaatnya

Asuransi menjadi salah satu yang penting untuk dipertimbangkan. Terutama untuk sebuah mobil, nilai mobil yang cukup besar membuat mobil perlu dirawat dan dilindungi sebaik mungkin. Dalam memilih asuransi mobil perlu dilakukan beberapa pertimbangan.

Manfaat Asuransi Mobil

Sebelum memutuskan untuk memilih asuransi perlu diketahui terlebih dahulu manfaat dari asuransi untuk mobil. Bagi Anda yang berkendara dengan sangat hati-hati dan tidak pernah berkendara jarak jauh tentu saja menganggap bahwa asuransi tidaklah penting. Hanya membuang biaya saja.

Namun ternyata asuransi tidak hanya sekedar untuk jaminan kerugian saja, melainkan bisa digunakan sebagai investasi perawatan. Tidak akan ada yang tahu masa depan akan seperti apa. Alangkah baiknya Anda mempersiapkan seperti asuransi sebagai pencegahan dan perlindungan kerugian.

Bukan berharap untuk mengalami suatu musibah tetapi tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga. Ada banyak manfaat asuransi yang dapat Anda peroleh. Berikut ini merupakan beberapa manfaat dari mengasuransikan mobil.

Menutup biaya kerusakan

Manfaat pertama dari asuransi yaitu dapat menutup biaya kerusakan mobil. Asuransi dapat digunakan untuk menutupi kerugian akibat musibah yang terjadi seperti kecelakaan, kebakaran, pencurian dan lain sebagainya.

Semua biaya akan ditanggung dengan melakukan klaim asuransi. Sehingga Anda tidak perlu khawatir saat terjadi kerusakan pada kendaraan.

Perlindungan resiko kecelakaan

Siapa yang mau mengalami kecelakaan? Tentu saja tidak ada yang mau mengalami hal ini. Tetapi untuk perlindungan tidak ada salahnya juga, sekedar untuk berjaga-jaga saja. Biaya kerusakan yang ditimbulkan akibat kecelakaan bisa diganti oleh pihak asuransi. Besaran biayanya tergantung dari berapa persen kerusakan yang ditimbulkan.

Perlindungan resiko pencurian

Selain perlindungan kecelakaan, asuransi mobil juga bisa menjadi perlindungan dari resiko pencurian kendaraan. Ganti rugi dari pencurian tergantung dengan paket asuransi yang Anda pilih. Anda juga bisa mendapatkan penggantian unit mobil baru sesuai dengan asuransi yang Anda bayarkan.

Meminimalkan pengeluaran

Sudah mengalami kerugian akibat kecelakaan ataupun pencurian ditambah harus menanggung kerusakannya. Itu terjadi apabila ada tidak mengasuransikan kendaraan, tetapi jika Anda mengasuransikan kendaraan maka hal tersebut tidak akan terjadi.

Pihak asuransi akan memberikan ganti rugi pada kerusakan mobil maupun kehilangan. Sehingga tidak akan mengganggu biaya lain.

Manfaat fitur layanan tambahan

Beberapa perusahaan asuransi juga menawarkan fitur tambahan lainnya, bukanhannya penjaminan ganti rugi kerusakan atau pencurian saja tetapi juga menyediakan mobil derek yang bisa digunakan pada saat Anda mengalami kehabisan bahan bakar, kerusakan yang jauh dari SPBU ataupun bengkel.

Bukan hanya sekedar asuransi biasa

Selain sebagai menjamin kerusakan asuransi juga memberikan bantuan hukum pada Anda apabila terjadi kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga. Selain itu pada saat pembelian polis asuransi Anda juga bisa mendapatkan banyak bonus seperti voucher e-toll, bahan bakar dan lain sebagainya.

Bebas biaya tanggungan bagi pihak ketiga

Apabila Anda mengambil paket terlengkap asuransi mobil maka tidak hanya bisa membiayai diri sendiri dan kerusakan mobil saja, tetapi juga menjamin biaya pihak ketiga apabila Anda mengalami kecelakaan yang melibatkan pihak ketiga.

Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan medis ataupun biaya perbaikan mobil, semua sudah ditanggung oleh pihak asuransi apabila Anda memilih paket lengkap atau juga bisa dengan paket tambahan.

Sebagai bahan investasi

Tanpa disadari ternyata asuransi bisa menjadi salah satu sarana untuk melakukan investasi. Asuransi bisa menjaga nilai jual mobil tetap tinggi karena mobil dalam keadaan terawat. Mobil yang terawat pasti mempengaruhi harga jualnya.

