Supplier Dropship Terpercaya dan Tips Memilihnya

Di jaman yang serba canggih dan modern ini, tentu saja masyarakat harus memutar otak mereka untuk tetap bertahan sekaligus apalagi guna memenuhi kebutuhan hidup dan finansial secara menyeluruh. Membuat usaha sampingan atau memulai usaha sendiri adalah pilihan yang tepat dan dropship menadi pilihan. Namun dibutuhkan supplier dropship terpercaya yang akan mendukung semua usaha Anda sehingga mampu memberikan hasil yang baik bagi finansial Anda.

Supplier Dropship Terpercaya

Apa Itu Sistem Dropship dan Mengapa Harus Mencari Supplier Dropship Terpercaya?

Saat ini, bukan hal yang sulit lagi untuk membuka atau memulai usaha tanpa adanya modal sebab terdapat sistem dropship yang akan mempermudah usaha bisnis online Anda tanpa diperlukan biaya sama sekali. Sistem dropship ini telah menjadi solusi yang sangat baik di mata seluruh masyarakat Indonesia khususnya untuk mereka yang memiliki keterbatasan modal bahkan tidak bisa menyediakan produk sendiri. Banyak keuntungan yang bisa diperoleh seseorang yang menjalankan usaha dropship ini.

Bahkan mereka yang sama sekali belum pernah terjun ke dalam bisnis online sama sekali bisa mempelajarinya dengan cepat. Mudahnya Anda bekerja sama dengan pihak supplier dropship terpercaya dimana mereka yang akan mengirimkan barang yang diminta oleh konsumen atas nama Anda sebagai penjual. Dengan kata lain, konsumen tidak tahu jika barang itu sebenarnya tidak Anda miliki dan dikirim langsung dari pabrik maupun toko tempat Anda mendaftar sebagai dropshipper.

Sebagai seorang dropshipper, Anda boleh memasang foto barang yang supplier tawarkan kepada konsumen dan Anda bisa mengubah atau menaikkan harganya dan memiliki nama toko online sendiri. Supplier akan mengirimkan barang langsung kepada konsumen namun tidak menyertakan nama supplier melainkan Anda sebagai sellernya. Tidak ada modal yang diperlukan dan Anda hanya perlu membayarkan supplier jumlah dana sesuai harga barang setelah konsumen membayar dan Anda masih dapat keuntungan dari perubahan harga yang Anda lakukan.

Kriteria Memilih Supplier Dropship Terpercaya Sebelum Menjalin Kerja Sama

Walaupun bisnis online dengan sistem dropship ini menguntungkan, tetap ada tantangan yang harus Anda perhatikan dengan baik jika ingin usaha yang telah dirintis ini berkembang dan makin maju. Salah satu tantangan yang paling berat adalah menemukan supplier dropship terpercaya sebab tidak sedikit ditemukan kasus dimana barang yang dikirimkan oleh pihak supplier langsung kepada pelanggan tidak sesuai dengan gambar maupun ekspektasi sehingga konsumen akan komplain.

Karena itulah, temukan dulu suppliernya supaya baik Anda sebagai seller maupun konsumen yang memesan melalui Anda memperoleh keuntungan dan tidak ada pihak yang dirugikan sedikitpun dan inilah beberapa tips yang sangat membantu Anda menemukan supplier dropship yang terbaik yaitu:

  • Menemukan supplier dari beberapa sumber yang terpercaya

Daripada harus mencari satu per satu, akan lebih baik jika Anda berusaha menemukan supplier yang Anda butuhkan langsung dari beberapa sumber yang terpercaya seperti forum jual beli, marketplace, komunitas seller maupun platform khusus yang menyediakan informasi tentang dropship.

Jangan hanya melihat dan memilih saja melainkan cobalah membaca berbagai macam komentar yang diberikan oleh para pelanggan yang pernah membeli di tempat tersebut apakah mereka puas dengan barang atau produk yang mereka beli disana atau justru lebih banyak komentar negatif dan komplain. Anda juga dapat melihat dan mengecek adanya logo penanda yang menunjukkan kredibilitas penjual.

  • Jangan langsung tergoda dengan harga yang rendah dan murah

Siapa yang tidak mau berbisnis dropship dengan barang yang harganya murah? Jika harganya murah, maka Anda sebagai seller bisa mencoba menaikkan harganya sesuai dengan keuntungan yang Anda inginkan. Saat ini cukup banyak barang yang dijual paa platform online dengan harga yang jauh lebih rendah dibawah standarnya. Bila Anda memperoleh penawaran yang rendah ini, maka jangan langsung senang dan tergoda untuk menjadi mitra mereka dan langsung menawarkan barang yang mereka miliki pada konsumen tanpa mengetahui bentuknya secara langsung.

Siapa saja tentu akan tergoda untuk langsung memborong barang itu dalam jumlah besar. Akan tetapi, dikhawatirkan bila barang yang sampai itu rupanya tidak sesuai dengan foto atau memiliki kualitas yang buruk. Untuk itulah jangan langsung percaya dengan harga murah tanpa tahu kualitas barangnya langsung.

  • Adanya kebijakan di dalam pengembalian barang yang tidak sesuai

Jika Anda ingin menjalin kerja sama, maka cobalah untuk memeriksa semuanya dari pelayanan yang diberikan oleh supplier kepada para dropshippernya. Mengetahui kualitas dari produk yang dijual memang baik namun tidak semua barang nantinya cocok dengan keinginan konsumen sehingga pastilah ada barang yang akan ditukar maupun dikembalikan oleh mereka.

Untuk itulah Anda perlu tahu kebijakan yang diberikan oleh supplier itu khususnya tentang proses pengembalian barang baik itu karena barang rusak, cacat atau tidak pas ukurannya. Apakah prosesnya berbelit-belit, apakah cepat, apakah membutuhkan waktu untuk pengembalian dana lagi atau tidak. Semua hal itu harus dipastikan supaya Anda juga bisa menyampaikannya kepada konsumen jika suatu hari nanti hal ini terjadi pada Anda.

  • Metode pembayarannya yang variatif atau beragam

Proses dropship ini akan membuat metode pembayarannya pun tidak hanya terjadi dua arah saja melainkan disini Anda akan menerima pembayaran dari pelanggan sebab yang menjual barang supplier secara harfiah adalah diri Anda. Kemudian Anda melanjutkan pembayaran menuju supplier dimana Anda akan membayar harga aslinya sementara konsumen akan membayar harga produk yang telah Anda ubah.

Metode pembayaran ini terlihat sepele namun sesungguhnya merepotkan. Anda harus tahu lebih dulu metode pembayaran apa yang telah disiapkan oleh supplier sehingga Anda pun juga dapat melakukan pembayaran tanpa kesulitan dan tidak harus ribet sama sekali. Penting sekali untuk Anda memiliki rekening yang sama dengan supplier sehingga tidak perlu transfer antar bank yang selalu terdapat potongan di dalamnya.

  • Pastikan waktu pengirimannya sangat cepat

Pastikan pula jika Anda tahu dan bisa melacak sistem pengiriman barang mengingat barang yang dipesan oleh konsumen akan dikirimkan langsung oleh supplier dan bukan melalui Anda. Tentu saja butuh waktu bagi supplier dalam proses pengemasan, quality control dan sebagainya. Sebagai seller, Anda tidak punya kuasa apapun dalam proses pengemasan dan pengiriman ini namun Anda merupakan sasaran yang paling empuk dari komplain maupun kekesalan konsumen apabila dalam kurun waktu tertentu, mereka tidak kunjung menerima barang yang dipesan.

Guna menghindari masalah seperti ini dan salah paham, maka sebaiknya Anda tahu waktu dari proses pengemasan hingga pengiriman yang menjadi standar supplier dan tentu saja yang tercepat adalah yang terbaik namun pastikan kecepatan itu juga didukung dengan pengemasan yang rapi dan aman sampai tangan konsumen tanpa kerusakan sehingga memuaskan untuk konsumen yang memesan dan mereka tidak akan protes kepada Anda.

Inilah yang terpenting dalam mencari supplier dropship terpercaya sehingga jalinan kerja sama yang Anda buat dengan mereka lancar dan saling menguntungkan, termasuk untuk konsumen yang memesan barang sehingga usaha online tanpa modal ini memberikan keuntungan jangka panjang yang Anda inginkan.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar