Review Jenius Card, Kelebihan dan Kekurangannya

Review Jenius Card, Kelebihan dan Kekurangannya

Dunia sudah dihadapkan dengan sesuatu yang serba praktis dan mudah, termasuk dalam layanan keuangan atau perbankan. Di era yang serba teknologi seperti saat ini apa saja sangat mudah diakses melalui internet, untuk jenis layanan perbankan kamu bisa memanfaatkan tabungan digital seperti jenius BTPN. Secara singkat Jenius adalah sebuah aplikasi perbankan yang diluncurkan pada tanggal 11 Agustus 2016.

Selain itu semua orang tentu sudah tau bahwa jenius adalah sebuah terobosan baru dibidang perusahaan finansial teknologi, dimana sangat memungkinkan bagi kamu untuk bisa menabung, memiliki rekening, kartu kredit, dan kegiatan finansial lainnya dengan cara melalui smartphone.

Jenius adalah satu-satunya aplikasi perbankan yang bisa memberikan 5 kartu sekaligus untuk kamu dengan nama yang berbeda-beda. Inilah kelebihan janius BTPN sehingga banyak orang yang tertarik menggunakannya, terutama bagi mereka yang memiliki kegiatan jual beli secara online.

Janius Card

Kartu Jenius yang ditawarkan oleh perbankan digital janius memiliki tiga pilihan atau kategori dengan kelebihan yang berbeda-beda, kamu bisa menggunakan m-Card (kartu utama), e-Card (kartu debit virtual), dan x-Card (kartu debit tambahan). Secara terperinci berikut adalah beberapa kelebihan dari masing-masing kartu tersebut.

1. m-Card

m-Card bisa kamu dapatkan setelah mengaktifkan terlebih dahulu akun jenius, jika sudah maka kamu tinggal menunggu dan m-Card akan dikirim ke alamat rumahmu. Janius card jenis ini bisa kamu manfaatkan untuk tarik tunai di beberapa mesin ATM Bersama/PRIMA. Kartu ini juga bisa kamu gunakan untuk transaksi di merchant online maupun offline.

2. e-Card

e-Card adalah salah satu Jenius Card yang bisa kamu gunakan untuk transaksi online tanpa menggunakan kartu kredit di seluruh merchant visa. Sangat memudahkan bagi kamu yang terbiasa belanja online di beberapa marketplace, kartu ini juga bisa kamu manfaatkan untuk membayar beberapa tagihan secara online.

Jenius Card yang satu ini ialah  jenis kartu debit non fisik yang bisa kamu dapatkan secara otomatis ketika kamu mendaftar dan sudah mengaktifkan akun.

Ada yang menyebut ecard ini sebagai VCN atau VCC alias virtual credit card.

3. x-Card

seperti m-Card, Jenius Card yang satu ini merupakan kartu debit fisik yang bisa kamu gunakan untuk tarik tunai, selain itu juga bisa kamu manfaatkan untuk transaksi online. Keunikan dari x-Card adalah kamu bisa membuat kartu tersebut maksimal tiga, pembuatannya pun sangat mudah yakni hanya melalui aplikasi.

Itulah beberapa jenis Jenius Card yang bisa kamu miliki secara gratis. Selain untuk melakukan transaksi secara online maupun offline layanan lainnya adalah kamu juga bisa memanfaatkan fitur deposit dan e-Statement, dengan fitur e-Statement kamu bisa mendownload catatan transaksi keuangan yang kamu lakukan.

Kelebihan dan Kekurangan Jenius

Jenius memang memiliki banyak kelebihan, namun tentunya masih ada beberapa fitur yang kurang lengkap dari perbankan digital yang satu ini. Penasaran dengan kelebihan dan kekurangannya? Silahkan simak tulisan dibawah ini.

Kelebihan Tabungan Jenius

Layanan dari perbankan Jenius memang memiliki beberapa keunggulan atau kelebihan, hal ini juga terbukti dari peraihan bintang dan testimoni positif di aplikasi yang tersedia di Google Plya Store. Ingin tau lebih banyak tentang kelebihan tabungan Jenius? Berikut adalah ulasannya.

1. Memiliki tiga layanan keuangan yang berbeda

Ketika menggunakan tabungan ini kamu akan merasa lebih dipermudah untuk mengatur keuangan, sebab di tabungan Jenius terdapat tiga layanan yang berbeda-beda.

Pertama adalah Flexi Saver, memungkinkan bagi kamu untuk melakukan transaksi pembayaran pulsa listrik, maupun belanja online di marketplace.

Kedua, jenis tabungan selanjutnya adalah Dream Saver. Membantu bagi kamu untuk mewujudkan atau membeli sesuatu barang seperti smartphone atau digunakan untuk biaya pendidikan maupun keperluan berwisata. Dengan membuka tabungan ini maka kamu akan secara otomatis melakukan debit dengan ketentuan yang sudah disepakati sebelumnya. Akan tetapi jika memang ada keperluan yang sangat mendesak tabungan tersebut juga bisa kamu tarik meskipun belum jatuh tanggal.

Ketiga, Maxi Saver. Ini adalah layanan doposito berjangka yang ditawarkan oleh Jenius dengan nilai bunga 6.25% per tahun. Untuk memiliki tabungan deposito ini kamu harus melakukan setoran awal minimal 10 juta rupiah.

