Samsung Tawarkan $ 116 Miliar Untuk Supremasi Chip

Samsung Tawarkan $ 116 Miliar Untuk Supremasi Chip

Raksasa teknologi semakin merancang semikonduktor mereka sendiri untuk mengoptimalkan semuanya. Mulai dari tugas kecerdasan buatan hingga kinerja server dan masa pakai baterai ponsel. Google memiliki Tensor Processing Unit, Apple Inc memiliki A13 Bionic dan Amazon.com Inc memiliki Graviton2. Namun kekurangan semua raksasa itu adalah pabrik untuk membuat chip baru yang mereka impikan. Dan Samsung sepertinya akan mengikuti jejak mereka.

Samsung Electronics Co, telah merencanakan dorongan selama satu dekade, $ 116 miliar untuk bisnis mereka. Perusahaan Korea Selatan berinvestasi besar-besaran pada langkah selanjutnya dalam miniaturisasi semikonduktor, sebuah proses yang disebut Extreme Ultraviolet Lithography (EUV). Sejauh ini merupakan upgrade manufaktur paling mahal yang pernah dicoba oleh perusahaan ini.

Ini merupakan sebuah upaya berisiko untuk bergerak melampaui bisnisnya yang sudah mapan. Ini dilakukan untuk mengeluarkan silikon yang di modifikasi dan untuk melompati para pemimpin yang berkuasa dalam industri pengecoran dan logika-chip senilai $ 250 miliar.

Samsung

Samsung Ingin Bersaing Dengan Perusahaan Besar Lainnya

Pasar baru sedang terbuka,” kata Yoon Jong Shik, wakil presiden eksekutif Samsung foundry business, di sebuah forum yang baru-baru ini diadakan di Seoul.

Perusahaan seperti Amazon, Google dan Alibaba, yang kurang berpengalaman dalam desain silikon, berupaya membuat chip dengan ide konsep mereka sendiri untuk meningkatkan layanan mereka. Saya pikir ini akan membawa terobosan signifikan bagi bisnis chip non-memori kami.”

Samsung adalah underdog relatif di bidang yang sedang berkembang ini. Bisnis seperti pembuatan chip untuk perusahaan seperti Google dan Qualcomm Inc didominasi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing Co. Dengan lebih dari setengah pasar, menurut data TrendForce Corp yang menempatkan perusahaan ini dengan pencapaian pada 18 persen.

TSMC juga mengambil alih manufaktur prosesor A-series Apple dari perusahaan ini, yang merupakan mitra produksi asli. Mereka berencana untuk menghabiskan sekitar $ 10 miliar per tahun untuk peralatan, penelitian dan pengembangan selama dekade berikutnya. Tetapi TSMC bahkan lebih ambisius dengan belanja modal sekitar $ 14 miliar untuk tahun ini dan selanjutnya.

Samsung bekerja sama dengan klien besar dalam merancang dan membuat chip khusus. Dan pekerjaan itu sudah mulai menambah pendapatannya. Hal ini diungkapkan oleh seorang eksekutif  yang memiliki pengetahuan langsung mengenai masalah ini.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Samsung Tawarkan $ 116 Miliar Untuk Supremasi Chip