Snapdragon 8 Gen 1, Keluarga Baru Dari Qualcomm Untuk Para Penggemarnya

Snapdragon 8 Gen 1, Keluarga Baru Dari Qualcomm Untuk Para Penggemarnya

Dari Hawaii yang jauh di sana, Qualcomm telah mengeluarkan keluarga baru mereka yang bernama Snapdragon 8 Gen 1. Chip ini dikeluarkan mereka untuk menggantikan Snapdragon 888 yang rencananya akan di launching tahun depan. Dengan nama baru yang diberikan, pabrikan juga telah mempersiapkan hal-hal lainnya. Mereka juga memastikan akan banyak kejutan yang bisa dilihat nanti.

Memang dengan nama baru yang telah meninggalkan nama 3 digit, pabrikan sepertinya ingin membawa suasana baru. Namun yang pasti, perubahan nama ini bukan satu-satunya inovasi yang mereka lakukan. Ada juga kinerja yang mereka katakan lebih baik daripada versi yang lalu. Chip yang baru ini juga menggunakan arsitektur ARMv9 tapi dengan perbedaan yang besar. Bisa dikatakan ini memberikan peningkatan yang pasti.

Namun, CPU, GPU, ISP dan DSP selanjutnya juga ditampilkan tanpa nomor kode atau penomoran, yang membuat klasifikasi jauh lebih sulit. Struktur dasar CPU 8-inti dengan satu inti utama, tiga inti kinerja, dan empat inti efisiensi tetap sama dibandingkan dengan Snapdragon 888. Akan tetapi, inti berkinerja tinggi menggunakan inti Cortex X2 yang bekerja dengan frekuensi clock hingga 3 GHz.

Performa Snapdragon 8 Gen 1 Yang Lebih Baik

Dari perkataan perusahaan, Snapdragon 8 Gen 1 dikatakan lebih cepat sekitar 20%. Bahkan untuk efisiensinya, itu juga lebih hemat 30% daripada yang sebelumnya. Semua perubahan besar ini alasannya karea adanya proses manufaktur yang berubah drastis. Apalagi ini juga akan memberikan peningkatan algoritma AI yang bisa 4 kali lebih cepat. Mereka juga punya harapan untuk peningkatan pada kinerja GPU.

Berkat pengoptimalan untuk mesin Unity dan Unreal serta Vulkan, peningkatan kinerja hingga 60% bahkan harus dicapai. Selain itu, GPU baru di  mampu melakukan Volumetric Rendering. Ini memungkinkan efek seperti kabut dan kabut serta interaksi cahaya dan permainan bayangan dan efek serupa untuk ditampilkan.

Snapdragon 8 Gen 1 juga menetapkan standar baru dalam fitur konektivitas. Snapdragon X65 yang terpasang mencakup semua standar dari 2G hingga 5G dan mencapai hingga 10 Gb/dtk dalam pengunduhan. Wi-Fi 6E bahkan harus mencapai hingga 3,6 Gb/s. Bluetooth versi 5.2 juga tersedia yang bisa memutar musik dengan dukungan aptx Lossless Bluetooth codec.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Snapdragon 8 Gen 1, Keluarga Baru Dari Qualcomm Untuk Para Penggemarnya