2. Sebagai alat pembayaran online shop

Bagi kamu yang biasa membeli produk-produk di marketplace Jenius Card bisa dijadikan pilihan untuk metode pembayaran menggunakan kartu kredit yang berlogo visa. Apa lagi jika kamu membeli produk dari luar negeri seperti di Amazon maupun Aliexpress, Jenius Card adalah metode pembayaran yang paling tepat untuk digunakan.

Anda juga bisa gunakan media pembayaran (topup saldo) melalui payment gateway besar seperti Paypal.

3. Tidak ada minimal setoran awal

Tidak seperti bank pada umumnya, ketika membuka rekening tabungan baru kamu tidak dikenakan biaya sepeserpun termasuk jumlah minimal setoran awal. Justru kamu bisa mendapatkan bonus atau reward, apalagi jika kamu berhasil mengajak orang lain untuk menabung dengan menggunakan kode referal yang kamu miliki.

4. Tarif yang murah

Pertimbangan seseorang untuk membuka rekening tabungan biasanya adalah dari segi biaya administrasi bulanan atau per transaksi, misalnya adalah biaya transfer ke rekening bank lain maupun transfer online. Dibandingkan dengan bank lain Jenius sendiri termasuk mampu dan bisa bersaing dalam hal tersebut.

Kekurangan Layanan Jenius

Rasanya kurang menarik jika kita hanya membahas dari sisi kelebihannya saja. Sebab ada beberapa layanan dari Jenius yang masih kurang memuaskan, namun tentunya ini sudah menjadi bahan pertimbangan. Dan berikut adalah kekurangan dari layanan Jenius.

1. Jangkauan yang terbatas

Masih ada beberapa daerah di Indonesia yang belum terjangkau oleh tabungan digital Jenius, meskipun kamu bisa registrasi secara online di aplikasi namun untuk aktifasi tetap harus mendatangi kantor cabang BTPN.

2. Jenius card kurang fleksibel

Untuk mendapatkan kartu fisik Jenius memang sedikit rumit dan memakan waktu yang cukup lama, kamu harus melakukan aktifasi di kantor cabang. Selain itu nomor kartu yang tertulis di kartu fisik juga nantinya tidak bisa dirubah lagi.

Kekurangan diatas mungkin sedikit mengecewakan bagi pelanggan atau calon nasabah baru jenius. Namun perlu kamu ketahui, peraturan tersebut tentu untuk kebaikan nasabah juga agar terhindar dari tindakan penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Sebab segala aktifitas apapun yang dilakukan secara online sangat rawan dari tindakan tersebut.

Cara Membuka Tabungan Jenius

Kini kamu mungkin sudah tidak penasaran lagi tentang apa yang terkait dengan tabungan Jenius. Bahkan barangkali kamu justru sudah memiliki keinginan untuk membuka tabungan Jenius. Adapun untuk proses registrasi di aplikasi Jenius adalah sebagai berikut.

  • Download terlebih dahulu aplikasi Jenius melalui Play Store maupun App Store.
  • Jika sudah terinstal silahkan buka aplikasi tersebut dan klik tombol “registrasi”. Pilih bahasa yang kamu kehendaki, bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, jika sudah silahkan klik tombol “lanjut” kemudian “mulai”.
  • Pada tahap selanjutnya kamu diminta untuk memasukkan alamat email dan nomor handphone yang masih aktiv guna mengirimkan kode verifikasi.
  • Jika kamu sudah memasukkan nomor verifikasi maka selanjutnya adalah dengan mengupload foto KTP dan mengklik tombol konfirmasi.
  • Berikutnya adalah proses pengisian identitas kamu sesuai dengan KTP, mulai dari nama lengkap, tempat tanggal lahir, jenis kelamin, dan nomor KTP. Kemudian klik “lanjutkan”.
  • Masih seputar tentang identitas, tapi pada laman kamu akan diminta untuk mengisi terkait dengan jenis usaha atau profesi yang kamu jalani. Selain itu kamu juga disarankan untuk mengupload foto NPWP, jika belum memiliki maka bisa kamu urusan di kemudian hari.
  • Pada halaman selanjutnya adalah terkait dengan syarat dan ketentuan, jika kamu sudah membacanya silahkan klik tombol “lanjut”.
  • Selanjutnya kamu akan diminta untuk membuat nama unik $Cashtag yang nantinya akan di cetak di kartu debit Jenius.
  • Proses selanjutnya adalah mengetik memasukkan nama yang nantinya akan dicetak di kartu debit Jenius.
  • Kemudian adalah proses pengisian alamat korespondensi, atau alamat untuk pengiriman e-Card (kartu debit utama).
  • Jika sudah pada halaman selanjutnya kamu diminta untuk membuat kata sandi atau pasword dan nomor pin untuk perangkat tersebut.
  • Selamat kini akun jenius kamu sudah selesai, langkah berikutnya adalah dengan melakukan aktivasi. Adapun untuk proses aktivasi memiliki dua metode, kamu bisa datang langsung ke kantor cabang atau melakukan aktivasi dengan cara video call.

Itulah pembahasan terkait dengan layanan dari perbankan digital, termasuk kelebihan dan kekurangannya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kamu.

Baca Juga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

free website stats program Review Jenius Card, Kelebihan dan Kekurangannya