Tips Memilih Domain dan Hosting

Tips Memilih Domain dan Hosting

Bagi kamu yang baru pertama kali belajar seputar dunia blog atau website tentu masih ada beberapa kendala ketika akan merubah domain atau membeli layanan hosting. Hal tersebut sangat wajar, bahkan hampir seluruh blogger profesional berawal dari ketidaktahuan.

Domain dan hosting merupakan sesuatu yang sangat penting jika Anda ingin membuat website, keduanya ibarat sebuah rumah dan alamatnya. Nah, di artikel ini kita akan membahas hal tersebut, termasuk tentang tips memilih domain maupun hosting dan rekomendasi perusahaan hosting terbaik di Indonesia.

Langkah Memilih Domain dan Hosting

Akan tetapi sebelum membahas tentang bagaimana cara merubah nama domain dan menggunakan hosting, alangkah baiknya kita menyimak terlebih dahulu tentang tips memilih domain dan hosting. Sebab hal tersebut sangat bermanfaat agar kamu mendapatkan layanan yang terbaik.

Memilih nama domain

Memilih nama domain sangat penting untuk eksistensi website kamu. Nama website biasanya menggambarkan konten apa saja yang akan kamu tulis, sehingga dengan hanya membaca nama domain website pengunjung sudah memiliki gambaran tentang apa yang dibahas di website tersebut. Selain itu untuk memilih domain usahakan menggunakan nama yang populer digunakan seperti .com, .id, co.id, .net, web.id, dan sch.id.

Nama domain tidak terlalu panjang

Agar mudah diingat oleh banyak orang sebaiknya memilih nama domain se-singkat mungkin. Kebanyakan nama domain pada website biasanya hanya terdiri dari satu atau dua kata saja, sangat jarang ditemui website dengan nama lebih dari dua kata, sebagai contoh misalnya adalah www.berita.com atau www.beritateknologi.id.

Tidak menggunakan simbol pada nama domain

Sebaiknya kamu menghindari simbol pada nama domain yang akan kamu gunakan. Kebiasaan orang saat menulis sesuatu di mesin pencarian google sangat jarang menyertakan simbol seperti tanda penghubung atau yang lainnya.

Mempertimbangkan kebutuhan hosting

Sebelum memutuskan membeli hosting sebaiknya kamu pertimbangkan terlebih dahulu kebutuhan hosting untuk website yang akan kamu kelola. Termasuk space hosting, server hosting, dan support hosting. Jika website yang kamu kelola tergolong masih baru dengan jumlah traffic yang belum terlalu banyak maka sebaiknya menggunakan hosting dengan kapasitas yang tidak terlalu besar.

Menentukan jenis website

Menentukan jenis website sangat berpengaruh untuk menentukan paket hosting yang akan kamu ambil. Website personal dan website untuk perusahaan atau bisnis online tentu berbeda dalam memilih kapasitas hosting. Sebagai contoh adalah jika kamu akan mengelola website toko online maka sudah pasti kamu harus memilih hosting dengan paket yang lumayan tinggi, agar tidak terjadi kendala ketika menyimpan banyaknya gambar dari produk-produk yang akan kamu jual.

Menentukan lokasi server

Selanjutnya adalah mempertimbangkan dari negara mana yang akan mengunjungi website kamu, apakah dari dalam negeri atau luar negeri. Meskipun kecepatan server dipengaruhi oleh spesifikasi hardware server, lokasi server juga terkadang berpengaruh terhadap proses load website.

Ada beberapa server yang disediakan oleh perusahaan penyedia hosting, diantaranya adalah sebagai berikut. Hosting IIX (lokasi server di Indonesia), Hosting USA (lokasi server di USA), Hosting SG (lokasi server di Singapore), Hosting EU (lokasi server di Eropa).

Rekomendasi Web Hosting Terbaik

Saat ini mungkin kamu sudah memiliki gambaran nama domain dan paket hosting yang akan kamu gunakan. Untuk memperoleh harga dan layanan terbaik dari perusahaan penyedia domain dan hosting, berikut adalah beberapa nama perusahaan yang direkomendasikan dan layak untuk kamu coba.

PenyediaPromoRating
NiagahosterDomain GRATIS Oktober 2021★★★★★
IdcloudhostHosting lengkap hemat 60%★★★★☆
Jagoan HostingTebus hosting murah cuma Rp. 10k★★★☆☆
QwordsFlash Sale Oktober 2021 domain murah★★☆☆☆
DomainesiaDiskon hosting 30% SELAMANYA★☆☆☆☆
RumahwebDomain .ID super murah☆☆☆☆☆

Niagahoster

Penyedia layanan web hosting yang bermarkas di Yogyakarta ini sudah di percaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Rabbani, Richeese Factory, Otten Coffee, Hydro Coco, dan Pertokimia Gresik.

Dengan mengeluarkan biaya Rp. 554.193 per tahun kamu sudah bisa memanfaatkan layanan web hosting terbaik dari niagahoster sekaligus memperoleh domain gratis. Paket hosting yang ditawarkan oleh niagahoster adalah paket bayi, paket pelajar, paket personal, dan paket bisnis, untuk lebih lengkapnya silahkan langsung saja kunjungi situs niagahoster.co.id.

Idcloudhost

Tak mau kalah dengan niagahoster, penyedia layanan web hosting terbaik yang beralamatkan di kota Jakarta ini juga sudah dipercaya oleh banyak perusahaan dan instansi pemerintahan seperti Kementerian Agama, Kementerian Perindustrian, Badan Amil Zakat Nasional, Telkomsel, Pertamina, J&T, dan masih banyak lagi.

Selain domain Idcloudhost juga menyediakan Cloud Hosting, Server VPS, Private Server, Dedicated Server. Adapun untuk layanan hosting di Idcloudhost termurah adalah Rp. 15.000 per bulan atau Rp. 170.000 jika kamu sekaligus menyewa dalam waktu satu tahun. Kamu penasaran dengan layanan dari idcloudhost? Silahkan kunjungi website idcloudhost.com

Domainesia

Masih satu kota dengan niagahoster, domainesia juga merupakan salah satu penyedia web hosting terbaik yang sudah dipercaya oleh perusahaan besar dan diantaranya adalah Indomaret. Bahkan hampir seluruh pelanggan domainesia memberikan komentar yang positif dan penilaian yang baik.

Di domainesia kamu bisa memilih layanan hosting berdasarkan kebutuhan website yang kamu kelola, setidaknya ada tiga kategori dan space yang ditawarkan oleh domainesia diantaranya adalah paket extra, super, dan monster. Peket Extra di bandrol dengan harga 16 ribu per bulan, paket Super 32 ribu per bulan, dan paket Monster 64 per bulan, harga tersebut belum termasuk diskon jika kamu menyewa sekaligus satu tahun.

Itulah sekilas tentang tips memilih domain dan hosting terbaik untuk kebutuhan web yang sedang kamu kelola, semoga info ini bermanfaat.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Tips Memilih Domain dan Hosting