Rumahweb adalah sebuah perusahaan penyedia kebutuhan website seperti domain, hosting, vps, dan lain sebagainya. Berdiri pada tahun 2002 Rumahweb memiliki kantor pusat di Yogyakarta. Diantara sekian banyak perusahaan peyedia layanan web hosting seperti Niagahoster, Domainesia, dan IdCloudhost. Rumahweb merupakan salah satu perusahaan terbaik yang masih bisa direkomendasikan.

Berpengalaman selama puluhan tahun menjadikan Rumahweb sebagai penyedia web hosting yang paling lama di Indonesia. Selain itu, perusahaan web hosting yang satu ini juga sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar seperti:

  • SCTV
  • Bank Mayapada
  • Jawa Pos
  • Solo Paragon
  • ZOYA
  • dan masih banyak lagi.

Tak mau ditinggalkan oleh pelanggan setianya Rumahweb Oktober 2020 sangat mengedepankan pelayanan yang bagus. Jika ada kendala kamu bisa dengan mudah menghubungi customer service yang siap setiap saat selama 24 jam. Ada beberapa metode layanan customer service yang bisa kamu hubungi seperti live chat, nomor handphone / whatsapp, email, dan lain sebaginya.

Namun tentu yang diharapakan tidak hanya unggul dari segi pelayanan customer service saja. Sebagai pengguna layanan web hosting tentu kamu juga ingin mendapatkan hosting terbaik dan beberapa produk dari Rumahweb tanpa ada kendala. Untuk mengenal lebih dekat dengan layanan dari Rumahweb, berikut adalah review Rumahweb secara singkat.

Harga dan sepesifikasi produk atau layanan di Rumahweb

Rumahweb memiliki banyak layanan diantaranya adalah hosting (wordpress hosting, VPS/cloud server, dan unlimited hosting). Domain (beli domain baru, transfer domain, dan reseller domain). Email dan kolaborasi (google suite/google apps, flockmail, dan alibaba mail). Layanan website (jasa pembuatan website, website builder, dan rankingcoach/SEO). Internet security (sertifkat SSL dan naga cyber defense). Untuk lebih jelasnya berikut adalah ulasan secara lengkap.

  • Layanan hosting

Layanan paket profesional hosting – pada paket ini Rumahweb menyediakan hosting dengan space mulai dari 250MB, 500MB, 1GB, dan 2GB dengan ketentuan harga per bulan dan minimal order satu tahun mulai dari 20 ribu, 25 ribu, 40 ribu, dan 60 ribu. Paket profesional hosting sangat cocok bagi kamu mengelola website untuk kebutuhan perusahaan kecil, sekolahan, dan blog probadi.

Layanan paket enterprise hosting -dibandrol mulai dari harga 90 ribu, 140 ribu, 500 ribu, hingga 1 juta 300 ribu paket ini dibekali dengan pilihan space mulai dari 3GB, 4GB, 10GB, dan 30GB.

Jenis layanan paket ini lebih cocok untuk website yang memiliki trafik tinggi, atau untuk e-commerce, web pemerintahan, dan bagi kamu yang ingin menggunakan email korporat. Selain itu kamu juga berhak mendapatkan gratis domain jika sekaligus berlangganan selama 1 tahun atau 6 bulan.

Layanan paket hosting wordpress – pada paket ini Rumahweb setidaknya memberikan pilihan hingga 10 paket yang berbeda-beda, tentu dari segi harga dan spesifikasinya pun berbeda. Harga sewa termurahnya adalah 25 ribu per bulan, sedangkan pada peket termahal adalah 250 ribu perbulan.

Jika kamu menyewa paket tersebut kamu juga memperoleh beberapa fitur yang yang sangat menarik seperti wordpress toolkit, plesk control panel, litespeed + brotli, wordpress accelerator, Free SSL, dan masih banyak lagi.

Paket VPS/Cloud Server – paket ini menawarkan beberapa keunggulan atau layanan seperti free managed service, menggunakan virtuozzo platfrom, dan support 24×7. Untuk harga kamu bisa memilih mulai yang paling murah yakni dengan menggunakan paket value dengan harga 199 per bulan.

  • Domain murah

Selain hosting Rumahweb juga menawarkan berbagai macam pilihan domain, mulai dari .com, .id, .net, .org, dan masih banyak lagi. Bahkan tercatan seluruh domain yang ditawarkan oleh Rumahweb berjumlah 394 domain. Adapun untuk domain yang paling populer seperti .com Rumahweb membandrol dengan harga 125 ribu.

Rumahweb memang termasuk penyedia domain yang sangat bisa diandalakan. Sebagai accredited registrar Rumahweb selalu diawasi agar selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelangganya. Bahkan hingga saat ini sudah ada 130 ribu domain yang terdaftar melalui Rumahweb.

  • Layanan website

Website builder – ada dua pilihan yakni weebly dan Rumahweb sitebuilder untuk memudahkan kamu membuat website serta memiliki banyak pilihan template yang sangat menarik.

Jasa pembuatan website – Rumahweb juga menawarkan jasa pembuatan website dengan pilihan paket basic, pro, dan business. Paker pro dibandrol dengan harga 49 ribu perbulan dengan spesifikasi 5 halaman, dan 5 gambar + 1 foto.

Sedangkan paket pro dibandrol dengan harga 99 ribu per bulan dengan spesifikasi 10 halaman, 10 gambar + 1 logo. Dan paket business dibandrol dengan harga 149 ribu dengan spesifikasi 15 halaman, dan 15 gambar + 1 logo.

Rankingcoach Seo – adalah sebuah layanan yang berusaha untuk meningkatkan ranking website kamu di Google dan search engine yang lain. Khsusus paket ini Rumahweb menawarkan dua pilihan paket, yakni paket rankingcoach plus dengan harga 299 ribu perbulan dan rankingcoach dengan harga 175 ribu perbulan.

  • Email dan kolaborasi

Di kategori email dan kolaborasi, Rumahweb menawarkan tiga pilihan yakni google suite, flockmail, dan alibaba mail.

Google Suite – Tersedia dua paket di Google Suite yang bisa kamu pilih, yakni peket basic dengan harga sewa 80 ribu per bulan atau 960 ribu per tahun, dan paket business dengan harga sewa 170 ribu per bulan.

Flockmail – Untuk flockmail juga terdapat dua paket yakni, paket profesional dengan harga Rp. 14.900 per bulan, dan paket premium dengan harga Rp. 29.900 per bulan. Dengan membeli paket tersebut kamu bisa mendapatkan email dengan kapasitas 10GB hingga 30GB.

Alibaba Mail – Sedangkan pada alibaba mail kamu juga bisa memilih diantara dua paket yakni paket standard dan paket advanced. Dengan kapasitas 100GB per mailbox paket standard dibandrol dengan harga Rp. 29.900 per bulan, sedangkan untuk paket advanced dibandrol dengan harga Rp. 39.900 per bulan dengan kapasitas email 1TB.

  • Internet security

Sertifikat SSL – Secure Socket Layer atau yang biasa disingkat dengan SSL adalah sebuah langkah untuk mengamankan segala bentuk aktivitas di website. Secara fisik website yang sudah terpasang SSL biasanya memiliki tanda gembok berwarna hijau disisi kiri pada alamat situs.

Di Rumahweb sertifikat SSL dibagi menjadi tiga paket yakni:

  1. positive SSL dengan harga Rp. 89.000 per tahun
  2. instantSSL dengan harga Rp. 444. 500 per tahun
  3. positiveSSL EV dengan harga Rp. 1.495.000 per tahun.

Naga cyber defense – internet security yang satu ini mengklaim bahwa lebih cepat dalam mendeteksi virus, malware, dan ransomware jika dibandingkan dengan sofware anti virus. Untuk haga yang paling murah pada paket ini dibandrol dengan harga 50 ribu per bulan yakni pada paket personal, 75 ribu per bulan yaitu paket UKM, dan 100 ribu per bulan pada paket corporate.

Beberapa kelebihan dari Rumahweb

Rumahweb adalah merupakan salah satu perusahaan web hosting terbaik di Indonesia yang sudah dipercaya oleh perusahaan-perusahaan besar. Untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan Rumahweb selalu berinovasi agar tatap memiliki kelebihan di badingkan dengan kompettitornya, dan berikut ialah beberapa kelebihan menggunakan Rumahweb.

1. Banyak pilihan metode pembayaran

Untuk memudahkan pelanggan Rumahweb menyediakan banyak metode pembayaran. Diantaranya adalah online payment dengan menggunakan kartu kridit, ATM, Paypal, OVO, Gopay, Indomaret, dan Alfamart. Atau kamu juga bisa menggunakan metode transfer langsung melalu bank BCA, Mandiri, BNI, CIMB Niaga, Maybank, dan BRI.

2. Komunikasi yang mudah

Selain memiliki banyak kemudahan di metode pembayaran, Rumahweb juga sangat mudah untuk dihubungi secara langsung melalui livechat. Berdasarkan beberapa pendapat dan testimoni para pengguna Rumahweb, mereka juga sepakat bahwa layanan pengaduan atau konsultasi apapun melalui livechat akan ditanggapi dengan baik dan respon yang cepat.

3. Layanan gratis migrasi hosting

Seperti perusahaan web hosting yang lain, Rumahweb juga tidak membebani biaya sepeserpun bagi kamu yang berencana untuk melakukan migrasi hosting. Bahkan yang lebih menarik kamu cukup membayar 50% saja di bulan pertama.

4. Domain Gratis 2020

Kelebihan ini masih sama dengan kebanyakan perusahaan web hosting yang lain, yaitu menyediakan gratis domain. Di Rumahweb juga seperti itu, bagi kamu yang berlangganan minimal paket hosting profesional maka berhak mendapatkan domain gratis.

5. Registrasi mudah

Bagi kamu yang belum memiliki akun Rumahweb cara pembuatanya pun sangat mudah, selain menggunakan Google kamu juga bisa memilih membuat akun menggunakan akun sosial media seperti facebook maupun twitter.

Yang perlu di evaluasi

Kita sudah berbicara tentang layanan dan berbagai macam produk dari Rumahweb, juga beberapa kelebihan Rumahweb. Rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas dari sisi kekurangannya, sebab sebagus apapun perusahaan tentu memiliki beberapa kekurangan untuk dijadikan bahan evaluasi. Dan berikut adalah beberapa kekurangan dari layanan Rumahweb.

1. Domain gratis bersyarat

Bagi kamu yang menggunakan paket profesional hosting memang berhak mendapatkan gratis domain, namun sayangnya domain gratis tersebut hanya bisa digunakan oleh pendaftar baru dan hanya berlaku di tahun pertama saja. Selain itu domain gratis juga tidak berlaku untuk transfer domain dan perpanjang di tahun berikutnya.

2. Tidak tersedia program affilasi atau reseller

Beberapa perusahaan web hosting yang lain seperti niagahoster, idcloudhost, domainesia, dan masih banyak lagi rata-rata menyediakan program affiliate maupun reseller. Jadi selain berlangganan beberapa layanan yang mereka tawarkan kamu juga bisa mempromosikan layanan tersebut kepada orang lain, dan memperoleh penghasilan tambahan dari program affiliasi rumahweb maupun reseller tersebut.

3. Rata-rata uptime kurang bagus

Memilih perusahaan web hosting dengan yang memiliki uptime stabil adalah faktor utama yang harus kamu pertimbangkan. Sayangnya Rumahweb pada Oktober 2020 hanya berhasil uptime diangaka 99,44% saja, sedangkan untuk perusahaan web hosting terbaik yang lain sudah ada yang berani memberikan jaminan uptime hingga 99,99% bahkan hingga 100%. Mungkin inilah sebab beberapa orang tidak merekomendasikan untuk menggunakan jasa dari Rumahweb.

Kesimpulan review rumahweb

Diantara banyaknya jumlah perusahaan penyedia web hosting seperti Domainesia, Niagahoster, dan lain sebagainya, Rumahweb adalah merupakan salah satu yang berpengalaman, apa lagi dibidang layanan livechat yang salalu siap 24 jam. Dengan mengusung istilah rumah sendiri membuat kamu semakin nyaman menjalin komunikasi dengan customer service.

Beberapa produk yang ditawarkan di Rumahweb pun sangat beragam, kamu bisa bebas memilih sesuai dengan kebutuhan website dan keuangan yang kamu miliki.

Sayangnya beberapa kelebihan yang dimiliki Rumahweb tidak diimbangi dengan kebutuhan pokok pengolah website, yakni uptime yang maksimal. Skor uptime dibawah 99,44% tentu masih dibawah rata-rata.

Itulah ulasan review Rumahweb Oktober 2020. Jika ada perubahan pada Rumahweb dan tidak sesuai dengan data yang kami sajikan di artikel ini silahkan bisa kamu sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.