Software Akuntansi Gratis Yang Direkomendasikan

Laporan keuangan dalam bisnis apapun, besar atau kecil sangat penting karena berfungsi untuk memonitor perkembangan usaha Anda. Untuk membuat laporan keuangan tidak perlu dilakukan secara manual lagi karena sudah ada software akuntansi gratis yang dapat anda gunakan.

Di internet mungkin anda pernah melihat software demikian ini cukup banyak ditawarkan, namun hanya sedikit yang memiliki kapasitas sebagaimana software berbayar.

Walaupun walaupun dana yang tersedia pas-pasan jangan pernah mencoba menggunakan software bajakan karena efeknya akan merugikan Anda sendiri. Tidak sedikit software bajakan yang memiliki Malware contoh virus yang berpotensi merusak perangkat komputer Anda.

Resiko paling buruk menggunakan perangkat lunak bajakan adalah kehilangan data-data penting Anda yang dicuri melalui akses software tersebut. Itu Anda juga terancam dikenai sanksi pelanggaran hak cipta.

Sebagai referensi anda berikut ini adalah daftar software akuntansi yang dapat Anda gunakan tanpa berlangganan berbayar. Yang paling penting dalam perangkat lunak yang membantu bisnis Anda adalah berguna untuk memproses dan menganalisa keuangan sehingga dapat membantu anda mengkalkulasi langkah bisnis selanjutnya. Beberapa software berikut ini telah dilengkapi spesifikasi premium yang pasti akan sangat membantu Anda. Simak ulasannya.

Software Akuntansi Gratis Yang Direkomendasikan

Rekomendasi software akuntansi gratis untuk bisnis Anda

Anda bisa memilih salah satu software ini untuk membuat laporan keuangan yang berhubungan dengan usaha Anda.

1. Kledo

Kledo cocok digunakan pada berbagai skala bisnis UMKM. Perangkat lunak ini dilengkapi beragam fitur pokok akuntansi, misalnya pencatatan pengeluaran tulisan, pemasukan perusahaan, serta pembuatan laporan keuangan.

Kledo dapat digunakan siapapun dengan mudah termasuk para pemula dalam bisnis. ini karena software dimaksud mempunyai modul untuk menangani tiap aspek bisnis serta dilengkapi fitur-fitur yang penting untuk berbagai jenis usaha.

Fitur-fitur yang dimaksud antara lain:

  • Access Everywhere

Mungkinkan Anda memonitor bisnis kapan dan dimana pun. Jadi walaupun tanpa kehadiran Anda secara langsung tak perlu khawatir lagi dengan keuangan perusahaan.

  • Full Cycle Business Proses

Inilah fitur yang menyediakan keperluan Anda dengan lengkap. Misalnya mendokumentasikan pengeluaran dan pemasukan bisnis, manajemen produk, hutang dan piutang, pembuatan invoice, purchasing, rekonsiliasi bank, sales quotes, data mutasi perbankan nasional perbankan nasional, dan lain-lain.

  • Powerfull Statistics

Software kledo dilengkapi lebih dari 30 jenis laporan akuntansi. Ini antara lain fitur buku besar, arus kas, neraca laba rugi, jurnal, dan lain-lain. Anda bisa mendapatkan catatan yang diinginkan hanya dengan sekali klik saja. jika mau Anda juga bisa membuat laporan dalam bentuk grafik statistik bisnis misalnya untuk para investor.
Jika ingin menggunakan software premium Anda tinggal mengakses website Kledo software akuntansi. Jadi Anda tidak perlu melakukan instalasi atau mengunduh link apapun.

2. SQL Ledger

Software ini berfungsi untuk membuat sistem akuntansi entry ganda. Jadi berangkat ini cocok diterapkan pada toko-toko atau online shop yang memerlukan inventory control, cek printing, purchase order, packing list, point of sales, multi location, multi user dan lain-lain.

Perangkat ini juga merupakan sistem ERP dengan basis website. Artinya Anda dapat melakukan monitoring dengan mudah walaupun dari lokasi yang jauh. Perangkat ini juga cocok dengan berbagai sistem operasi seperti Windows atau Linux.

Jika Anda memilih layanan yang berbayar akan tersedia fitur tambahan seperti barcode invoice consolidation label printing dan lain-lain. selama belum membutuhkannya tidak masalah menggunakan layanan gratis nya terlebih dahulu.