Selain itu dengan menggunakan asuransi juga Anda tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan ataupun biaya pergantian apabila terjadi kerusakan atau kehilangan.

Tips Memilih Asuransi Mobil Yang Sesuai

Ketika terjadi suatu hal yang merugikan menimpa mobil Anda, asuransi menjadi pelindung untuk mobil. Sehingga perlu dilakukan pertimbangan sebelum memilih jasa asuransi yang ingin digunakan. Berikut beberapa tips dalam memilih asuransi yang sesuai dengan mobil Anda.

Menentukan Jenis Asuransi

Tips pertama yang harus dilakukan yaitu menentukan jenis asuransi yang ingin dipilih. Banyak sekali jenis asuransi yang bisa dipilih diantara sebagai berikut.

  • Total Loss Only (TLO), jika Anda mengalami kerusakan mobil dengan nilai kerugian lebih dari 75% dari harga. Meskipun harga asuransinya terjangkau tetapi klaim tidak akan berlaku jika hanya kerusakan kecil pada mobil.
  • All Risk, asuransi jenis ini tentu saja sesuai dengan namanya yakni dapat menanggung semua resiko. Bahkan untuk baretan kecil juga dapat mengklaim asuransi ini. Namun memang harga yang harus dibayarkan juga lebih tinggi dari TLO.

Melakukan Survei

Tips kedua yaitu melakukan survei ke beberapa perusahaan asuransi yang sudah di list sebelumnya. Tidak perlu mendatangi perusahaan satu per satu saat survei, Anda dapat melakukannya dengan mudah yaitu secara online.

Biasanya perusahaan yang sudah terpercaya memiliki banyak nasabah. Anda dapat melihat testimoni dari mereka baik itu melalui website resmi atau website lain yang sengaja mengulas asuransi tersebut.

Ketahui jenis paket apa saja yang dimiliki dan coba bandingan dengan perusahaan lainnya. Setelah melakukan perbandingan dan mendapatkan yang cocok maka Anda bisa coba menghubungi mereka.

Perhatikan Kontrak Kerjasama

Tips selanjutnya ialah memperhatikan kontrak kerja sama sebelum menandatanganinya secara seksama. Tanyakan apabila ada kontrak yang dirasa mengganjal atau tidak dimengerti tanyakan langsung pada pihak asuransi. Jangan langsung menandatangani kontrak bila dirasa Anda belum paham.

Karena setelah tanda tangan kontrak maka semua harus sudah berjalan sesuai dengan kontrak tersebut. Pahami bagaimana klaim asuransi, biaya, dan lainnya. Barulah setelah sesuai Anda dapat menandatangani kesepakatan tersebut.

Perhatikan Bengkel Partner

Selanjutnya yang perlu diperhatikan yaitu bengkel partner asuransi yang akan Anda pilih. Biasanya pihak asuransi memiliki bengkel partner yang akan digunakan saat mobil klien mereka mengalami masalah.

Cari tahu mengenai lokasi dari bengkel apakah mudah dijangkau serta ketersediaan suku cadang dan kualitas. Hal tersebut tentunya akan sangat penting karena menyangkut perbaikan mobil nantinya. Asuransi mobil tidak hanya klaim uang saja tetapi juga mengenai perbaikan yang harus ditangani oleh montir profesional.

Pelayanan Yang Memadai

Tips selanjutnya yang harus Anda perhatikan ialah pelayanan dari jasa asuransi yang akan dipilih. Pastikan mereka memberikan pelayanan yang memadai untuk pengguna mereka. Jasa asuransi yang responsif tentunya akan banyak disenangi.

Tentunya pada saat kondisi darurat, perusahaan harus memberikan respon yang baik untuk pelanggan sehingga pelanggan bisa merasa bahwa perusahaan memang bertanggung jawab. Carilah asuransi mobil yang memiliki call center yang dapat melayani 24 jam. Sehingga Anda dapat menghubunginya sewaktu-waktu.

Pilih juga asuransi yang bisa memberikan layanan derek gratis untuk Anda. Hal ini untuk antisipasi apabila tiba-tiba terjadi hal tidak diinginkan di jalan raya.

Itulah beberapa tips yang harus dipertimbangkan untuk memilih jasa asuransi yang tepat bagi mobil Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Tips Memilih Jasa Asuransi Mobil dan Manfaatnya