Software dan Aplikasi Desain Rumah Terbaik

Software desain rumah – Anda berniat membangun hunian idaman dengan desain yang benar-benar mewakili karakter? Tak perlu khawatir karena saat ini tersedia begitu banyak software desain yang dapat membantu Anda merancang istana impian dengan mudah.

Perangkat ini memudahkan Anda memvisualisasikan keinginan Anda tentang rumah baik di bagian luar serta dalam. Setelah itu hasilnya dapat dijadikan bahan konsultasi kepada arsitek sehingga hasil akhirnya benar-benar memuaskan Anda tanpa mengurangi kenyamanan rumah. Inilah rekomendasinya.

Software Desain Rumah

Rekomendasi software desain rumah terbaik

Yang dimaksud terbaik di sini adalah perangkat ini mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

1. Virtual Architect Ultimate

Keunggulan software ini adalah cukup mudah digunakan serta dipelajari dan dilengkapi beragam sample plandasar yang dapat Anda modifikasi sesuai keinginan. Virtual Architect juga dilengkapibeberapa fiturwalk through yang memperbolehkan user untuk menyaksikan langkah-langkah pada proses desain. Satu keunggulan lagi dari perangkat ini adalah kelengkapan fitur operasionalnya.

2. SketchUp Pro

Inilah software yang paling direkomendasikan jika Anda mengutamakan akurasi dalam perancangan beragam bangunan dengan model 3D. Antar muka perangkat ini sangat dampang dijalankan sehingga dapat digunakan oleh siapa pun. Perangkat ini menyediakan program yang memperbolehkan Anda untuk mengganti suatu desain bangunan menjadi bentuk animasi agar detail-detail rancangannya semakin terlihat.

3. DreamPlan

Software ini paling pas untuk Anda yang ingin mendesain proyek yang kecil, misalnya seperti rumah untuk keluarga kecil. Sama seperti perangkat-perangkat rekomendasi di atas, fitur software ini dijamin tidak membingungkan. Anda bisa menggunakan perangkat ini juga jika ingin merenovasi rumah baik keseluruhan atau beberapa bagian saja. Tetapi ingat bahwa untuk proyek desain yang lebih besar fitur yang berada pada perangkat ini tak akan mencukupi.

4. Sweet Home 3D

Software ini dapat dijalankan cukup dengan mouse serta keyboard sehingga cocok bagi pemula mengingat fitur-fiturnya sangat gampang dijalankan. Anda hanya perlu melakukan drag and drop untuk membuat desain. Meski pengoperasiannya sangat sederhana tetapi software ini bisa sangat membantu Anda dalam mendesain setiap ruangan rumah secara detail termasuk interiornya.

5. Chief Architect Premier

Perangkat canggih ini cocok bagi Anda yang berniat mendesai proyek bangunan dengan desain yang besar. Software ini tergolong premium dan menyediakan beragam fitur desain professional, seperti membuat gambar secara 3D dengan visual berkualitas.

6. Space Designer 3D

Tak perlu download karena software ini dapat digunakan secara langsung denganonline pada browser yang Anda inginkan. Meski demikian kualitasnya tak kalahdengan perangkat desain bangunan secara online lainnya. Space Designer 3D merupakan aplikasi berbasis situs dengan banyak kelebihan. Ini antara lain dapat dioperasikandengan mudah, menyediakanalternative pilihan bahan furnitur yang banyak jenisnya, serta dapat digunakan untuk mendesain bangunan baik untuk sendiri atau proyek komersial. Software perancangan rumah professional ini juga dapat dikoneksikan dengan GPS sehingga Anda akan memiliki bayangan kualitas pencahayaan rumah secara alami dan realistis.

7. TurboFloorPlan Home & Design Deluxe

Inilah perangkat yang direkomendasikan jika Anda berniat menggunakan software berfitur komplit namun budget yang tersedia terbatas. Software ini menyediakan 45 sample perencanaan bangunan dasar yang dapat Anda pilih dan modifikasi sesuai keinginan. Setelah mendesain rumah Anda juga dapat mengimpornya secara fisik serta memperoleh video tutorial oleh para professional.

8. Total 3D Home, Landscape & Deck Premium Suite

Kelebihan yang ditawarkan perangkat ini adalah tersedianya berbagai alternative desain rumah. Anda bisa menjadi lebih kreatif dengan software yang satu ini. Jika memang telah mempunyai sebuah sketsa Anda dapat menguploadnya untuk proses selanjutnya. Dengan software ini Anda dapat memvisualisasikan interior suatu ruangan sedetail mungkin, misalnya beragam rancangan jendela, lantai, pintu, dan sebagainya. Dengan begitu Anda bisa lebih mudah memilih rancangan yang paling sesuai dengan keinginan.

