Set Top Box Gratis dan Rekomendasi yang Terbaik 2024

Set Top Box Gratis dan Rekomendasi yang Terbaik 2024

Set top box mulai banyak dibicarakan seiring diterapkannya kebijakan pemerintah terkait dengan pergantian siaran TV analog ke TV digital di beberapa wilayah. Tentunya ini merupakan sebuah kemajuan di bidang teknologi dan hiburan, sehingga masyarakat bisa menikmati tontonan televisi dengan kualitas gambar terbaik.

Memanfaatkan siaran digital memang hanya bisa terkoneksi dengan produk televisi tertentu, lantas bagaimana dengan nasib jenis televisi sebelum era digital seperti saat ini. Tenang saja, sebab meskipun pemerintah mulai mengganti siaran analog ke siaran digital, Anda masih tetap bisa menikmati siaran televisi yakni dengan bantuan set top box 2024.

Apa Itu Set Top Box dan Fungsinya

Set top box atau yang lebih familiar diperpendek dengan istilah STB adalah sebuah perangkat yang memiliki fungsi untuk menukar gambar dan suara dari salur digital ke saluran analog. Sehingga bagi pemilik TV biasa tidak perlu lagi menggandi TV digital untuk menerima saluran digital.

Bagi Anda yang masih menggunakan TV analog dan antena UHF maka nantinya akan membutuhkan STB ini. Lain cerita jika perangkat TV yang digunakan memang sudah dibekali dengan fitur digital seperti beberapa smart TV yang saat ini banyak dijual secara online maupun offline.

Bagaimana, Anda tertarik menggunakan STB atau membeli TV baru yang sudah memiliki fitur digital. Jika pilihannya ialah menggunakan STB maka sebaiknya pilih merek STB yang sudah biasa digunakan oleh orang lain dan terbukti kualitasnya.

Rekomendasi Set Top Box 2024

Semenjak viralnya saluran TV digital kini banyak perusahaan elektronik memproduksi set top box, harga dan kualitasnya pun sangat bervariasi. Agar bisa mendapatkan produk terbaik dengan harga yang cukup terjangkau, inilah daftar merek set top box yang paling direkomendasikan.

Polytron

Di urutan pertama ada dari perusahaan ternama yang memang sudah puluhan tahun fokus di bidang industri elektronik. Yah, Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan nama Polytron yang kini juga memperoduksi beberapa set top box dengan beragam pilihan tipe.

Diantara tipe set top box milik Polytron yang paling laris di pasaran ialah STB Polytron PDV-620T2 dan DVB-T2 PDV 700T2. Keduanya dibandrol dengan harga kisaran 200 ribu hingga 300 ribu rupiah, dan tentu masing-masing dari STB tersebut memiliki spesifikasi serta fitur yang berbeda.

STB Polytron PDV-620T2 yang dibandrol dengan harga 200 ribuan ini sudah dibekali dengan fitur perekam layar TV serta menggunakan teknologi full HD sehingga gambar yang dihasilkan bisa lebih bersih dan suaranya pun terdengar lebih jernih.

Hampir mirip dengan PDV-620T2, set top box polytron tipe DVB-T2 PDV 700T2 juga sudah mendukung fitur merekam layar TV dan dilengkapi USB untuk pemutaran video dari perangkat lain. Namun ada satu kelebihan yang menjadikan harga dari STB ini lebih mahal, yakni terdapat teknologi Early Warning System/Peringatan Dini Bencana.

Nama ProdukStb Polytron
Cek Promo & DiskonTokopedia Lazada Blibli Shopee

Advance

Kemudian diurutan selanjutnya Anda bisa coba cek beberapa tipe STB dari brand asli Indonesia yakni Advance. Berpengalan selama puluhan tahun Advance memang sudah terbiasa memproduksi barang-barang elektronik mulai dari ponsel, speaker, televisi, aksesoris komputer, dan tentunya STB.

Beberapa tipe set top box dari Advance ialah termasuk yang paling laris dipasaran, terutama penjualan di toko online seperti Shopee maupun Tokopedia. Penyebab larisnya STB merek Anvance ini tentu tak lepas dari harganya yang relatif terjangkau dan didukung dengan fitur-fitur menarik.

Meskipun memiliki banyak pilihan tipe STB, namun yang menjadi produk paling diminati dari merek Advance ini ialah tipe STP-A01. Sebagai bahan perbandingan, selain Advance STB STP-A01 Anda juga bisa mengecek tipe lain misalnya seperti Advance STB DVB-T2.

Advance STB STP-A01 sendiri sudah dibekali dengan spesifikasi yang cukup mumpuni, yakni menggunakan prosesor tipe MT2203, beresolusi 1920×1080 piksel, output USB, HDMI, AV, dan WiFi untuk mempermudah penggunanya menikmati video-video yang ada di channel Youtube.

Nama ProdukStb Advance
Cek Promo & DiskonTokopedia Lazada Blibli Shopee

Matrix

Meskipun namanya belum begitu familiar, namun siapa sangka ternyata set top box Matrix ini merupakan yang paling populer dan menjadi incaran masyarakat, terutama di grub-grub jual beli yang ada di Facebook.

Berpengalaman sejak tahun 1990, Matrix memang sudah terbiasa fokus memproduksi barang-barang elektronik dengan spesialis alat bantu penayangan siaran televisi. Dahulu, produk andalan dari Matrix ini ialah seperti antena parabola, actuator, booster, dan berbagai jenis kabel. Jadi tak heran jika produk STB mereka mampu bersaing dengan merek lain.

Jika Anda tertarik dengan STB dari Matrix, yang paling disarankan ialah Matrix Apple DVB T2. Dengan harga kisaran 200 ribuan Anda sudah bisa membawa pulang STB yang satu ini, lengkap dengan kabel RCA dan remote control untuk mempermudah pengaturan perangkat STB.

Soal spesifikasi juga tak kalah menariknya dengan merek lain. Yakni STB Matrix Apple DVB T2 ini tentu sudah bisa terhubung dengan channel Youtube, layar ponsel, dan tentunya gambar berkualitas HD.

Nama ProdukStb Matrix
Cek Promo & DiskonTokopedia Lazada Blibli Shopee

Tips Memilih Set Top Box

Selain Polytron, Advance, dan Matrix tentu masih banyak merek STB lain yang bisa Anda pilih. Bahkan di beberapa marketplace Anda bisa menenukan set top box dengan desain yang lebih menarik. Namun sebelum memilih dan memutuskan untuk membeli STB sebaik ketahui dulu tips memilih STB seperti berikut ini.

  • Dibekali dengan sertifikat dari Kominfo.
  • Cek ketersediaan tanda DVB-T2, siap digital, atau MODI.
  • Sesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran yang Anda miliki.
  • Cari tahu kualitas STB yang akan dibeli dengan cara melihat review dan penilaian dari orang lain.

Untuk memastikan bahwa STB yang Anda pilih bisa menerima siaran digital memang harus sudah bersertifikat dari Kominfo, maka hal ini harus sangat diperharikan. Dan ternyata Kominfo juga membagi-bagikan STB secara gratis kepada masyrakat. Nah, jika Anda penasaran bagaimana prosedur serta syarat mendapatkan STB gratis, inilah ulasannya.

Cara Mendapatkan STB Gratis dan Syaratnya

Berikut ialah cara atau proses untuk mendapatkan set top box gratis dari Kominfo.

Cara mendapat STB gratis

  • Pertama silahkan Anda cek terlebih dahulu dengan cara kunjungi url cekbantuanstb.kominfo.go.id.
  • Kemudian masukan NIK dan kode captcha, jika sudah silahkan lanjutkan dengan cara klik tombol “pencarian”.
  • Setelah mengklik tombol pencarian, maka secara otomatis akan muncul nama dan identitas calon penerima STB gratis.
  • Langkah terakhir silahkan konfirmasi dengan cara menghubungi call center 159.

Syarat dan ketentuan

Inilah syarat dan ketentuan yang harus ada jika Anda ingin mendapatkan STB gratis.

  • Termasuk kategori sebagai kelompok rumah tangga miskin ekstrem dan tercantum di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.
  • Bertempat tinggal di daerah yang saluran televisi analog sudah dimatikan oleh pihak Kominfo.
  • Memiliki perangkat televisi analog.

Selesai sudah ulasan yang berkaitan dengan program TV digital dan set top box sebagai alat bantu penerima siaran digital. Semoga informasi yang ada bisa bermanfaat untuk Anda.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Set Top Box Gratis dan Rekomendasi yang Terbaik 2024 flagcounter