review ajaib

Review Ajaib

Tempat terbaik untuk memulai bisnis investasi secara online, selain kualitas cukup OK perusahaan ini juga sudah mengantongi izin secara resmi. Info IHSG hari ini
Buat Akun Disini

Halaman Registrasi

Review Ajaib

Tempat terbaik untuk memulai bisnis investasi secara online, selain kualitas cukup OK perusahaan ini juga sudah mengantongi izin secara resmi. Info IHSG hari ini

Perusahaan sekuritas merupakan elemen penting terkait investasi, karena perusahaan inilah yang menjadi perantara jual beli saham di pasar modal. Anda perlu mendaftar dahulu di perusahaan sekuritas terbaik 2022 yang tersedia kalau ingin berinvestasi melalui saham atau reksa dana, terlebih data ihsg hari ini.

Saat ini ada banyak perusahaan sekuritas yang terdaftar di OJK, salah satunya Ajaib Sekuritas. Kalau Anda tertarik bergabung dengan Ajaib Sekuritas, yuk baca review Ajaib di sini.

Mengenal Perusahaan Sekuritas

Sebelum membahas lebih jauh tentang review Ajaib, mari kenali dulu lebih dekat apa itu perusahaan sekuritas. Perusahaan sekuritas merupakan perusahaan yang diizinkan oleh OJK untuk menjadi Perantara Pedagang Efek. Perusahaan ini juga menjadi Penjamin Emisi Efek dan melakukan kegiatan lain yang disesuaikan dengan ketentuan Pengawas Pasar Modal.

Di Indonesia sendiri ada dua jenis perusahaan sekuritas yang beroperasi, yakni perusahaan sekuritas lokal dan asing. Pelaku saham banyak yang mengikuti perusahaan sekuritas asing karena transaksinya cukup besar, risetnya mendalam, bahkan bisa menggerakkan harga saham tertentu. Biaya transaksinya sekitar 0,25% untuk beli dan 0,35% untuk jual. Sedangkan di perusahaan sekuritas lokal, transaksinya sekitar 0,15%-0,25% saja.

Ada dua kegiatan usaha utama yang dijalankan oleh perusahaan sekuritas, yaitu:

✔️ Broker-dealer / Perantara perdagangan efek

Kegiatan yang dilakukan broker dealer adalah jual beli efek, baik itu untuk kepentingan perusahaan sendiri maupun kepentingan pihak di luar perusahaan. Anda bisa melakukan transaksi jual beli saham dan obligasi melalui bursa efek maupun di luar bursa efek.

✔️ Underwriter / Penjamin emisi efek

Tanggung jawab lain dari perusahaan sekuritas underwriter adalah membantu calon emiten melaksanakan Penawaran Umum Saham, atau yang dikenal initial public offering/IPO. IPO dilakukan tanpa ada kewajiban untuk membeli sisa efek yang tidak terjual.

Pada situs resmi KSEI, tercatat ada 108 perusahaan efek sudah memperoleh izin dari OJK. Beberapa di antaranya BNI Sekuritas, BCA Sekuritas, Indo Premiere Sekuritas, Mandiri Sekuritas, Ajaib Sekuritas, Danareksa Sekuritas, dan Equity Sekuritas Indonesia.

Tips Memilih Perusahaan Sekuritas

Pemilihan perusahaan sekuritas tentu tidak bisa asal, karena transaksi yang dilakukan seringkali memerlukan jumlah uang yang tidak sedikit. Perhatikan hal-hal berikut untuk memilih perusahaan sekuritas terbaik 2022.

1. Legalitas Sekuritas

Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah legalitas perusahaan tersebut, sudahkah perusahaan itu terdaftar di OJK dan BEI atau belum. Legalitas ini akan menjamin keamanan semua transaksi yang Anda lakukan, karena di bawah pengawasan lembaga yang berwenang.

2. Kemudahan transaksi

Saat ini transaksi saham bukanlah hal yang sulit dilakukan, karena semuanya bisa dilakukan secara online. Semua perusahaan sekuritas juga sudah menerapkan sistem pendaftaran hingga jual beli secara online. Anda bisa melakukan riset pada calon perusahaan sekuritas tempat Anda bertransaksi saham melalui situs resminya.

3. Riset yang disediakan

Perusahaan sekuritas biasanya rutin menyediakan berbagai analisis terkait kondisi pasar yang bisa dijadikan bahan pertimbangan oleh pengguna, terlebih lagi informasi ihsg hari ini. Kalau Anda menemukan perusahaan yang menyediakan analisis mendalam sesuai kebutuhan Anda, perusahaan itu bisa dipertimbangkan.

4. Biaya transaksi

Perusahaan sekuritas memperoleh pendapatan melalui biaya atau fee dari setiap transaksi. Ketentuan fee transaksi setiap perusahaan sekuritas tentu berbeda-beda. Pertimbangkan ini juga sebelum memilih perusahaan sekuritas.

