Tips Membangun Bisnis Franchise Minuman Terlaris

Siapa yang tidak tahu bisnis waralaba atau yang dikenal dengan nama lain franchise? Ini merupakan bisnis yang paling marak ditemukan di Indonesia karena dinilai paling aman bagi para pemilik modal yang ingin terjun ke dunia bisnis tanpa menemui banyak halangan. Kini franchise minuman terlaris adalah yang saat ini paling sering dipilih mengingat ini merupakan usaha sedang tren di Indonesia dan buktinya banyak sekali waralaba minuman yang berdiri di sepanjang jalan.

franchise minuman terlaris

Memilih Bisnis Franchise Minuman Terlaris

Franchise atau waralaba itu memiliki dua pihak yang saling bekerja sama. Pertama disebut dengan Franchisor atau Pewaralaba dan ini merupakan individu atau perusahaan yang mempunyai merk dan menjual sistem bisnisnya dengan harapan mereka mendapatkan fee sekaligus royalti. Kemudian, pihak yang kedua dikenal dengan Franchisee dan ini adalah individu atau perusahaan yang menggunakan dan membeli merk termasuk sistem bisnisnya dengan harapan bisa memperoleh profit dari usaha yang ditawarkan kepada konsumen.

Jika melihat dari tren masa kini, franchise minuman terlaris kini sedang marak. Contohnya adalah bisnis minuman kopi kekinian yang banyak ditemukan dimanapun seluruh Indonesia dengan berbagai macam merk, kemasan hingga topping dan isi di dalam minuman kopi itu. Biasanya minuman kopi ini dijual dalam kios yang kecil hingga ada pula yang memiliki tempat tersendiri seperti mini cafe untuk menjual kopi tersebut. Seolah tidak ada matinya, makin banyak kopi merk berbeda yang muncul.

Franchise minuman jauh lebih banyak dipilih oleh mereka yang memiliki modal kecil karena biayanya memang tidak terlalu besar namun profitnya tinggi sebab bisnis minuman sedang tren saat ini tidak peduli jenis minuman apa yang Anda jual. Belum lagi cukup mudah untuk dipelajari proses membuatnya dan peralatan maupun bahan yang dibutuhkan tidak sulit sehingga bisa cepat diterapkan dan diaplikasikan untuk mendapatkan keuntungan besar dalam waktu yang relatif cepat.

Keuntungan Membangun Bisnis Franchise Minuman Terlaris

Ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh franchisee atau penerima waralaba yang memilih bisnis franchise minuman terlaris ini daripada bisnis lainnya antara lain:

  • Resiko kerugian bisa ditekan atau dikurangi sebab pasti ada mentor usaha yang akan membantu Anda untuk menyelesaikan masalah termasuk memberikan Anda training untuk membuat minuman itu sejak awal hingga akhir dibandingkan melakukan trial dan error membuat dan meracik minuman sendiri yang belum tentu enak.
  • Anda akan memiliki bisnis sekaligus sistem bisnis untuk waktu yang singkat dengan cara yang mudah daripada Anda harus membangun bisnis sendiri sejak awal yang penuh akan rintangan.
  • Tidak perlu lagi kerepotan dalam membuat SOP kerja, sistem bisnis, pengembangan produk, penanganan pembeli maupun pengembangan bisnis sebab Anda hanya perlu menerapkan apa yang telah diberikan oleh pihak franchisor untuk Anda.
  • Anda jauh lebih terbantu lagi dari segi merk atau brand sebab pemilik franchise ini bisa membantu Anda di dalam seluruh kegiatan branding dan pemasaran. Bahkan biasanya Anda juga mendapatkan website untuk meningkatkan bisnis secara online.
  • Keterampilan Anda semakin bertambah termasuk pengalaman sebab Anda tahu cara kerja dari suatu bisnis daripada mempelajari semuanya sejak awal dan mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menjalankan dan membangun bisnis.
  • Tidak lagi perlu melakukan improvisasi apapun bahkan menyewa jasa konsultan sebab Anda hanya perlu melakukan komunikasi saja dengan franchisor apabila terkendala sesuatu.
  • Anda memperoleh profit dari modal contohnya stok bahan membuat minuman yang jauh lebih terjangkau sebab Anda bekerja sama dengan pihak franchisor.
  • Pendanaan yang lebih mudah dari pihak jasa keuangan seperti bank sebab pihak franchisor akan membantu Anda.

Langkah Awal Membangun Bisnis Franchise Minuman Terlaris

Ketika hendak membuat franchise minuman terlaris, mengamati tren minuman yang sedang “in” saat ini merupakan hal yang baik sehingga Anda tahu apa yang paling sering dikonsumsi oleh konsumen. Kopi kekinian merupakan jenis minuman yang paling sering dicari dan juga teh dengan berbagai macam topping maupun rasa ditambah minuman boba yang di dalamnya terdapat butiran tapioka berwarna hitam yang kenyal. Mengamati tren akan membuat peluang bisnis franchise ini semakin lancar dan tidak berpotensi untuk mengalami kegagalan yang cepat.

Untuk melakukan franchise dengan lancar, maka ada beberapa hal yang harus dilakukan antara lain:

  • Membuat proposal pengajuan yang baik

Dapat dikatakan di dalam franchise ini, baik franchisor maupun franchisee adalah satu tim dimana kesuksesan yang dapat diraih oleh franchisee di dalam menjalankan usaha ini bisa mendukung dan meningkatkan brand yang dimiliki oleh franchisor. Untuk bisa menuju kesuksesan ini, maka jalinan kerja sama yang sangat baik perlu dibentuk dan haruslah memiliki sifat win-win. Dengan kata lain, semua pihak yang terlibat termasuk konsumennya nanti akan merasakan semua efek yang positif. Buatlah proposal pengajuan yang baik lengkap dengan tujuan mengapa Anda ingin berbisnis dan mengapa memilih mereka sebagai franchisor. Buatlah proposal sejujur mungkin dan rasional karena pihak franchisor bisa menyadari apakah Anda jujur atau tidak dengan rencana proposal itu.

  • Memperhatikan syarat yang diajukan pihak franchisor

Tentu bisnis itu harus memiliki ijin dan lisensi. Anda harus memperhatikan dengan baik apakah franchisor yang Anda pilih sudah memiliki seluruh ketentuan yang diwajibkan oleh pemerintah. Jika tidak memiliki ijin maupun lisensi, maka akan ada denda atau bahkan penutupan usaha secara paksa yang akan merugikan pihak franchisee dan konsumen. Franchisor juga berhak untuk menghentikan seluruh aktivitas waralaba apabila pihak franchisee tidak mematuhi seluruh persyaratan dari lisensi yang diperlukan. Penting bagi Anda untuk membaca dengan baik seluruh kontrak yang berisi peraturan yang memiliki kaitan dengan franchise minuman itu dan pastikan jika Anda bisa memenuhi seluruh aturan.

  • Teliti ketika memilih pihak franchisor

Pada umumnya, ada banyak sekali pengusaha pemula yang memilih usaha dengan melakukan franchise daripada harus membangun bisnis mereka sendiri sejak awal atau dari nol karena waralaba telah terbukti bisa langsung berjalan dengan lancar mengingat brandnya sudah terkenal. Tapi apakah selalu demikian? Walaupun nama brand telah terkenal, hal ini tidak menjamin jika Anda akan sukses bila menjadi mitra bisnis franchise itu. Karenanya, Anda harus tetap berhati-hati di dalam memilih usaha franchise sebab rupanya masih bisa ditemukan banyak penipuan dengan kedok bisnis waralaba ini.

Contohnya Anda ingin membuka bisnis kopi kekinian. Cobalah mengumpulkan banyak informasi mengenai bisnis franchise itu dan bukan hanya sekedar kata-kata melainkan ada bukti yang perlu dilakukan. Anda pun dapat mengumpulkan bukti informasi mengenai kredibilitas dari franchise yang Anda incar melalui kerabat atau teman yang mengetahui tentang waralaba terkait. Dengan demikian, Anda bisa menginvestasikan dana di dalamnya dengan baik mengingat reputasinya terjaga. Jangan hanya tergoda dengan kata-kata manis marketing saja.

Inilah beberapa cara dan juga keuntungan membangun bisnis franchise minuman terlaris yang sedang populer saat ini bahkan peminatnya masih tinggi. Lakukan sebaik mungkin sejak awal dan bukan hanya mengandalkan brand terkenal dari pihak franchisor saja untuk meraih kesuksesan sebab dunia bisnis penuh persaingan dan Anda harus benar-benar cerdas dalam mendatangkan konsumen.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar