Sekilas Tentang Hosting Murah dan Terpercaya

Sekilas Tentang Hosting Murah dan Terpercaya

Di zaman yang serba modern seperti sekarang ini, agaknya internet telah jadi kehidupan kedua masyarakat modern. Interaksi yang terjadi setiap hari hampir pasti berlangsung dengan menggunakan internet. Maka tidak heran jika internet telah jadi bagian kehidupan masyarakat. Berbagai perusahaan digital seperti penyedia layanan hosting murah pun ikut andil besar dalam hal ini.

Bagi sebagian besar masyarakat, pastinya sudah mengetahui apa itu website atau blog. Namun, apakah sudah mengetahui atau mengenal mengenai istilah hosting? Ya, sekarang ini banyak dijumpai jasa hosting murah yang membantu masyarakat untuk berbagai kebutuhan.

Tapi masih banyak sekali dari masyarakat yang belum sepenuhnya memahami apa itu layanan hosting. Padahal layanan tersebut sangatlah penting untuk memastikan adanya website yang tampil pada mesin pencarian yang ada di internet.

Apa Itu Hosting?

Web hosting adalah sebuah layanan atau jasa yang tujuannya menyediakan sumber daya berupa DNS, HTTP, EMAIL, dan FTP guna mencukupi semua kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara baik.

Secara mudahnya, hosting adalah jasa penyewaan server untuk menyimpan semua file yang dibutuhkan oleh website seperti script php, html, css, javascript, dan database.

Nah, pada artikel di bawah ini akan dipaparkan informasi yang berkaitan dengan layanan hosting beserta cara kerja dan jenisnya. Langsung saja simak informasi selengkapnya disini!

Apa itu Hosting?

Secara sederhana, hosting dapat dipahami sebagai suatu layanan digital online yang mana digunakan untuk mengelola sebuah data pada situs maupun aplikasi web oleh penggunanya dan ditampilkan lewat internet.

Ada beberapa file website yang juga tersimpan pada hosting. Beberapa file yang tersimpan tersebut diantaranya file yang berupa gambar, video, script, email, aplikasi tertentu dan yang terpenting yakni file tentang database atau basis data.

Ketika seseorang menggunakan internet dan ingin mengakses suatu website di internet, pastinya yang dilakukan pertama kali adalah menuliskan sebuah nama domain ataupun kata kunci tertentu yang mudah dikenali oleh mesin pencari dari Google maupun yang lainnya.

Sebagai permisalan yakni dapat diibaratkan bahwa website ini merupakan sebuah bangunan rumah. Dimana hosting mempunyai peran sebagai tanah bangunan yang dibangun tersebut. Sedangkan IP atau internet protocol merupakan alamat dari rumah tersebut.

Jadi hosting ini sebagai pijakan atau dasar dari berdirinya sebuah website, karena menyimpan berbagai macam data penting yang dibutuhkan. Sedangkan untuk mengetahui alamat rumah tadi, maka IP atau internet protocol digunakan.

Maka dapat diketahui bahwa fungsi dari domain tadi yakni menunjukkan kepada para pengguna internet modern saat ini, bahwa domain merupakan petunjuk alamat suatu website sehingga nantinya pengguna internet tidak kebingungan mencari data tertentu di internet.

Akhirnya, secara sederhana dapat digambarkan bahwa pada suatu website, domain berperan sebagai alamat dan hosting sebagai penyedia lahan yang nantinya digunakan untuk menyimpan berbagai file yang berkaitan dengan website yang ditampilkan tersebut.

Fungsi Hosting

Setelah mengetahui tentang apa itu hosting, pastinya pertanyaan yang masih terlontar dari setiap masyarakat ialah, apa gunanya hosting itu? Hosting sendiri punya banyak kegunaan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna website.

Manfaatnya sendiri dapat membantu dalam pengembangan website yang difokuskan pada kebutuhan personal atau perseorangan, atau kebutuhan sebuah big company atau perusahaan besar. Ada beberapa fungsi dari penggunaan hosting tersebut, antara lain:

🔥 Sebagai pembuat email profesional

Fungsi hosting yakni untuk membuat email profesional atau dikenal juga sebagai email perusahaan. Hal ini bertujuan untuk membangun kredibilitas bisnis, serta membuat tampilan bisnis terlihat profesional. Contohnya seperti namapengguna@nama_domain_anda.com.

