Sewa VPS Murah Dan Fungsinya

Sewa VPS Murah Dan Fungsinya

Sebagai seorang blogger profesional mungkin tidak asing lagi dengan istilah sewa VPS murah. Namun untuk blogger pemula, definisi VPS saja mungkin tidak dipahaminya. Padahal VPS adalah server website yang pada waktu-waktu tertentu pasti dibutuhkan oleh blogger.

Nah, bagi Anda yang tidak mengetahui apa yang dimaksud dengan VPS website, di bawah ini akan dijelaskan tentang definisinya. Sedangkan di akhir nanti akan diuraikan tentang fungsi dan tempat persewaan VPS yang murah. Silakan disimak ini dia penjelasannya:

sewa VPS murah

Pengertian VPS Website

VPS adalah satu singkatan dari Virtual Private Server. Sesuai dengan namanya, tentu VPS adalah satu server yang berjenis server fisik website yang unik karena bisa dibagi lagi menjadi beberapa virtual server yang lain. Salah satu keunikannya ialah semua server fisik ini bisa di-install sendiri di dalam operating system (OS).

Sistem kerja dari VPS hampir sama dengan fitur Shared Hosting. Akan tetapi perbedaannya terletak pada ukuran resource VPS yang dianggap lebih besar. Maka dari itu, Jika menggunakan Virtual Private Server admin bisa mengunduh aplikasi atau software dengan jumlah lebih banyak dibandingkan hanya menggunakan Shared Hosting.

Jika dilihat dari pengertian secara garis besar di atas, maka bisa disimpulkan kalau pengertian atau definisi VPS adalah server fisik website yang bisa dibagi menjadi beberapa server virtual dengan ukuran resource cukup besar. Sebuah server yang berfungsi untuk menambah kekuatan website ketika mengunduh aplikasi dan software yang dibutuhkan oleh admin.

Fungsi-Fungsi VPS Website

Tempat sewa VPS murah pasti menjadi buruan para blogger baik pemula maupun yang sudah profesional. Karena server ini memang memiliki fungsi yang sangat penting terutama untuk perkembangan dari website itu sendiri.
Berikut ini ada beberapa list fungsi dari Virtual Private Server yang menjadikannya layak untuk di-instal ke dalam website. Ini dia fungsi-fungsi yang dimaksud:

1. Meningkatkan Kemampuan Website Traffic Tinggi

Fungsi VPS yang pertama adalah untuk meningkatkan kemampuan website traffic tinggi. Sekaligus mencegahnya dari gangguan resource yang bisa menyebabkan terjadinya suspensi domain.

Maka dari itu, jika website tergolong ber-traffic tinggi silakan update fitur Share Hosting ke VPS agar domain tetap bisa dikelola dengan nyaman dan aman. Terutama untuk website bisnis yang memang membutuhkan ukuran resource besar.

Umumnya pihak penyedia hosting akan menyampaikan apakah website ber-traffic tinggi atau tidak. Setelah itu, ada anjuran untuk berpindah dari server Share Hosting ke Virtual Privare Server atau VPS.

2. Untuk Usaha Web Hosting Sederhana

Fungsi VPS selanjutnya adalah bisa dipakai oleh Anda yang ingin membuka bisnis atau usaha web hosting skala sederhana atau kecil-kecilan. Yang mana dengan layanan server ini, jasa yang Anda kelola bisa dijalankan dengan baik, terutama yang terkait dengan instalasi VPS pada web hosting milik pelanggan.

Alasan menggunakan VPS pada bisnis jasa ini adalah Anda masih memegang kontrol penuh pada setiap domain atau hosting yang dibuat untuk klien. Karena sudah dijelaskan di atas, kalau VPS adalah satu server fisik yang bisa dipecah lagi menjadi beberapa server virtual.

3. Untuk Menyimpan File Berukuran Besar

Virtual Private Server atau VPS juga berfungsi sebagai penyimpan file berukuran besar atau sebagai file hosting. Jadi jika menggunakan server ini, data pribadi admin maupun data viewer akan tersimpan dengan baik tanpa menghambat proses loading situs.

Tentunya fungsi ini tidak ditemukan pada server Shared Hosting. Karena fitur ini sejatinya hanya dibuat untuk menyimpan data-data pembuatan website saja. Makanya, sangat beresiko jika website traffic tinggi masih menggunakan Shared Hosting.

Belum lagi jika Anda akan meng-input file video, gambar, back up film dan software ke blog, tentu jauh lebih layak menggunakan VPS dibandingkan Share Hosting. Karena ukuran penyimpanan file-nya jauh lebih besar.

