Supercell Alami Penurunan Laba Sebesar 50% Dalam 3 Tahun

Selama bertahun-tahun, Supercell menghasilkan pendapatan yang mengesankan dari Clash Royale dan Clash of Clans. Setiap bulan, jutaan pemain di seluruh dunia menghabiskan sejumlah besar uang untuk pembelian dalam aplikasi. Ini jelas saja menempatkan dua judul game dalam daftar game dengan performa terbaik Supercell.

Kendati demikian, pengeluaran pemain tahunan kedua game mobile tersebut turun secara signifikan selama beberapa tahun terakhir. Menurut data dari 123scommesse.it, pemain Clash of Clans dan Clash Royale di seluruh dunia menghabiskan $ 692,6 juta untuk pembelian dalam aplikasi pada tahun 2020. Namun sekarang nyatanya ini sudah hampir turun 50% dalam 3 tahun.

Supercell

Data Pendapatarn Supercell Dari Tahun ke Tahun

Hanya tiga bulan setelah diluncurkan pada Agustus 2012, Clash of Clans menjadi game dengan pendapatan kotor tertinggi di Amerika Serikat, dan pada 2013 itu adalah game paling menguntungkan di seluruh dunia. Empat tahun kemudian, Supercell merilis Clash Royale, dan dalam waktu kurang dari setahun, ini menghasilkan pendapatan lebih dari satu miliar dolar.

Namun, data Statista dan App Magic menunjukkan pendapatan dua megahits Supercell itu telah merosot selama bertahun-tahun berturut-turut. Pada tahun 2016, Clash of Clans dan Clash Royale menghasilkan pendapatan $ 1,47 miliar di seluruh Apple App Store dan Google Play di seluruh dunia. Selama dua belas bulan berikutnya, angka ini turun menjadi $ 1,25 miliar dan terus turun.

Statistik menunjukkan bahwa 2018 menyaksikan penurunan pendapatan 33% YoY, dengan pemain di seluruh dunia menghabiskan $ 836,8 juta untuk pembelian dalam aplikasi. Pada 2019, pendapatan sedikit pulih menjadi $ 846,8 juta. Tren negatif berlanjut pada tahun 2020, meskipun seluruh industri game seluler berkembang pesat di tengah-tengah COVID-19. Tahun lalu, kedua judul game tersebut menghasilkan pendapatan $ 692,6 juta, nilai terendah dalam beberapa tahun.

Meskipun terjadi penurunan pendapatan yang signifikan selama bertahun-tahun, Clash of Clans tetap menjadi aplikasi terlaris Supercell. Pada tahun 2020, judul game populer ini menghasilkan pendapatan $ 483,3 juta di seluruh Apple App Store dan Google Play di seluruh dunia. Brawl Stars berada di peringkat kedua dengan $ 396,4 juta dalam pengeluaran pemain tahunan. Clash Royale, Hay Day, dan Boom Beach melengkapi daftar lima teratas dengan pendapatan masing-masing $ 209,3 juta, $ 104,1 juta, dan $ 21,3 juta.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar