Mempelajari strategi e-commerce 2024 diperlukan bagi para pelaku bisnis online agar usahanya terus berjalan. Ini penting mengingat e-commerce adalah industri yang terus berubah mengikuti perkembangan teknologi dan tren.
Belum lagi dengan tingkat persaingan yang begitu tinggi dalam dunia bisnis online. Bagi Anda yang ingin tetap eksis, berikut beberapa strategi e-commerce terkini yang bisa diterapkan.
Membangun Strategi Sesuai Tren E-commerce di Tahun 2024
Perkembangan pasar online yang begitu dinamis menuntut para pemilik merek untuk memahami tren dan pola belanja konsumen agar dapat menciptakan strategi unggul. Beberapa strategi berikut adalah yang paling umum dilakukan oleh bisnis e-commerce saat ini.
1. Menentukan Target Audiens
Penting sekali untuk mengetahui target audiens sebelum Anda membuat konten atau promosi bisnis online. Anda sebaiknya melakukan riset untuk mengenal lebih dekat dengan target audiens. Memahami apa yang dibutuhkan dan bagaimana perilaku online mereka.
Identifikasi target audiens Anda berdasarkan informasi dasar seperti lokasi geografis, pendapatan, usia, status pernikahan, dan jabatan. Hal ini dapat membantu Anda membuat konten untuk e-commerce dengan format yang tepat sesuai personalisasi audiens Anda.
2. Gunakan Strategi SEO E-commerce
Optimisasi situs belanja online Anda dengan riset kata kunci yang tepat. Gunakan fokus kata kunci untuk ditempatkan pada nama produk, meta deskripsi, judul halaman, deskripsi produk, URL, dan nama file gambar.
Jika produk Anda cukup banyak, buat halaman kategori untuk membantu navigasi pengguna. Lengkapi juga dengan gambar atau foto produk yang menarik. Terkait foto produk ini, sebaiknya gunakan gambar yang sudah diperkecil ukurannya 70% tanpa mengurangi kualitas gambar.
Gambar besar tidak selalu bagus karena akan berpengaruh pada kecepatan loading. Selain itu, website atau aplikasi e-commerce yang mobile friendly juga menjadi salah satu strategi e-commerce 2024 yang tidak boleh diabaikan.
Konsumen tidak hanya belanja online melalui komputer, tetapi juga melalui perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Bahkan tren belanja online di Indonesia yang paling banyak adalah melalui perangkat seluler. Jadi, pastikan e-commerce Anda ramah seluler.
3. Mengikuti Teknologi dan Tren yang Muncul
Konsumen menikmati belanja online yang cepat dan nyaman di Shopee, Tokopedia, Lazada, dan e-commerce lainnya. Tren belanja online kemudian berkembang lagi dengan cuplikan video pendek yang dipopulerkan TikTok.
Strategi e-commerce dengan menyediakan produk yang dapat dibeli saat live atau saat streaming langsung ini sudah banyak diterapkan. Hal tersebut karena konsumen dapat melihat demo produk dan mengajukan pertanyaan yang turut meningkatkan konversi penjualan e-commerce.
4. Personalisasi Konten
Strategi berikutnya adalah personalisasi konten seperti memberikan saran “Pelanggan Lain Melihat” atau “Anda Mungkin Juga Menyukai”. Selain itu, Anda bisa coba personalisasi dengan menawarkan diskon pada hari ulang tahun konsumen.
5. Manfaatkan Media Sosial
Sebagian besar e-commerce saat ini sudah cukup pintar untuk memanfaatkan media sosial untuk memperluas kanal penjualannya. Anda bisa memanfaatkan secara maksimal dengan cara berikut:
- Membangun pengikut.
- Meningkatkan engagement dengan meninggalkan komentar, like, dan share.
- Bermitra dengan influencer atau content creator.
6. Pemasaran Afiliasi
Strategi berikutnya adalah melalui program afiliasi. Anda dapat menjangkau audiens baru dengan strategi pemasaran afiliasi, baik melalui ulasan produk, kontes, dan promo lainnya.
7. Praktik Berkelanjutan
Konsumen terutama dari kalangan muda mulai lebih tertarik membeli dari merek yang ramah lingkungan atau memiliki kontribusi terhadap isu-isu sosial. Strategi ini dapat diterapkan untuk meningkatkan penjualan di e-commerce Anda, terutama produk yang target pasarnya memang anak-anak muda seperti gen Z atau milenial.
Itulah beberapa strategi e-commerce 2024 untuk membantu bisnis Anda agar dapat terus berjalan dan tumbuh lebih baik. Usahakan untuk tetap fleksibel dan bisa adaptif dengan perubahan pasar.