5. Customer service

Faktor lain yang harus diperhatikan adalah cepat atau tidaknya customer service perusahaan sekuritas menangani keluhan nasabahnya. Hal ini akan sangat berguna ketika Anda memperoleh kendala ketika jual beli saham.

Review Ajaib Group

Dari sekian perusahaan sekuritas yang ada di Indonesia, salah satu yang bisa Anda pilih yakni Ajaib Sekuritas. Review Ajaib akan dibahas selengkapnya di sini.

Ajaib Group didirikan sejak tahun 2018. Ada dua perusahaan lain yang berada di bawah Ajaib Group, yakni PT Ajaib Sekuritas Asia dan PT Takjub Teknologi Indonesia. PT Takjub Teknologi Indonesia sendiri lebih dikenal sebagai Ajaib Reksa Dana.

Ajaib Group memiliki visi utama untuk meningkatkan angka inklusi keuangan masyarakat Indonesia melalui investasi. Untuk mewujudkan itu, Ajaib Group berkomitmen memberikan masyarakat akses seluas mungkin terhadap instrumen investasi yang aman dan terjangkau. Baik layanan saham maupun reksadana yang disediakan Ajaib Group bisa diakses secara online oleh nasabahnya, kapanpun dan di manapun.

Misi penting yang diusung oleh Ajaib Group adalah menyampaikan kepada masyarakat mengenai pentingnya investasi untuk masa depan. Selain membuka layanan untuk investasi, Ajaib Group juga aktif mengadakan seminar, pendekatan ke universitas, hingga pendidikan online ihsg hari ini.

Dalam review Ajaib tentu harus menyertakan juga izin yang diperoleh oleh Ajaib Group. Ajaib Group sudah memperoleh izin dari OJK sebagai Izin Perantara Pedagang Efek dan Agen Penjual Reksa Dana, serta IDX sebagai Anggota Bursa Efek Indonesia. Selain itu, di SIPF Indonesia sebagai Anggota Dana Perlindungan Pemodal dan Kominfo terkait Izin Transaksi Online.

Sedangkan untuk Ajaib Sekuritas atau PT Ajaib Sekuritas Asia, didirikan pada 1989 dan bernomor izin KEP-171/PM/1992. Perusahaan ini mempunyai visi menjadi perusahaan efek nasional dan berpartisipasi mengembangkan Pasar Modal Indonesia ke level internasional.

✔️ Legalitas Ajaib

Dibandingkan dengan Ajaib Sekuritas, Ajaib Reksa Dana berusia jauh lebih muda. PT Takjub Teknologi Indonesia baru didirikan pada 2019 dan bernomor izin KEP-17/PM.21/2018. Visinya yakni membuka pintu akses terhadap investasi yang aman dan terpercaya. Jadi investor bisa memilih investasi yang sesuai dengan profil risiko, bisa saham, obligasi, dan pasar uang melalui reksa dana.

Anda juga perlu mengetahui perkembangan Ajaib Group dalam review Ajaib ini. Ajaib Group mengalami perkembangan signifikan dengan memiliki 1.032.822 investor saham dalam waktu relatif singkat. Dalam kurun waktu dua tahun, Ajaib Group melakukan berbagai inisiasi, salah satunya Program Generasi Saham melalui Sekolah Pasar Modal (SPM). Selain itu, Ajaib Group juga mendirikan Galeri Investasi BEI pada daerah dengan yang literasi keuangannya rendah. Semua ini dilakukan untuk mendorong masyarakat supaya berani berinvestasi.

Selain itu, Ajaib Group juga mempunyai komitmen untuk mendukung pemerintah dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan. Jadi Ajaib Group mengupayakan program edukasi dan akses investasi online melalui aplikasi Ajaib. Aplikasi Ajaib dibuat dengan tujuan untuk mewujudkan pengalaman investasi terbaik dan memberikan akses ke layanan investasi secara merata.

Biaya trading saham yang ditetapkan juga terbilang rendah. Untuk nilai transaksi harian dengan total biaya kurang dari Rp 150 juta, biaya beli 0,15% dan jual 0,25%. Untuk total biaya Rp 150 juta – Rp 1.5 miliar, biaya beli 0,14% dan jual 0,24%. Sedangkan untuk total biaya lebih dari Rp 1.5 miliar, biaya beli 0,13% dan jual 0,23%. Biaya tersebut sudah termasuk biaya broker dan PPN-nya, biaya levy (BEI, KPEI, KSEI), serta biaya PPh final untuk transaksi.

Kalau Anda tertarik berinvestasi reksa dana, Ajaib Group tidak memungut biaya untuk itu. Pendaftaran di Ajaib Group bisa dilakukan secara online dan tanpa minimal investasi. Sampai sini dulu review Ajaib Group 2022.

free website stats program Review Ajaib flagcounter