9. HGTV Home & Landscape Platinum Suite

Selain bagian dalam hunian, bagian luarnya pun harus terlihat menarik agar orang terkesan dengan rumah Anda. Untuk merancang bagian luar rumah agar terlihat lebih indah software ini akan membantu Anda. perangkat lunak ini memungkinkan Anda untuk mengekspresikan keinginan untuk rumah idaman Anda pada bagian luar rumah, misalnya bentuk taman, kolam ikan, gazebo, pagar, dan sebagainya.

10. RoomSketcher Home Designer

Tak perlu khawatir desain Anda hilang karena software gratis ini akan langsung menyimpannya pada cloud. Antarmuka software ini tergolong simple dan untuk mengoperasikannya hanya membutuhkan order drag and drop menggunakan mouse. Walaupun dapat digunakan secara gratis tetapi software ini menyediakan fitur yang cukup komplit, mulai dari floor plan, furniture, dan sebagainya yang dapat Anda desain sesuai keinginan.

Mendesain rumah dengan smartphone Android

Selain menggunakan PC Anda juga bisa mendesain rumah dengan perangkat Android seperti ponsel atau tablet. Inilah beberapa pilihan aplikasi terbaiknya.

1. Houzz Interior Design Ideas

Sebenarnya tidak terlalu tepat jika mengatakan bahwa software ini untuk mendesain rumah, melainkan sifatnya lebih mirip sharing social idea. Aplikasi ini menyediakan gambar-gambar rancangan hunian yang sudah jadi dan dapat dipilih sesuai kategori yang diinginkan. Mungkin dengan mengakses aplikasi ini Anda akan mendapatkan ide desain hunian Anda.

2. Room Creator Interior Design

Cukup dengan prinsip drag and drop Anda akan mendapat gambaran desain rumah sesuai keinginan berupa gambar 3D. Siapa pun akan dapat mengoperasikan aplikasi ini dengan mudah sehingga cocok digunakan oleh berbagai kalangan.

3. Planner 5D – Interior Design

Fitur yang tersedia pada software ini sangat lengkap dan Anda dimungkinkan untuk berkreasi dengan desain rumah Anda, termasuk mengedit rancangannya. Ada pula fitur catalog yang menyediakan berbagai pilihan furniture yang dapat Anda gunakan untuk suatu ruangan.

4. Home Design 3D – FREEMIUM

Inilah aplikasi yang tepat untuk mendesain rumah Anda step by step. Pertama, dengan Home Design 3D ini Anda harus merancang desain untuk dasar rumah atau lantai. Selanjutnya Anda apat melanjutkan dengan memilih furniture dan dekorasi ruangan, dan demikian seterusnya hingga selesai. Setelah proses desain selesai Anda tinggal menyimpannya pada perangkat.

5. Design Home

Secara umum penggunaan software ini tak jauh berbeda dengan aplikasi-aplikasi Android yang telah diulas di atas, yaitu menawarkan kemudahan dan kepraktisan. Design home bahkan menyediakan katalog furniture untuk rumah Anda nantinya dengan beragam jenis merk perabotan yang terkemuka.

6. Floor Plan Creator

Aplikasi Floor Plan Creator menyediakan fasilitas untuk mendesain rumah dengan hasil sangat realistis. Berbagai fiturnya akan memudahkan Anda dalam mendesain istana impian. Contohnya Anda dapat merancang lantai sesuai luas ruangan. Selain itu tersedia pula fitur 3D Tour Mode yang memungkinkan Anda untuk melihat secara cepat tampilan desain rumah.

7. Home Design 3D Outdoor/Garden

Selain merancang hunian, aplikasi ini juga menyediakan katalog desain untuk luar rumah. Contohnya adalah kolam renang, taman rumah, pagar, dan sebagainya.

8. iDecorama Home Interior Design

Selain menyediakan fitur menarik dalam mendesain rumah, iDecorama Home Interior Design menariknya juga memberi informasi tentang trend style teraktual terkaitrancangan rumah. Anda bahkan dapat membuat rancangan rumah dengan dana yang tersedia. Aplikasi ini juga menyediakan konsultasi gratis bersama para ahli seperti arsitek atau desainer interior.

Itulah ulasan tentang software desain rumah terbaik. Semoga bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar