Tinder Di Indikasi Bocorkan Data Pelanggan

Tinder Di Indikasi Bocorkan Data Pelanggan

Setidaknya sepuluh aplikasi Android termasuk aplikasi kencan seperti Grindr, OkCupid dan Tinder mengirimkan data pengguna ke pihak ketiga tanpa persetujuan. Ini baru terungkap ketika Dewan Konsumen Norwegia telah mengungkapkannya dalam sebuah laporan.

Aplikasi tersebut tampaknya melanggar Peraturan privasi data umum GDPR (General Data Privacy Regulation) Uni Eropa. Padahal GDPR bertujuan untuk melindungi informasi pribadi orang secara online, seperti yang ada pada laporan itu.

Tinder

Aplikasi Selain Tinder yang membagikan data pribadi pengguna

Terlepas dari Tinder dan OkCupid, ada beberapa aplikasi lain yang juga membocorkan infomasi pengguna. Antara lain ada aplikasi makeup Perfect365, MyDays, Clue, Wave Keyboard, Happn, Muslim: Kiblat Finder. Selain itu My Talking Tom 2 juga berbagi data pribadi pengguna dengan perusahaan iklan pihak ketiga.

Jenis data apa yang dibagikan?

Data pribadi termasuk lokasi GPS pengguna, alamat IP, jenis kelamin, usia, tahun kelahiran, dan ID Iklan. Ada pula koordinat GPS, negara, segmen usia, daftar aplikasi yang diinstal pada ponsel, informasi titik akses Wi-Fi juga dibocorkan oleh mereka. OkCupid berbagi informasi yang lebih sensitif seperti seksualitas, penggunaan narkoba, pandangan politik dan banyak lagi, menurut laporan itu.

Tidak ada aplikasi yang menyediakan informasi yang diperlukan bagi konsumen untuk membuat pilihan yang tepat ketika meluncurkan aplikasi. Selain itu, kami menemukan hampir tidak ada pengaturan dalam aplikasi untuk mengatur atau mencegah berbagi data pribadi dengan pihak ketiga,” kata Dewan Konsumen Norwegia menunjuk dalam laporan.

Pihak ketiga mana yang terlibat?

Sesuai laporan, data dari aplikasi ini dikirim ke setidaknya 135 perusahaan periklanan yang berbeda. Ini juga termasuk nama besar seperti layanan iklan Google DoubleClick dan Facebook. Dalam kasus Grindr, mereka berbagi data pribadi dengan AppNexus dan OpenX. Sedangkan OkCupid berbagi data yang sangat pribadi dengan perusahaan analitik Braze.

Secara khusus, delapan aplikasi mengirim data ke Google DoubleClick, termasuk Happn, Muslim: Finder Kiblat, dan My Days. Sedangkan sembilan aplikasi berbagi data pribadi dengan Facebook. Ini termasuk Clue, Happn, Muslim: Finder Kiblat, My Talking Tom 2, OkCupid, Perfect365, Tinder, dan Wave Keyboard.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Tinder Di Indikasi Bocorkan Data Pelanggan