🔥 Sebagai pembuat halaman website

Fungsi hosting yang lain ialah sebagai alat untuk membuat website yang mana didalamnya menyimpan cukup banyak informasi maupun dokumen dari pengguna ataupun bisnis. Lewat penggunaan paket hosting, halaman web pun dapat ditampilkan pada mesin pencarian.

Nantinya halaman website yang ditampilkan tadi dapat dengan mudah diakses oleh para pengunjung yang ada di internet.

🔥 Melindungi website dengan SSL

Adanya hosting juga berfungsi sebagai pelindung website dari ancaman serangan malware, virus dan serangan DDOS atau spam. Maka penggunaan hosting ini penting adanya, sehingga pengguna dapat memasang SSL atau secure socket layer supaya website aman.

🔥 Mengembangkan situs jual beli online

Bila tertarik untuk membuat website toko online atau e-commerce. Pastinya seseorang haruslah menggunakan hosting supaya informasi yang dicantumkan dapat dengan mudah terindeks dan juga dibaca oleh mesin pencarian yang ada di internet.

Lewat pengembangan yang dilakukan pada toko jual beli online nantinya berpotensi untuk mendatangkan konsumen dalam jumlah yang lebih besar sehingga situs dapat dikenal secara umum oleh pengguna internet.

Jenis-jenis Hosting

Pada penggunaan hosting murah yang ada di lapangan, terdapat beberapa jenis hosting yang dapat digunakan oleh pemilik website. Beberapa jenis tersebut diantaranya:

✔️ VPS Hosting

Pada jenis ini, server utama dibagi menjadi sejumlah server virtual yang mana server tersebut secara khusus memang didedikasikan untuk masing-masing situs web individual yang disesuaikan dengan kebutuhan dari pengguna.

Lewat VPS, situs web terindeks masih berbagi server dengan situs web yang lain, akan tetapi dalam jumlah yang lebih sedikit. Hal ini dimaksudkan agar kinerja website menjadi lebih baik tanpa adanya gangguan atau kendala dari situs yang lainnya.

Jenis hosting ini baik digunakan untuk bisnis yang skalanya kecil maupun menengah, yang mana volume lalu lintas transaksi terus meningkat dan perlu adanya konfigurasi khusus pada website.

✔️ Shared Hosting

Hampir sama dengan VPS hosting, hosting ini juga berbagi server dengan website lain namun lebih murah dan juga persiapannya juga lebih mudah. Akan tetapi beberapa kendala yang sering dijumpai pada shared hosting ini terkait dengan peningkatan lalu lintas salah satu web.

Hal tersebut tentunya dapat bermasalah dan mengimbas pada website yang lain yang mana berada pada satu server yang sama. Jenis hosting satu ini juga dinilai skalabilitasnya rendah. Maka tidak heran jika banyak usaha bisnis digital yang awal mulainya menggunakan jenis ini.

Hal ini karena hosting ini memang dikonfigurasi untuk lalu lintas yang volumenya cenderung rendah, yakni tidak melebihi sebanyak 10.000 hingga 30.000 kunjungan dalam sebulannya.

✔️ Cloud Hosting

Hosting terakhir yakni cloud hosting yang mana itu merupakan server jarak jauh dengan tanggung jawab yang berbeda. Lewat server cloud ini, maka kinerja website tersebut dikatakan tinggi. Segala bentuk kesalahan pada server pun diantisipasi dengan baik.

Skalabilitas dari model hosting ini memang dikhususkan untuk website dengan lalu lintas volume pengunjung yang tidak dapat diprediksi. Bisa saja digunakan untuk website yang punya lonjakan lalu lintas yang sedang hingga tinggi.

Adapun mengacu dari hal itu, bisnis yang sesuai menggunakan hosting ini ialah bisnis yang masuk dalam kategori menengah ataupun dasar. Sehingga pemilik benar-benar mengakomodir server dengan baik untuk dapat menerima lonjakan volume tersebut.

Website bisnis total jumlah kunjungannya mencapai 50.000 kunjungan dalam sebulan dapat dipertimbangkan untuk menggunakan cloud hosting sebagai alternatif VPS. Dan mengantisipasi agar server tidak down dalam menerima kunjungan dalam jumlah besar.

Demikian tadi informasi yang disampaikan seputar pengertian hosting, fungsi dan jenis dari hosting. Sekarang ini telah banyak dijumpai jasa layanan hosting murah Juli 2022 yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna website untuk mengembangkan bisnisnya. Sekian.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Sekilas Tentang Hosting Murah dan Terpercaya flagcounter