Revolusi Robotika – Zaman Otomatisasi!

Industri Robot dan rekayasa robotika mengoptimalkan proses industri. Berbagai perusahaan otomasi industri utama terus menerus berinovasi dalam penawaran produk mereka untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berkembang. Di bawah ini menggambarkan beberapa tren yang tidak dapat di pungkiri. Beberapa hal ini akan mencapai ruang teknologi global membuat ‘Robotika’ menjadi kenyataan.

Robot Sebagai Pelayan

Dengan meningkatnya inovasi digital dan meningkatnya literasi digital dari konsumen di seluruh dunia, telah muncul secara signifikan model bisnis yang efisien seperti Robots As A Service (RAAS). RAAS memungkinkan pelanggan menghemat investasi di muka dan biaya operasional bahkan sebelum merambah ke bisnis yang sangat operasional. Model bisnis ini dapat digunakan sebagai rental atau sewa, yang selanjutnya menambah pasar penyewaan robotika industri global.

Robotika Di Berbagai Industri

Otomatisasi Robotika

Karena meningkatnya permintaan untuk proses yang dioptimalkan dan melonjaknya kebutuhan untuk mengurangi kesalahan karena tenaga kerja, industri terutama sektor manufaktur telah menekankan pada penggunaan proses otomatis, yang mengakibatkan meningkatnya otomatisasi robot.

Tidak hanya sektor manufaktur, robot otomatis dianggap sebagai pilihan paling layak untuk meningkatkan efisiensi dalam rantai pasokan saat ini, operasi pergudangan, dan proses logistik lainnya. Selain itu, aplikasi rekayasa robot cenderung maju pesat untuk pasar otomasi dan dalam industri otomotif.

Teknologi 3D dan Robot AI

Teknologi 3D dan Kecerdasan Buatan telah menjadi arus utama dalam industri robot dalam beberapa tahun terakhir dan kecenderungannya akan terus berlanjut bahkan selama tahun-tahun mendatang. Visi mesin 3D akan membantu robot untuk memasukkan data ke dalam teknologi AI. Sebagai contoh, AI telah menerjemahkan informasi visual yang diperoleh dari visi 3D, akhirnya meningkatkan pertumbuhan pasar robot 3D.

Selain itu, komunitas DIY dan Pembuat yang baru muncul di negara-negara maju di dunia telah mendorong pertumbuhan robot  yang didukung teknologi 3D, yang semakin memicu sistem rekayasa ini.

Perusahaan baru akan memasuki pasar robotika yang menghasilkan lebih banyak robot, mesin yang lebih murah dan variasi yang lebih besar. Jumlah perusahaan yang mengembangkan dan memasarkan robot akan meningkat secara signifikan pada tahun 2019, terutama di Jerman, Cina, dan AS. Pada tahun 2019 produsen industri akan memiliki berbagai pilihan mesin dengan tugas spesifik dan yang lain akan menjadi robot generalis.

Tagged With :

Tinggalkan sebuah Komentar