4. Untuk Mengelola Server secara Remote Desktop

Sudah dijelaskan kalau VPS adalah server yang bisa dipecah lagi menjadi beberapa server virtual. Itu artinya kendali penuh ada pada Anda termasuk bisa membuka situs secara remote desktop.

Anda tidak lagi dibatasi tempat dan waktu ketika ingin berinteraksi dengan server. Tentunya, ini merupakan profil teknologi baru yang sangat canggih dan layak untuk dicoba.

Maka dari itu, jika masih menggunakan Share Hosting, lebih baik beralih saja pada Virtual Private Server. Karena pengelolaan server menjadi lebih cepat, mudah dan tentunya simpel.

5. Untuk Mengaktifkan Jaringan Private (VPN)

VPS tidak sama dengan VPN atau Virtual Private Network. Akan tetapi VPS bisa difungsikan sama dengan VPN. Yaitu tidak semua orang bisa mengakses jaringan komputer yang menggunakan VPS kecuali orang-orang tertentu saja. Itu artinya ada privasi di dalam website yang tidak akan diketahui oleh masyarakat luas. Tentunya informasi rahasia di dalamnya juga tidak akan mudah bocor dan viral.

Maka dari itu, banyak perusahan mulai beralih pada server VPS sebagai penyimpan data-data usaha. Karena server ini bisa dijadikan solusi sharing data antar anggota yang lebih aman dan nyaman.

Tempat Sewa VPS Murah

Jika sudah mengetahui fungsi VPS tentunya keinginan Anda untuk beralih dari share hosting kepada server ini jauh lebih besar. Menjadi mungkin pula tempat sewa VPS murah akan Anda cari lalu dicatat sebanyak-banyaknya untuk mengetahui yang terbaik.

Di bawah ini ada beberapa jasa sewa VPS murah yang terkenal dan menjadi rujukan para blogger. Selain karena nama besar, fitur yang disediakan oleh admin juga lengkap dan tepat. Inilah jasa penyedia VPS murah yang bisa dicoba:

  • Kamatera

Kamatera adalah penyedia sewa VPS Windows murah yang cukup terkenal. Bahkan kabarnya jasa ini sudah memiliki 12 pusat data yang tersebar di kurang lebih 4 benua. Salah satu keunggulan dari jasa ini ialah, memberikan uji coba gratis selama satu bulan.

Kamatera juga dianggap sebagai penyedia VPS super cepat dengan ukuran resource yang memuaskan. Pasalnya, prosessor yang digunakan adalah intel Xeon yang dianggap prosessor dengan kecepatan mencapai 300% lebih handal dibandingkan prosessor di bawahnya.

Harga sewa: $4,00/bulan

  • Hostwinds

Hostwinds juga dianggap penyedia VPS tercepat dengan harga sewa yang sangat murah. Penyedia jasa yang berdiri pada tahun 2010 ini berani menjamin klien dengan kemampuan uptime mencapai 99% untuk segala macam jenis website.

Untuk harga sewa VPS di Hostwinds dibagi menjadi dua opsi website. Yaitu website yang dikelola dan website yang tidak dikelola. Tentunya harga sewa untuk keduanya berbeda.

Harga sewa/website dikelola: $5,17/bulan

Harga sewa/website tidak dikelola: $4,49/bulan

  • Contabo

Tempat sewa VPS murah yang berikutnya adalah Contabo. Menurut kabarnya, jasa ini sudah melayani blogger pelanggan kurang lebih selama 15 tahun. Sebuah pengalaman usaha yang menandakan kalau jasa memang berkualitas.

Hingga saat ini, VPS yang ditawarkan oleh perusahaan dari Jerman ini dianggap termurah. Bahkan tidak ada lagi harga fitur Virtual Private Server yang lebih rendah dari harga tersebut.

Jika Anda menyewa VPS dari Contabo langsung setahun penuh, maka Anda akan mendapatkan satu bulan penggunaan secara gratis yang bisa dijadikan uji coba server.

Harga sewa/Linux: $3,99/bulan

Harga sewa/windows: $9,98/bulan

Mengubah Share Hosting ke Virtual Private Server adalah wajib dilakukan untuk pengelolaan website di era ini. Karena kebutuhan akan penyimpanan data jauh lebih besar dibandingkan sebelumnya.

Maka dari itu, silakan hubungi penyedia jasa sewa VPS murah yang list-nya sudah dijelaskan di atas. Terutama bagi Anda yang memang serius dalam melakukan pengelolaan situs.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Sewa VPS Murah Dan Fungsinya