3. GNUCash

Inilah software yang direkomendasikan untuk bisnis kecil sampai menengah. GNUCash sudah cukup populer di kalangan pengusaha dan sudah digunakan oleh banyak orang. Program yang tersedia pada software ini cukup lengkap termasuk fitur account invoicing, account receivables, akun investasi, tax table dan lain-lain. Dari fitur-fitur diatas tidak ada yang sesuai kebutuhan, Anda dapat membuatnya sendiri secara manual. Caranya adalah dengan menginput variabel yang anda kehendaki, misalnya payroll dan pajak.

software ini akan sangat membantu Anda dalam mengetahui pendapatan perusahaan, beban perusahaan, saham, dan rekening bank. Ada pula fitur double entry accounting yang berguna untuk mengetahui bila terjadi kesalahan dan mendeteksi sumbernya.

perangkat ini di desain dengan prinsip akuntansi profesional untuk membuat laporan keuangan yang akurat dan memastikan keseimbangan neraca.

4. Lazy8Ledge

Software akuntansi gratis ini berguna untuk memonitor akun keuangan bisnis yang Anda jalankan walaupun lebih dari satu. Andalan aplikasi akuntansi ini pembukuan perusahaan sekaligus. Perangkat ini juga memiliki fitur yang memungkinkan menampilkan data Anda secara gratis. Fungsinya yaitu untuk menganalisis struktur bisnis Anda. Lazy8Ledger juga dapat menyediakan aneka jenis laporan yang berhubungan dengan aktivitas usaha yang Anda jalankan.

5. BS1 Accounting

BS1 Accounting adalah freeware bagi para pengusaha kecil dan menengah agar lebih mudah mengelola akun dan keuangan mereka. Hal-hal yang terkait dengan hal ini adalah analisa penjualan, buku besar, utang dan piutang, inventaris dan sebagainya. Freeware ini dapat digunakan dengan berbagai macam mata uang atau valuta asing jika bisnis Anda bergerak pada bidang ekspor impor.

Dengan begitu Anda dimungkinkan memonitor piutang, rugi laba, mata uang, serta fluktuasi nilai tukar pada hutang akun.

6. PostBooks

PostBooks adalah software akuntansi gratis, ERP, dan CRM. bagi pengusaha kecil software demikian ini akan sangat membantu terkait laporan keuangan mereka. Dengan PostBooks Anda dimungkinkan untuk membuat neraca keuangan, menyelidiki inventaris, melayani pesanan pembelian, serta membuat laporan.

Dalam perangkat ini terdapat berbagai modul antara lain penjualan dan akuntansi, CRM, pembelian, definisi produk, inventaris dan distribusi, manufaktur, dan penulisan laporan.

7. TurboCash

TurboCash merupakan aplikasi akuntansi gratis untuk berbagai skala bisnis. Bagaimana software akuntansi yang lain turbo cash memudahkan Anda mengelola keuangan seperti neraca laba rugi, faktur akuntansi, PPN dan lain-lain.

8. osFinancials

Perangkat lunak yang dapat digunakan tanpa langganan berbayar ini cocok untuk memonitor keuangan pada berbagai jenis usaha. Freeware cuma-cuma ini memudahkan Anda menangani keuangan serta akun perusahaan atau bisnis Anda. software ini dapat membuat beragam jenis laporan keuangan.

Dengan mengetahui secara persis kondisi kesehatan keuangan bisnis Anda, maka lebih mudah pula melakukan evaluasi atau mengambil langkah lanjutan untuk mengembangkan bisnis Anda agar semakin sukses, ini misalnya mempertimbangkan kemungkinan untuk membuka cabang, mencari investor tambahan, meminjam modal di bank, dan sebagainya.

9. HomeBank

Perangkat lunak graris dari HomeBank memudahkan Anda melakukan analisis berbagai buku akun keuangan serta membuat beragam jenis laporan. Software ini juga memudahkan Anda melakukan modifikasi keuangan sekaligus memfilter transaksi keuangan perusahaan. Ini karena HomeBank dilengkapi fitur representasi grafis dari akun perusahaan Anda.

Selain itu software ini juga dilengkapi informasi detail tentang uang muka, pinjaman, serta investasi.

Nah, demikianlah ulasan tentang rekomendasi software akuntansi gratis terbaik yang bisa menjadi pilihan dalam menangani bisnis yang Anda kelola. Semoga infromasi ini bermanfaat!

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar