Super AMOLED & Super LCD: Mana yang Lebih Baik?

Saat ini, dua teknologi display yang paling populer di ponsel adalah panel Super AMOLED dan Super LCD. Misalnya, Vivo V17 Pro memiliki layar Super AMOLED, sedangkan ponsel andalan baru HTC, HTC 10, memiliki layar Super LCD generasi ke-5. Meskipun keduanya memiliki manfaat, kamu mungkin bertanya-tanya. Apa perbedaan di antara mereka? Atau yang mana yang harus kamu pilih?. Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan semacam itu dan memilih salah satu dari keduanya, baca kelanjutannya.

Super AMOLED

Apa itu layar Super AMOLED?

Super AMOLED adalah versi yang disempurnakan dari AMOLED dan merupakan kepanjangan dari Super Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode. Teknologi ini menggunakan bahan organik untuk memancarkan cahaya untuk setiap piksel. Selanjutnya, layar ini memiliki lapisan tambahan bahan semikonduktor di belakang panel OLED, memungkinkannya untuk mengaktifkan setiap piksel dengan cepat. Ini juga 1.000 kali lebih cepat dari LCD.

Layar ini memiliki antarmuka sentuh yang disematkan ke layar secara langsung, sebagai lawan dari lapisan terpisah yang ditemukan pada versi sebelumnya. Oleh karena itu, ini adalah salah satu pilihan terbaik untuk tampilan besar yang lebih responsif dan alami.

Selain itu, karena tidak ada cahaya latar dan setiap piksel memancarkan cahaya untuk mencerahkan layar, layar ini memiliki kontras yang lebih tinggi. Selain itu, ia memiliki palet warna yang lebih besar dan dapat menampilkan lebih banyak warna cerah daripada layar LCD.

Apa itu layar Super LCD?

Mirip dengan yang diatas, Super LCD adalah iterasi yang disempurnakan dari layar LCD normal. Namun, tidak seperti layar AMOLED, LCD memiliki lampu latar yang menerangi seluruh layar. Muatan listrik dapat memanipulasi kristal cair untuk menghidupkan dan mematikan rana untuk mengontrol kecerahan layar. Namun, dalam Super LCD, tidak seperti LCD standar, celah udara antara kaca dan lampu latar dihilangkan. Ini memungkinkan panel yang lebih tipis dan lebih ramping.

Tidak ada perbedaan mencolok antara layar Super AMOLED dan Super LCD. Jadi, pilihan terbaik untuk kamu tergantung pada penggunaan dan harapan. Misalnya, jika kamu menyukai gambar yang lebih gelap dan kontras, pilihlah layar Super AMOLED karena dapat sepenuhnya mematikan setiap piksel untuk menghasilkan warna hitam pekat. Namun, dengan layar Super LCD, kamu bisa menikmati ilusi piksel yang lebih dekat. Pada gilirannya memberi kamu hasil yang lebih tajam dan lebih hidup.

 

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar