Sejarah Komputer dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Sejarah Komputer dan Perkembangannya Hingga Saat Ini

Di masa modern seperti saat ini, siapa sih yang tidak kenal dengan komputer? Ya, perangkat ini memang sudah hadir dengan peran yang sangat besar dan bahkan bisa dibilang dapat membawa perubahan pada peradaban manusia dan industri teknologi. Bahkan sejarah komputer sudah ada sejak puluhan tahun silam dan berkembang ke seluruh dunia sampai saat ini.

Saat ini, komputer seakan sudah menjadi salah satu kebutuhan penting di masyarakat. Meski demikian, perkembangan komputer begitu pesat dengan sejarah yang panjang. Seperti apakah perkembangan komputer sejak dulu sampai saat ini di Indonesia?

Sejarah Umum Komputer di Dunia

Secara umum, perkembangan komputer di dunia dimulai sejak abad ke-19, tepatnya sekitar tahun 1940-an. Di tahun-tahun ini, dikenal sebagai generasi awal dari komputer dengan ukuran fisik yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan segala jenis komputer yang ada saat ini.

Bentuk komputer pada generasi awal malah seperti komponen tabung dengan ukuran yang lebih besar daripada manusia, serta dengan kebutuhan daya listrik yang besar. Hal ini yang kemudian membuat komputer menjadi barang yang cukup eksklusif dan belum bisa ditemui pada kalangan umum.

Seiring berkembangnya sejarah komputer, komputer generasi ketiga pun hadir sekitar tahun 1960-an. Komputer ini mempunyai bentuk fisik yang lebih kecil, dengan berbagai peningkatan pada performa dan penghematan daya listrik yang dibutuhkan.

Menurut yang banyak diketahui, perangkat komputer generasi ketiga inilah yang kemudian pertama kali hadir di Indonesia. Hal ini juga didukung dari segi fisik dan ukuran di mana komputer generasi ketiga ini lebih ringkas dan memungkinkan untuk didistribusikan ke berbagai negara.

Fase Perkembangan Komputer di Indonesia

Pada awalnya, komputer di Indonesia hanya digunakan oleh kalangan tertentu saja seperti pemerintah dan industri besar karena harganya yang sangat mahal pada waktu itu. Seiring berkembangnya waktu, komputer kini mulai banyak dimiliki seorang individu, tentunya dengan sejumlah fase perkembangan seperti berikut.

Perkembangan di era 1960-an

Indonesia memulai sejarah komputer di era ini, tepatnya pada tahun 1967 melalui izin pemerintah. Pada awalnya, kehadiran komputer ini memang kurang dapat diterima oleh masyarakat karena harganya yang terbilang sangat mahal.

Pada 4 Juli 1969, pemerintah membentuk suatu organisasi dengan nama Badan Koordinasi Otomatisasi Administrasi Negara atau disingkat BAKOTAN guna menjawab permintaan masyarakat dalam menyediakan perangkat komputer. Organisasi inilah yang kemudian menyediakan informasi seputar komputer serta konsultan pembelian maupun penyewaan komputer ke lembaga atau perusahaan yang membutuhkan.

Perkembangan di era 1970-an

Memasuki era tahun 1970-an, sejarah komputer di Indonesia mulai menjamah ke sektor pendidikan. Hal ini terjadi pada tahun 1972 di mana jurusan ilmu komputer mulai masuk ke universitas, tepatnya di Universitas Indonesia (UI).

Untuk mendukung jurusan tersebut, dibentuklah Pusilkom (Pusat Ilmu Komputer) UI yang didirikan pada tahun yang sama (1972). Sejak dibentuk, Pusilkom UI sudah berpartisipasi dalam mengembangkan ilmu komputer di berbagai bidang, termasuk akademis, pemerintahan, hingga bisnis dan industri.

Melalui disiplin ilmu ini, UI bermaksud agar mahasiswa dan masyarakat dapat membuat bekal untuk diri sendiri dengan kemampuan komputer teknis secara lebih mendalam. Meski demikian, pada awalnya jurusan ini sepi peminat, namun seiring tumbuhnya kesadaran akan pentingnya teknologi, jurusan Ilmu Komputer bahkan kerap menjadi salah satu jurusan favorit di beberapa kalangan.

Perkembangan di era 1980-an

Bisa dibilang, era 1980-an menjadi salah satu tahun penting dalam sejarah komputer di Indonesia. Salah satunya melalui Konferensi Komputer Regional Asia Tenggara yang dihadiri oleh sejumlah negara ASEAN guna mendiskusikan perihal kerja sama dan pengembangan komputer.

Bahkan dalam konferensi ini, pemerintah Indonesia juga mengadakan pameran teknologi yang memamerkan beragam perangkat komputer di Indonesia.

Pada tahun ini, di Indonesia mulai hadir komputer mini dengan memiliki sistem dan komponen tertentu. Meski demikian, komputer jenis ini dianggap sulit dioperasikan dan tidak terlalu efektif karena sistem operasi tidak sesuai dengan sistem lainnya. Hingga akhirnya, beberapa ahli kemudian menciptakan sistem operasi UNIX untuk mengatasi hal tersebut.

Sistem UNIX inilah yang kemudian dipakai untuk banyak jenis komputer pada waktu itu dan mampu membuat banyak orang berinovasi. Seperti yang dilakukan beberapa mahasiswa dari UI pada tahun 1983 di mana mereka berhasil membuat sistem operasi UNIX dengan memanfaatkan komputer INDOGTW.

Di era 80-an ini, jaringan komputer seperti email, network printer server, hingga alih data sudah mulai berkembang. Sistem operasi pun mulai berkembang dengan adanya XENIX, Mini UNIX, hingga Linux.

Perkembangan di era 1990-an

Pada tahun 1990-an, penggunaan personal computer (PC) mulai banyak meskipun jumlahnya masih terbilang sedikit. Di tahun ini, sudah mulai dikenal beberapa komputer dengan processor mikro x86 yang dirancang oleh Pentium dari Intel Corp.

Di masa ini, Pentium II dianggap paling efektif dan efisien dalam pemakaian sehingga menjadi salah satu processor paling diminati. Internet juga mulai masuk ke Indonesia dan membuat perkembangan sejarah komputer menjadi semakin pesat. Munculnya internet ini juga semakin memudahkan penggunaan dan mobilitas pekerja.

Perkembangan di era 2000-an

Era 2000-an bisa dibilang menjadi tahun perkembangan Pentium di mana komputer pada waktu itu sudah dilengkapi dengan CPU hingga SD RAM yang sudah dianggap mentereng. Pentium III yang hadir di awal 2000-an kemudian digantikan dengan kehadiran Pentium 4 yang sangat diminati karena komputer sudah mulai bisa digunakan untuk bermain games dengan desain grafis yang cukup tinggi.

Kehadiran AMD sebagai salah satu pesaing Intel pun semakin menambah maraknya perkembangan teknologi komputer. Mulai dari AMD Athlon, AMD Sempron, hingga AMD Turion. Kendati demikian, keduanya waktu itu masih mempunyai target pasar yang berbeda.

Perkembangan di era terkini

Berkembangnya sejarah komputer tidak hanya berhenti sampai di situ. Saat ini, perkembangan komputer di Indonesia sudah terbilang sangat cepat. Sudah banyak jenis dan merk komputer yang digunakan dengan bentuk dan spesifikasi yang lebih canggih.

Komputer kini bukan lagi sebuah barang mewah yang hanya dimiliki oleh kalangan tertentu saja. Memang, semakin canggih teknologi yang digunakan akan semakin mahal pula harga komputer tersebut, bahkan ada yang bisa mencapai puluhan juta rupiah.

Akan tetapi, saat ini komputer bisa digunakan di mana saja dan kapan saja dengan adanya perkembangan laptop, netbook, notebook, dan sejenisnya. Anda kini dapat membawa komputer ini ke mana saja karena bentuknya yang muat di tas dan dapat digunakan secara mudah untuk berbagai keperluan.

Demikian beberapa fase sejarah komputer, baik secara umum maupun khususnya di Indonesia. Di masa depan, bisa saja ukuran komputer akan semakin kecil dengan teknologi yang semakin canggih. Saat ini pun sudah mulai dikembangkan berbagai komputer dengan Artificial Intelligence (AI) yang pastinya akan sangat membantu kehidupan manusia.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

free website stats program Sejarah Komputer dan Perkembangannya Hingga Saat Ini flagcounter