Si Cepat, Qualcomm Quick Charge 5 Diumumkan

Perusahaan pada hari Senin kemarin memperkenalkan Quick Charge 5, solusi pengisian cepat 100W + pertama di dunia untuk smartphone. Teknologi ini akan dapat mengisi daya perangkat dari nol hingga 50 persen dalam 5 menit dan termasuk perlindungan baru terhadap pengisian daya baterai yang berlebihan. Raksasa chipset yang berbasis di San Diego California mengatakan teknologi ini akan mulai muncul di smartphone pada Q3 2020. Mereka juga berharap ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen di masa sekarang dan juga masa depan.

Quick Charge 5, adalah teknologi  fast charging dan sangat serbaguna dari kami. Ini akan memungkinkan konsumen menikmati perangkat mereka untuk jangka waktu yang lebih lama. Tentunya tanpa khawatir tentang waktu yang diperlukan untuk mengisi ulang,” kata Ev Roach, VP Product Management Qualcomm.

Qualcomm Quick Charge 5

Kelebihan Qualcomm Quick Charge 5

Dalam slide presentasi, pembuat chip menyatakan bahwa ini akan memungkinkan pemilik smartphone mengisi daya dari nol hingga 50% hanya dengan waktu 5 menit. Kemudian, pengisian daya dari nol hingga 100 persen dalam 15 menit. Untuk versi baru, Qualcomm mengatakan bahwa ini 70 % lebih “efisien” daripada Quick Charge 4.

Selain itu, ini juga menawarkan 10 kali pengiriman daya lebih cepat daripada versi pertama. Pada saat yang sama, versi baru berjalan 10 derajat Celcius lebih dingin daripada versi sebelumnya.

Quick Charge 5 juga menggunakan IC manajemen daya (PMIC) generasi berikutnya, Qualcomm SMB1396, dan Qualcomm SMB1398. IC manajemen daya (PMIC) baru ini mendukung baterai 1SnP dan 2SnP. Selain itu juga mendukung pengisian kabel dan wireless serta  tegangan input lebih tinggi dari 20V. Dan tidak lupa, teknologi ini juga mendukung koneksi USB Type-C dan USB-PD.

Qualcomm mengatakan Quick Charge 5 didukung pada Snapdragon 865, Snapdragon 865 Plus dan prosesor Snapdragon tingkat tinggi yang akan datang. Xiaomi telah dikonfirmasi sebagai perusahaan pertama yang meluncurkan smartphone dengan QC 5 di masa depan. Versi pertama Quick Charge diperkenalkan pada 2013. Selain itu,  ada lebih dari 250 perangkat seluler yang kompatibel dengan Quick Charge. Ada juga 1000 produk aksesori unik yang tersedia juga mendukung teknologi ini.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar